RENUNGAN #PUTRA KEEMPATKU BISU DAN BUTA

in #indonesia6 years ago

20181025_050306.jpg

Sumber : (https://pixabay.com/en/kerosene-lamp-old-replacement-lamsp-1202277/)

Hallo sahabat steeminians, salam sehat dan bahagia selalu.

Adalah seorang bunda yang akan senantiasa mencintai anak-anaknya. Tidak peduli dalam kondisi apapun sang buah hati. Sebuah penghargaan yang tidak ternilai untuk perempuan bernama bunda.

Kunjungan tamu yang sudah agak lama ini, masih menyimpan pelajaran berharga bagi saya, yang note bene seorang ibu. Tamu sekeluarga, yang sudah enam tahunan tidak berjumpa membuat kami merasa bahagia. Teman sesama perantauan sewaktu masih sekolah.

Perbincangan semakin seru, si kembar ikut nimbrung dengan anak-anak sahabat saya ini. Ada seorang putranya yang hanya bermain memukuli meja dan tertawa sendiri. Dia berdiri di kursi pojok, ditemani ayahnya. Sang bunda melihat perhatian saya ke putranya. Dia berkata.

“Mbak, itu anakku yang ke empat buta dan bisu.”

“Benar, kah Dik?” saya tidak percaya.

“Iya, sejak lahir Mbak, sekarang sudah empat tahun umurnya.”

“Kok bisa gitu, apa selama hamilnya rewel?” saya semakin penasaran.

“Saya pendarahan dari awal hamil Mbak.”

“Kena virus atau kenapa?”

“Nggak, tidak terdeteksi karena apa. Cuma dokternya sudah memvonis kalau janinnya akan cacat. Jantung janin bagus saat divonis itu, kan ya nggak mungkin saya gugurkan. Bagaimanapun dia amanah Allah. Saya sudah pasrah. “ wajahnya mulai terlihat sedih ada gumpalan mendung di matanya.

“Tapi secara fisik normal lho anakmu.”

“Benar Mbak, ibarat sebuah TV secara fisik bagus, tetapi tidak ada kabel yang menghubungkan ke daya listrik, begitu keterangan dokter.”

Saya memperhatikan gerakan tangannya yang memukul kursi dengan berirama, kemudian dia tertawa sendiri. Rupanya dia suka lagu anak -anak kata bundanya. Tak terasa air mata saya justru sudah mengalir. Tenggorokan menjadi serak. Saya bisa bayangkan bagaimana hati sang bunda ini.

Cerita yang membuat saya semakin trenyuh adalah indra penciuman sang bocah yang luar biasa. Dia bisa merasakan kehadiran bundanya. Meski bundanya tidak bersuara dia tahu bahwa itu bunda. Semua aktifitas bocah malang ini hanya mau dengan bundanya, mulai mandi, makan, atau pup. Apa saja, kalau gendong masih mau dengan sang ayah.

Subhanallah, sungguh digelap hidupnya masih bisa merasakan kehadiran orang yang sangat mengasihinya. Bunda yang dengan sabar merawatnya.

Lagi-lagi saya tidak bisa menahan air mata. Rasa malu menyelimuti hati saya. Teringat bagimana ketika kembar sakit. Saya begitu heboh meski akhirnya perlahan tenang.

Ternyata masih ada seorang ibu yang kondisi putranya membutuhkan perhatian yang lebih.
Cek di rumah sakit mata membuat bunda ini semakin pasrah. Bahwa syaraf mata tidak bisa difungsikan.

Upaya terapi terus dilakukan, untuk merangsang syaraf matanya. Ternyata belum juga menunjukkan hasil yang signifikan. Sang bunda terlihat tegar dan tabah, meski saya bisa melihat ada yang berat di matanya. Hebatnya lagi, bunda ini masih biasa kerja di luar rumah sebagai guru TK.

“Hebat kamu Dik, masih bisa nyambi kerja. Mungkin kalau mbak sudah keluar kerja.”

“Ya gimana Mbak, semua harus berjalan. Meski kita belum tahu gimana kelak nasib anakku ini."
Kali ini titik bening jatuh ke pipinya.

Saya hanya bisa berdoa dan memberi dukungan moril.

"Kamu ibu yang sabar, Dik. Kita nggak tahu rahasia Allah. Anak adalah rezeki yang jarus kita rawat dan jaga."

"Benar Mbak, doanya ya Mbak, supaya aku diberi kekuatan dengan amanah ini."

Saya mengamini dan kami berpelukan. Sejenak saling menguatkan. Meski terasa berat semua harus berjalan.

Itulah nilai syukur, semua harus disyukuri. Suka dan tidak suka sudah menjadi ketetapan-Nya.
Allahu Akbar, maha benar Allah dengan segala firman-Nya.

Bahwa setiap orang akan diberi ujian, cobaan sesuai dengan batas kemampuannya. Apa yang terjadi adalah kehendak Allah, maka semua harus dikembalikan pada sang pemilik kehendak itu.

Kalasan, 25 Oktober 2018.

Sort:  

Mengharukan sekali kisahnya mba..

Begitulah mbak ... terima kasih sudah mampir

Posted using Partiko Android

Seorang ibu memang tak kan peduli bagaimanapun penampilan buah hatinya tetap ia akan menyayangi sang permata hatinya itu. Mengharukan alur ceritanya.

Terima kasih setia menemani cerita saya bunda.😍

Posted using Partiko Android


Postingan ini telah dibagikan pada kanal #Bahasa-Indonesia di Curation Collective Discord community, sebuah komunitas untuk kurator, dan akan di-upvote dan di-resteem oleh akun komunitas @C-Squared setelah direview secara manual.
This post was shared in the #Bahasa-Indonesia channel in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.

Terima kasih apresiasinya. Sukses c-squared

Posted using Partiko Android

Selamat, artikel ini terpilih dalam Artikel Pilihan Inisiatif arTeem Minggu Ini, berhak mendapatkan 0,25 Steem dan 100% vote dari @arteem. Mari bergabung dalam Inisiatif arTeem di sini, terima kasih.

Terima kasih atas apresiasinya. Dukses @arteem

Posted using Partiko Android

Setiap anak dilahirkan sempurna sesuai dengan kecukupan yg dijamin oleh Allah SWT, terima kasih Mbak @wahyulestari08 atas sharing cerita yang sangat inspiratif ini. Hanya orang2 hebat yang diberikan amanah sedemikian istimewanya. Saya punya kerabat yang punya anak cantik dengan kondisi mata buta dan tulang kaki kurang normal namun suaranya merdu dan mau berlatih menghapal alqur'an juga sekarang, dulu lahirnya prematur jadi saat dalam inkubator dan mendapat penyinaran, lalai tidak ditutup matanya. Alhamdulillah, tetap memberi kebahagiaan bagi keluarga.

Semuanya ada pada cara kita bersyukur ya mbak☺ semoga kelak anak2 kita menjadi anak yang bahagia dunia dan akhirat serta memuliakan kedua orangtuanya, aamiin.

Subhanallah ...terima kasih ceritanya mbak. Saya bilang juga ke bundanya coba didengarkan murotal sesering mungkin...bundanya setuju.

Sama2 mbak 😊 sepertinya anak2 berkebutuhan khusus itu memang punya sesuatu yang sangat istimewa dibandingkan kita yang dianggap normal ini dan dari mereka juga kita bisa belajar banyak tentang kekuasaan Allah SWT yaa.. Masya Allah

Masya Alloh,, semoga temen Ibu di karuniai kesabaran maksimal, dan semoga menjadi anak yang membanggakan walau di beri kekurangan ...., Amin.

Aamiin...terima kasih doanya.

Posted using Partiko Android

Masya Alloh,, semoga temen Ibu di karuniai kesabaran maksimal, dan semoga menjadi anak yang membanggakan walau di beri kekurangan ...., Amin.

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.025
BTC 56098.81
ETH 2411.66
USDT 1.00
SBD 2.36