TETORIAL CARA KONVERSI STEEM DOLAR KE RUPIAH

in #indonesia7 years ago (edited)

image

Selamat siang sobat steemit semua

Hari ini saya akan berbagi dengan sobat semua cara melakukan withdraw (penarikan) Steem Dolar ke Rupiah, mungkin ada di antara sobat yang belum tahu dan ingin tahu cara mengambil pembayarannya di steemit. Ide ini keluar ketika seorang teman menghubungi saya via SMS (Short Message Service) dan bertanya " Bang,, bagaimana cara nya kita mengambil pembayaran kita di steemit?".

Tentu saja saya tidak bisa menjelaskannya secara detail dengan pesan singkat, karena penjelasannya panjang dan butuh waktu yang lama. Namun saya mencoba membantu dan menjawab "kamu bisa cek blog @toniesteem besok, dan hari ini saya ingin memenuhi janji saya.

Pendahuluan

Steemit adalah platform media sosial yang membayar penggunanya dengan Steem dan Steem Dolar. Steem dan Steem Dolar di perdagangkan dengan Dolar dan Bitcoin. Kita tidak akan membahas penarikan Steem ke dalam Dolar. Tapi kita akan membahas cara menukar Steem/ Steem Dolar ke Bitcoin, dan selanjutnya kita akan menjual Bitcoin dengan Rupiah, dan setelah Rupiah sampai di tangan sobat, jangan lupa "INFAQ"

Ada banyak cara yang bisa dilalui untuk mengubah SBD menjadi Rupiah. Sobat bisa proses penarikan melalui jalur trasfer ke Poloniex, Bittrex, Blocktrades dan lain-lain atau bahkan sobat bisa trasfer ke wallet Blockchain pribadi sobat sendiri

Tapi di sini saya akan mencoba menempuh jalur trasfer melalui bittrex dan di teruskan ke Bitcoin Indonesia hingga ke Bank di Indonesia.

Tidak banyak komat-kamit lagi, kita langsung saja ke inti masalah

Persiapan

1. Sobat harus memiliki rekening Bank Nasional Indonesia Ya,, Bank yang cakupannya nasional, seperti BRI, BNI, BCA, MANDIRI atau lainnya. Bukan Bank Daerah. Jika sobat ingin proses penarikannya instan (cepat), maka saran saya gunakan rekening Bank BRI, kerana perusahaan yang akan kita bahas nanti menggunakan rekening Bank BRI sebagai rekening resminya.
image

2. Memiliki akun Bitcoin Indonesia
Ada beberapa perusahaan yang memperdagangkan bitcoin di Indonesia, tapi saya lebih yakin dengan vip.bitcoin.co.id

Lalu,, bagaimana cara mendaftar akun bitcoin indonesia.?
Caranya mudah, sobat ketik 'vip.bitcoin.co.id di pencarian google, sobat klik link nya, kemudian tap dialog akan tampil seperti gambar di bawah ini,

image

Masukkan email dan nomor handphone sobat, lalu klik 'Register Akun.

Tunggu beberapa detik maka sebuah pesan pemberitahuan akan muncul
image

Dan sobat di minta untuk cek email sobat.
Silahkan cek email sobat dan klik link Aktivasi akun.
image

Lalu sobat akan di Pandu ke tap dialog verifikasi nomor handphone dan identitas penting lainnya.
Isilah semua data pendaftaran akun personal sobat dengan lengkap dan benar, conteng 'setuju dengan persyaratan' dan masukkan captcha.

image

Ingait..!!!
Pasword adalah kata kunci rahasia sobat, simpan baik -baik jangan sampai hilang, simpan di tempat yang aman sebanyak-banyaknya. Karena jika kata kuncinya hilang, maka sobat tidak bisa masuk lagi untuk mengambil uang sobat, artinya sobat akan gigit jari.... Setelah semua selesai, klik tombol hijau 'Lanjutkan Pendaftaran'

Sebuah pin berisi kode verifikasi akan di kirim ke nomor handphone sobat, cek kotak masuk pesan sobat. Lalu masukkan enam angka kode verifikasi yang telah sobat terima, ke dalam kolom verifikasi , lalu klik 'submit'.

image

Jika semua telah selesai berarti sobat telah punya akun vip.bitcoin.co.id

Dan untuk pengamanan akun dari aksi penjenayah yang tidak bertanggung jawab, pihak vip.bitcoin.co.id menyediakan fasilitas kunci google Authenticator. Cara penggunaannya silahkan klik link paling bawah seperti terlihat pada gambar.
image

3. Memiliki akun Bittrex
image

Pendaftaran di bittrex adalah yang paling mudah yang saya temukan. Masukkan email sobat yang masih aktif, masukkan kata kunci, kata kunci haruslah terdiri dari delapan karakter kombinasi huruf kecil dan besar dan angka. Contoh B2bb22Bb. konfirmasi kata kunci lalu klik 'submit'.
image

Lalu periksa email sobat, sebuah link verifikasi aktifasi akun telah di kirim ke email sobat. Dan selanjutnya ikuti panduan dari Bittrex, hampir sama langkahnya dengan yang sobat temukan di vip.bitcoin.co.id

image

Nah.. Setelah sobat punya semua akun,(yang pasti sobat juga harus punya SBD untuk di transfer), kita akan masuk ke tahap penarikan SBD dari steemit ke Bittrex.
Ada beberapa langkah yang akan kita lakukan mentrasfer SBD ke Bittrex.

Tapi maaf sobat,, Tutorial penarikan akan kita lanjutkan pada postingan berikutnya.

Semoga semua ini bermanfaat bagi saya dan sobat semua. Berikan upvote sobat dan resteem

Terima kasih banyak untuk sumua,
Salam Steemit Indonesia
@toniesteem

Sort:  

bang @toniesteem postingannya bermanfaat saya langsung mengerti:D..terima kasih btw postingan sambungannya dimana ya?

Terima kasih @toniesteem, posting ini Sangat bermanfaat bagi kami pendatang baru di steemit.

Sama sama kawan, saya senang bisa membantu @syehlah

Asalamu'alaikum @toniesteem saya baru mendaftar di steemit, saya belum mengerti sama sekali tentang steemit, karena daftarnya ketertarikan sendiri tanpa ada yang ngajak. jadi mohon informasinya bg

Walaikumsalam @suhairi. Saya akan sangat senang membantu dalam setiap kesempatan.

nice tutorial,sangat membantu untuk para pemula,
terima kasih atas berbagi ilmunya.

Sama sama kawan @altsaniy, saya sangat senang membaca comentar anda, semoga bisa menambah semangat saya untuk membantu.

Salam Bung @toniesteem. Aku masih pemula di sini. Sedang menekuni steemit ini, berikut istilah2 yang included di dalamnya seperti sbd, sp, steem, dll, dan mendapatkan artikel Bung yang mencerahkan ini. Terimakasih sudah berbagi pengetahuan di sini. Dan jangan bosan membagi pengetahuan2 lain tentang tetek bengek steemit lainnya sekali pun tentang gal yang remeh temeh. Memahami isitilah2, cara kerja steemit hingga si pemilik konten mendapat reward, kupikir, adalah pengetahuan dasar yang harus saya pahami. Tapi para Steemians Indonesia jarang membahas ini, atau aku sendiri yang telat ratusan langkah dari yang lainnya? Entahlah. Salam dari banda aceh.

nice tutorial, saya sudah melakukannya sesuai arahan @toniesteem
sangat bagus, namun saya menunggu postingan berikutnya tentang tatacara pindah ke bittrex

Sangat bermanfaat, sukses selalu untuk anda @toniesteem

Luar biasa @toniesteem, jadi ga ragu-ragu lagi untuk bersosial media di Steemit :)

Mantap Artikel nya sangat bermaanfaat,
tapi saya ingin bertanya tolong di respon, 1 SBD jika di transfer ke bitcoin lalu di konvert ke dalam mata uang IDR kira-kira setara dengan berapa rupiah ya ?
@hafizul

Tutorial ini yang kita cari, thanks @toniesteem

Keren sangat bermamfaat

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 67083.87
ETH 3502.60
USDT 1.00
SBD 3.13