Mengintip Risman Rachman di Tabloid Asasi

in #indonesia7 years ago

risman.png
Koleksi @tinmiswary
Tuan dan Puan Steemians...

Seperti malam kemarin, malam ini saya masih ingin berbagi potongan-potongan informasi yang bersumber dari beberapa dokumen media cetak di pustaka mini saya. Tadi sore sepulang dari tempat meu uroet dalam rangka membetulkan posisi tangan yang masih teusuet dan meukilah (sebangsa terkilir), saya kembali membongkar tumpukan majalah dan koran-koran tua hasil berburu yang kemudian saya koleksi.

Tanpa sengaja (atau mungkin sengaja), saya menemukan Tabloid Asasi yang terbit pada tahun 1999. Tabloid ini dipimpin oleh H. Teuku Suriansyah dengan Redaktur Pelaksana Jauhari Samalanga. Di antara staf redaksi, selain Ruslan Razali juga terdapat nama Wiratmadinata, orang yang cuma saya kenal namanya, tapi belum pernah saya lihat wajahnya.

Dalam Tabloid edisi April 1999 ini, ada dua topik besar yang dibahas. Pertama "Hasan Tiro Sakit", dan kedua "Ketika Ulama dipanggil Bung & Toke." Meskipun tabloid ini (nampaknya) sudah pernah saya baca, walau entah di mana, tapi untuk memperbaharui ingatan, lembaran-lembaran tabloid yang sudah lusuh itu saya buka kembali.

Ketika sedang asyik membuka selembar demi selembar dengan sangat hati-hati agar tidak sobek, tiba-tiba saya menemukan sebuah nama yang sangat-sangat tidak asing. Nama itu tertulis begini: "Drs. Risman Rachman, Deputy Direktur Eksekutif Walhi Aceh."

rismanu.png
Koleksi @tinmiswary

Di bawah nama Risman Rachman terpampang hasil wawancara beliau dengan Tabloid Asasi yang dicatat oleh Wiratmadinata dengan tajuk "Ulama Kehilangan Akar Teologis." Judul yang cukup "spektakuler", setidaknya menurut saya. Namun demikian, dalam kesempatan kali ini, saya memilih untuk tidak mengomentari isi wawancara tersebut.

Saya hanya hendak memberi catatan bahwa senior saya Risman Rachman sudah berkibar-kibar pada sekira tahun-tahun itu, sementara saya dan beberapa teman waktu itu baru "mencalonkan diri" sebagai aktivis (entah gadungan entah bit-bit, entahlah).

Demikian Tuan dan Puan Steemians sekilas catatan di Tabloid Asasi tentang sosok Drs. Risman A. Rachman. Senior saya, dan senior kita semua.

Lain waktu disambung kembali....

Sort:  

Mantap. @rismanrachman adalah senior masyarakat sipil yang cukup berani bersuara ketika orang lain pura-pura bangai.

Saya akrab dengan bang @rismanrachman di media sosial, tapi jarang duduk satu meja ngopi. Pernah beberapa kali ketemu di warkop Solong Ulee Kareng, yang saya tidak lupa, kakinya sering goyang-goyang seperti penjahit sambil hisap rokok..hahaha

Oh mak, pat neu teume. Meudup dup hatee bak baca judul

Hasil buruan bang@rismanrachman

Bang Risman sangat menginspirasi kita semua!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67676.49
ETH 2622.10
USDT 1.00
SBD 2.63