Managemen Wartawan Cyber

in #indonesia6 years ago


Hello sahabat steemians, kali ini saya mencoba membahas tentang makna media cyber di kalangan publik,

Hari ini saya mengikuti acara Pelatihan yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Aceh Hotel Banda Aceh yang membahas tentang Managemen Wartawan Cyber, dari kesimpulan yang saya ikuti, Interaktif di media siber bertujuan untuk menelusuri dan memperlihatkan proses demokratisasi yang berlangsung di Indonesia pascareformasi melalui analisis wacana interaktif dengan menggunakan kasus tanggapan pembaca terhadap informasi tentang berbagai problrmatika dunia.

misal seperti media cyber tempat saya bekerja yaitu aceHTrend.co memiliki kemampuan publikasi yang bertajuk berita (News) dan juga opini.

Para jurnalis yang berkecimpung didalamnya mempunyai kebebasan berpendapat, berekspresi, dan lainnya, sering juga disebut kemerdekaan pers dan dilindungi oleh Hak Asasi manusia dan juga Undang-Undang Dasar 1945 serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB.



Media siber juga memiliki karakter khusus dan profesional sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Pemberitaan Media Siber terutama mempunyai ruang lingkup segala sesuatu yang menggunakan internet untuk melaksanakan kegiatan jurnalistik. selain itu, segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang dibutuhkan untuk kesempurnaan informasi.

keberimbangan berita di media siber terlebih dahulu harus melalui verifikasi, karena itu merupakan prinsip pemberitaan yang tidak akan merugikan pihak lain dan juga menyediakan informasi melalui berita yang benar-benar mengandung kepentingan publik.

bentuk penyajian beritapun beragam, sehingga menjadi informasi utuh dengan memunculkan identitas para narasumber,

Media siber sebaiknya menghindari berita bohong, fitnah, sadis dan cabul, karena bisa bersifat negatif bagi dunia berita.

Acara tersebut menjadi keuntungan bagi saya sehingga banyak rekan wartawan di Banda Aceh saya kenali, sedikit pembahasan yang saya simpulkan diatas merupakan daya ingat saya dalam acara itu.

Itulah sedikit kegiatan saya hari ini, Jumat, 1 Desember 2017. salam dari saya @taministy

  • Salam Saya Untuk semua sahabat yang telah mengikuti dan juga yang belum mengikuti saya
  • Salam Komunitas Steemit Indonesia (KSI)
  • Salam Nanggroe Steemit Community (NSC)
  • Salam Bireuen Steemit Community (BSC)
  • Salam Banda Aceh Community (BNA komunitas)

Terima Kasih kepada kurator indonesia @aiqabrago dan @levycore .







My Facebook

My Instagram

My Discord

Discord KSI

Discord NSC

Jika Postingan Saya bermamfaat silahkan Resteem and Upvote by @taministy

Sort:  

Santai that goe nyan...

Kebersamaan yang indah

Tanda dan makna wacana interaktif di media berita siber

Pak @taministy, sukses selalu sebagai wartawan media sosial, coba sekali-kali ke rumah sakit cut mutia aceh utara, bapak buat berita tentang karyawan yang sudah berbakti selama 8 tahun namun tidak ada pengangkatan apa-apa, mungkin ini bagus berita pak, terima kasih sudah berbagi.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61143.11
ETH 2928.78
USDT 1.00
SBD 3.56