Kontes Keindahan Angka Delapan untuk Indonesia 2018: Delapan Peluang Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga

in #indonesia6 years ago (edited)

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang tinggal dirumah sepanjang hari, bukan berarti tidak harus bekerja. Ibu rumah tangga sama seperti wanita karir lainnya yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. "Start with a dream" mulailah dengan sebuah mimpi, mimpi tidak harus dibeli tapi kita semua harus mempunyai mimpi.

Saya bangga menjadi ibu rumah tangga. disamping mengurus rumah, mendidik anak. Ada banyak hal yang masih bisa saya kerjakan dan tidak harus menjadi wanita karir di luar sana. Intinya adalah mempunyai tekad yang kuat, impian kita akan menjadi kenyataan.

Banyak bisnis yang dapat dijalankan dirumah, namun yang berhak memilih atau menentukan adalah anda sendiri. Pastikan bisnis anda sesuai dengan hobby dan kemampuan anda. Karena hal ini sangat berpengaruh dalam bisnis anda nantinya.

Berikut ini ada 8 bisnis yang dapat anda jadikan sebagai pilihan. Dan tentunya menguntungkan bagi anda:

1.Merajut

IMG_20180222_161328.jpg

Anda senang merajut?
Jika anda menyukai kerajinan ini, anda bisa mencobanya. Alhamdulillah saya sudah mencobanya. Berawal dari hobby dan tekat yang kuat, usaha ini sudah berjalan selama 2 tahun.

Banyak ibu-ibu diluar sana menyukai produk saya, tentunya karya saya ini berbeda dengan yang lainnya dan jarang di jumpai di pasar-pasar karena tas rajut produksi saya berbahan dari tali kur jadi lebih kuat, tahan lama, dan tidak mudah luntur dibandingkan dengan tas rajut lainnya.

Dengan berbahan dasar tali kur saya bisa membuat tas apa saja sesuai permintaan dari konsumen. Diantaranya tas, dompet, kotak pencil dan lain-lain.
Harganya mulai dari 25.000 sampai dengan 350.000. Selama ini, saya mempromosinya lewat Facebook, WhatsApp, dan Instagram bahkan ada juga yang datang langsung kerumah.
IMG_20180222_161239.jpg

Jika anda suka dengan kerajinan ini, maka bisa anda praktekkan. Kuncinya adalah produk harus memiliki keunikan dan tentunya harus di rajut dengan rapi agar konsumen tidak kecewa.

2.Seni Decoupage

Seni decoupage adalah menghias barang-barang bekas dengan cara menggunakan kertas tissue bermotif, kertas koran, lembaran komik bekas dll.

Peluang bisnis decoupage ini masih sangat besar bagi ibu rumah tangga karena jarang di jumpai di Aceh, khususnya daerah Banda Aceh dan Bireuen. Banyak barang-barang kerajinan khas Aceh yang bisa di sulap dengan seni decoupage ini, salah satunya tudung saji yang di jual di daerah Aceh Rayeuk atau sekitarnya. Nah, dengan melakukan seni decoupage tersebut harga jualnya lebih meningkat lagi. Harga barang 80.000 maka bisa di jual dengan harga 150.000.

Dibawah ini ada beberapa produk yang sudah saya sulap dengan seni decoupage.

IMG_20180222_160642.png

IMG_20180222_160547.png

IMG_20180222_161136.jpg

Jika anda tertarik, mulailah dari sekarang saya siap membantu.

3.Loket pembayaran listrik

IMG_20180222_162440.jpg

Loket pembayaran listrik ini sudah pernah saya posting di steemit saya namun hanya beberapa orang yang meng upvote, padahal bisnis ini sangat mudah dan gampang dijalani.

Loket pembayaran listrik ini juga merupakan bisnis saya, dan sudah hampir 2 tahun saya tekuninya. Alhamdulillah cukup membantu perekonomian keluarga saya. Namun semua itu tidak luput dari bantuan suami saya. Saat saldo habis suami saya lah yang pergi ke bank untuk mengisinya.

Loket pembayaran listrik tidak membutuhkan tempat yang luas, cukup mengandalkan ruang tamu misalnya atau membuat kios kecil disamping rumah. Modal dasarnya adalah 1 unit laptop, 1 unit printer, dan 1 buah modem.
Untuk lebih jelas anda bisa membacanya di postingan saya beberapa hari yang lalu. Linknya ada di bawah ini:

https://steemit.com/business/@suwairahidris/rumah-merupakan-peluang-bisnis-bagi-anda

Nah, Bagi anda yang senang dengan bisnis ini, anda bisa mencobanya.
Tidak ada satupun usaha yang sia-sia jika dilakukan dengan penuh keyakinan, semua ada imbalannya.

4.Menulis di steemit

IMG_20180222_162253.png

Steemit adalah media sosial yang memberikan reward bagi pemain atau penggunanya. Modal dasarnya adalah smartphone, kemauan dan yang terakhir adalah kesabaran.

Dalam bermain steemit sangat di butuhkan kesabaran. Karena ketika bergabung di steemit tidak semua orang memberikan upvote untuk anda. Contohnya saya. Saya sebagai ibu rumah tangga yang sudah bermain steemit semenjak Januari 2018. Jangan kan ada yang memberikan upvote yang membacapun tak sudi. Hehehe. Berbeda dengan adek-adek mahasiswa yang masih kinclong tentunya banyak penggemar yang menanti.

Tapi tenang, meskipun ibu rumah tangga yang sering terabaikan, kita juga bisa sukses di steemit dengan modal kesabaran dan rajin membaca postingan-postingan orang tentang steemit dasar.

Kemudian langkah berikutnya adalah mengajak orang terdekat anda untuk ikut serta bermain steemit, katakanlah suami anda. Yah, saya sudah berhasil merayu suami saya untuk bergabung di steemit nama akunnya @ismuadiaceh dengan begitu, postingan kita ada yang memberikan upvote dan jangan lupa juga untuk saling berinteraksi dengan stemians lainnya agar follower kita semakin bertambah.

Alasan saya mengajak suami atau orang terdekat adalah agar saya bisa membentuk komunitas sendiri. Karena saya ibu rumah tangga jadi agak susah untuk bergabung dengan komunitas lainnya. Namun saya sangat menghargai jika ada stemians yang memberikan upvote, komentar, dan meresteem tulisan saya.

Disamping itu, saya sangat berharap dan menyarankan agar ibu rumah tangga lainnya juga bisa bergabung di steemit. Karena steemit sangat membantu perekonomian keluarga dengan begitu angka pengangguran dan kemiskinan di Aceh lebih berkurang. Mari kita wujudkan!!!

5.Menanam bunga (garden)

IMG_20180222_162537.jpg

Anda senang berkebun? Dan memiliki keterampilan. Nah, bisnis ini bisa anda tekuni. Caranya mudah, anda cukup melakukan pembibitan tanaman bunga atau anda bisa membelinya langsung di perkebunan Bunga terlebih dahulu dengan harga terjangkau, kemudian anda merawatnya sendiri sehingga nilai jualnya lebih tinggi.

Jangan khawatir soal pemasaran. Anda bisa memasarkannya kepada tetangga, teman-teman anda, kenalan-kenalan anda. Dan sebagai alternatif lainnya, anda bisa menggunakan jasa internet seperti lewat Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lainnya sehingga pembeli dengan mudah bisa menghubungi anda.

Disamping itu, anda juga bisa memasarkannya lewat acara-acara pameran tanaman hias atau pameran yang lainnya, dengan begitu anda bisa berinteraksi dengan penjual-penjual lainnya. Saya rasa ini merupakan ide yang sangat berpeluang bagi anda. Selamat mencoba.

6.Membuat kue

SAVE_20180226_240622.jpeg
Sumber

Bisnis membuat kue sangat cocok bagi anda yang mencintai dunia memasak. Ada banyak jenis kue yang bisa anda buat. Namun, jika anda memilih bisnis ini utamakan lah kebersihan agar pembeli puas dengan kue anda. Bisnis ini sangat di gemari oleh ibu rumah tangga khusunya ibu rumah tangga di Banda aceh, hampir setiap rumah menjalani bisnis ini.

Apalagi di Banda Aceh sangat banyak cafe-cafe, dan warung kopi yang menjamur di setiap sudut kota. Nah dengan hadirnya warung kopi tersebut, semakin mudah pula pemasaran kue anda.

7.Menjahit

SAVE_20180226_241359.jpeg
Sumber

Menjahit adalah keterampilan yang dimiliki oleh sebagian ibu rumah tangga. Dan cukup beruntung bagi yang memilikinya. Namun jangan bersedih bagi anda yang tidak mempunyai keahlian menjahit baju.

Ada banyak hal lain yang bisa anda jahit. Misalnya menjahit tas atau dompet berbahan kain perca. Anda bisa belajar caranya melalui internet. Banyak video yang bisa anda pelajari. Jika anda memiliki jiwa interpreneur apapun bisa anda buat dan tentunya melahirkan ide-ide yang belum muncul kepermukaan. Jadilah ibu rumah tangga yang cerdas.

8.Membuka tempat les privat

SAVE_20180226_241200.jpeg
Sumber

Anda ibu rumah tangga lulusan sarjana fkip?
Nah, bisnis ini juga sangat membantu perekonomian keluarga anda. Apalagi anda memiliki kemampuan akademik yang baik. Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Bisnis ini juga bisa bagi ibu rumah tangga yang punya kelebihan di bidang mengaji. Katakan lah anda seorang Qariah. Maka bisnis ini sangat berpeluang bagi anda. Terimakasih...

Semoga tulisan saya di atas bermanfaat bagi sahabat stemians dan khususnya bagi ibu rumah tangga.

Terimakasih kepada @dokter-purnama yang sudah mengadakan kontes menulis. Kontes menulis ini sangat memotivasi saya untuk menjadi seorang penulis.

Terimakasih juga untuk @bahagia-arbi yang sudah bersedia membaca tulisan saya.

Jika anda menyukainya silahkan berikan upvote, komentar dan resteem.
Terimakasih...

Wassalam @suwairahidris

Sort:  

Terimakasih @jhonpower. Anda orang pertama yg mengomentari postingan saya. Lon Pike dek tah 😂

Berehnyan ibu rumah tangga, taloe ibukota....

Beutoi that nyan @gamponglamteh. Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa di resteem ya

Coin Marketplace

STEEM 0.32
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64837.84
ETH 3174.86
USDT 1.00
SBD 4.17