MENCARI IDE GAMPANG, MENULIS ADALAH HAL YANG SUSAH. KAMU??steemCreated with Sketch.

in #indonesia6 years ago

Mencari inspirasi untuk menulis adalah sebuah perkara yang gampang. Saya kira semua orang akan pandai dengan ini. Hanya butuh sedikit ketenangan, ide-ide itu akan keluar dengan sendirinya. Sederhana saja, sesederhana yang kita bayangkan.

menulis-konten-blog.jpg
Sumber Gambar

Namun, yang susahnya adalah meramu kata-kata tersebut menjadi kalimat yang enak dibaca apalagi harus membentuk satu paragraf yang memiliki makna. Saya yakin, hampir kebanyakan kita mengalami hal serupa. Saya sendiri juga demikian, susahnya setengah mati.

Disaat kita sudah mengumpulkan ide segunung, bahkan tak terhingga banyaknya. Berbagai sudut seakan mampu kita gambarkan secara detail. Lika-liku mampu kita lukiskan, tapi kemudian ketika sudah berurusan dengan tinta pena, atau keybord laptop ka suwah lakee meu'ah.

menulis.jpg
Sumber Gambar

Perlu digaris bawahi, susah yang saya sebutkan diatas bukan berarti tidak bisa. Kalau kita mau mencoba dan terus berusaha, berjalan diatas air pun mungkin bisa kita lakukan. Meskipun terkadang kita beranggapan bahwa hal tersebut mustahil kita lakukan.

Saya sendiri memang bukan ahli sastra, bukan juga pengaduk kata. Lihat saja tulisan-tulisan saya, terkadang ada kalimat yang mudah difahami, tapi tak sedikit pula yang susah dimengerti. Yang pasti, saya sudah mencoba meramu kalimat-kalimat dan saya yakin dikemudian hari semua akan indah.

Begitu juga dengan kalian semua, jangan pernah ragu untuk menulis ide-ide yang telah didapat. Tulisakan saja dulu, perkara enak dibaca, perkara mudah dimengerti, itu urusan nanti. Mereka yang membaca juga pasti faham, bahwa tulisan yang sedang dibacanya bukan ditulis oleh insan yang jago.

Mereng bacut, sige-ge i plung u laot dan sige-ge i plung u gunong nyan hal biasa. Yang penting jangan pernah berhenti untuk belajar dan berusaha.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66397.79
ETH 3460.28
USDT 1.00
SBD 2.61