Saya kehilangan semua kucing kripto

in #indonesia6 years ago

IMG_20180604_062203.jpg

Hai sobat sekalian.. semoga hari hari kita selalu menyenangkan.

Harapan diatas sepertinya tidak terjadi untuk hari-hari saya sejak kemarin. Ya.. pengalaman buruk di arus semangat adopsi blockchain terulang untuk kesekian kali.

Ini mungkin akibat kecerobohan atau karena terlalu semangat sehingga aku lupa pada situasi kerentanan sebuah aplikasi dan perangkat.

Saya telah kehilangan akses pada dompet yang saya gunakan untuk membiakkan kucing kripto (cryptokitties) melalui perangkat mobile.

Screenshot_2018-06-19-10-05-58-635_com.android.chrome.png

Saya telah mencoba Cipher browser untuk aplikasi pilihan menggantikan fungsi metamaks pada desktop. Cipher Browser adalah browser sekaligus dompet dapp seluler yang memiliki fitur untuk berinteraksi dengan dapps pada blockchain Ethereum.

Screenshot_2018-06-19-10-37-49-135_com.cipherbrowser.cipher.png

Para pengguna diberikan kemudahan untuk menyimpan, mengirim, dan menerima token Eter dan ERC20. Salah satu contoh adalah untuk keperluan bermain cryptokitties.co

Memelihara kucing kripto melalui perangkat seluler memang tidak disarankan, namun tetap bisa dilakukan. Sejak sebulan terakhir saya telah menggunakan untuk mengumpulkan kucing kucing kripto yang lucu.

Screenshot_2018-06-18-00-24-05-361_com.android.chrome.png

Pada saat membuka akun dompet di Cipher browser saya menggunakan fingerprint sebagai privasi login, namun sejak tiga hari lalu fungsi fingerprint pada smartphone saya tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga saya tidak dapat melakukan login dan kehilangan akses pada website utama cryptokitties.co.

Persoalan yang fatal yang membuat saya tidak dapat memulihkan akses ke dompet browser tersebut tidak disebabkan oleh kerentanan aplikasi, tapi ini adalah murni akibat kelalaian saya yang tidak melakukan backup phrase untuk kepentingan recovery, sehingga pada saat hendak memulihkan akun dompet saya tidak memiliki susunan kata kunci yang diperlukan.

IMG_20180619_095735.jpg

Tentu ini menjadi peristiwa yang menyedihkan bagi saya, mengingat ada beberapa anak kucing yang semula saya rencanakan sebagai Hadiah unik buat kedua putri saya, bahkan diantaranya terdapat satu ekor kelas kucing mewah.

Screenshot_2018-06-12-06-03-56-952_com.cipherbrowser.cipher.png

Kehilangan akses pada situs utama sama halnya dengan peristiwa kematian hewan peliharaan yang kita sayangi di dunia nyata, kita tidak lagi memiliki mereka hanya saja kucing yang mati di dunia nyata akan menjadi bangkai dan sirna tidak dapat dilihat lagi, sedangkan kucing di dunia kripto tidak sirna dan menjadi bangkai, hanya saja kita kehilangan kepemilikan atas mereka.

Ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi saya pribadi, dan saya tidak sedang mengajak anda untuk bermain cryptokitty apalagi menyarankan anda untuk mengkonversi steem/sbd ke Ethereum agar dapat memiliki kucing kripto yang lucu.

Sort:  

Nyan suah neu peureuno lon Wak.. ha..ha

Get a free Bible for your phone, tablet, and computer. bible.com

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59426.36
ETH 2654.07
USDT 1.00
SBD 2.43