Jalan-jalan ke Takengon Cuma Buat Ngopi?

in #indonesia7 years ago

_Ngopi di Kebun 5.jpg
Foto by @sizikir


Halo stemiaan, apakabar kalian? Semoga tetap sehat dan bersemangat ya.
Melalui tulisan ini, saya ingin bercerita sedikir terkait perjalanan saya ke Takengon, Aceh Tengah, tempo hari.

Tempo hari, saya dan beberapa teman yang tergabung dalam genk The Sangkrojo melakukan perjalanan ke Takengon. Agenda pertama yang kami lakukan adalah sekedar liburan dan menghadiri pesta perkawinan kawan kami. Rencana dan rute perjalanan kami sebelumnya sudah kami rencanakan, kemana kami akan singgah dan melakukan aktivitas liburan. Dalam agenda yang kami rencanakan mulai dari Air Terjun Tansaran Bidin, Makam Datu Beru, Pemandian Air Panas Simpang Balik, Monumen Radio Rimba Raya, dan Umah Pitu Ruang Museum Makam Reje Linge.

_Ngopi di Kebun 4.jpg

Namun semua agenda yang sudah kami rancang sebelum berangkat buyar seketika. Semua agenda yang kami rencanakan gagal dilaksanakan. Lalu apa yang kami lakukan selama di Takengon? Kami hanya memburu kopi. Kebetulan salah satu teman saya juragan kopi di sana, dan tentu dia mengerti betul di mana tempat ngopi yang enak. Selain itu, kami juga diajak berwisata ke kebun kopi miliknya.
_Ngopi di Kebun 1.jpg

Selain mengajak kami ke kebun kopi miliknya, dia juga memperkenalkan kami macam-macam jenis kopi, mengajarkan bagaimana cara mengolah kopi supaya nikmat, dan tentu banyak ilmu lain yang diajarkan ke kami.

Lha, jauh-jauh ke takengon cuma buat ngopi? Di Banda Aceh juga bisa. Begitulah keluhan yang disampaikan oleh salah seorang teman saya @frans.ismail. Sepanjang hari dia ngomel-ngomel karena agenda yang sudah kami rencakan tidak terlaksana. Saya sangat maklum, yang pertama dia bukan penikmat kopi, yang kedua dia baru beli kamera mirrorless baru, dan yang ketiga dia baru buat akun di steemit. Jadi saya sangat paham bagaimana kekesalan dia di hari itu.
_Ngopi di Kebun 2.jpg

Mengenai kenapa saya lebih memilih memburu kopi selama di Takengon, karena menurut saya, ngopi dan merasakan aroma kopi dari daerah asalnya akan sangat berbeda. Pertama, kita dapat langsung “mencuri” pengetahuan dari petani kopinya, yang kedua kita akan dapat melihat bagaimana petani kopi mengolah hasil kebunnya hingga mampu memikat banyak orang, dan yang ketiga adalah nuansa dan suasana yang berbeda. Ngopi langsung dari kebunnya akan sangat berbeda dengan ngopi di kedai atau café-café di kota.
_Ngopi di Kebun 3.jpg

Bagi saya, dalam melakukan perjalanan yang paling saya ingin ketahui adalah bagaimana karakter orang-orang di daerah tersebut, salah satunya adalah berbaur dengan mereka dan merasakan makanan daerah setempat.

Sekian dulu cerita dari saya, mungkin cerita lainnya akan saya ceritakan pada postingan selanjutnya.


Terima kasih sudah mengunjungi blog saya, silahkan sahabat-sahabat tinggalkan komentar, upvote, dan resteem.


Best Regards

@sizikir
aa654593-18dd-45c4-8548-2ae955b419a7_169.jpg

Sort:  

Kalau Ngopi .. ajak ajalah,, jangan lupa bayarin punya abg juga.. hahaha.. #becanda..! skr folbek akun ab juga ya.. trims..

Bereh bang, kalau ada ngopi ku ajak ntar. Asal abang mau traktir saya sih siap2 aja..

nah ituh! mantap sekali ide nya..

Hahaha, memang beda-beda persepsi orang bang kalau ke kota yang ada di atas awan tersebut. Kalau saya pribadi ke Takengon maupun sekitarnya, pergi ke sana hanya untuk mendapatkan rasa mandi di jam 6 pagi wkwkwkwk @sizikir

Betul, kadang rencana yang sudah disiapkan akan buyar seketika..

Iya bung @sizikir. Apa payah jadwal untuk semua perjalanan di tempel di mobil atau buat alarm agar semuanya tahu? Hahaha

Itulah namanya perjalanan, terkadang planning dan keinginan datang tidak bersamaan..

Makanya aku agak kurang cocok jika harus traveling berkelompok. Karena untuk mengetahui suatu daerah harus masuk dulu ke daerah tersebut. Tanyak sana tanyak sini baru gerak..

Long sepakat lage droneuh peugah bang. Travelling itu menikmati perjalanan, bukan mengejar perjalanan. Kan jarang-jarang bisa datang ke tempat itu lagi dengan suasana dan temanya. @sizikir

Bereh kali ceritanya, ada aku-aku disitu..

Omin, tidak pakat-pakat yaa...

Hahahah, bang muna padat that jadwal, han teukeujet pakat..

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 61904.94
ETH 2583.24
USDT 1.00
SBD 2.57