Rambutan Juli Semakin Diminati

in #indonesia7 years ago (edited)

Sahabat steemit...
Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen terkenal dengan buah rambutan. Orang-orang menyebutya rambutan juli. Seingat saya rambutan juli pertama kali di tanam di kawasan Juli Km.6 oleh tetangga saya kemudian orang tua saya ikutan menanam pohon rambutan tersebut. Niat awalnya menanam pohon rambutan untuk dimakan oleh kami sekeluarga. Namun tak disangka pohon-pohon tersebut tumbuh subur dan berbuah lebat juga memiliki nilai jual yang tinggi. Ada dua jenis rambutan yang terkenal di Juli yaitu rambutan nona dan belerang.

Saya penasaran dengan asal mula penamaan rambutan belerang lalu saya mencari di "mbah google" yang ada hanya nama rambutan brahrang jadi kemungkinan bear penamaan belerang berasal dari brahrang. Rambutan belerang ini memiliki warna merah yang menyala dan rasanya sangat manis.

image

Kemudian saya juga mencari tentang rambutan nona namun saya hanya menemukan rambutan si nyonya jadi kemungkinan juga penamaan rambutan ini berasal dari rambutan si nyonya. Rambutan nona ini memiliki warna yang menarik ada yang kekuningan ada juga yang kemerahan. Rasanya asam manis.

image

Pada saat sekarang rambutan juli tersebar di seantero Kecamatan Juli dan merupakan aset bagi orang-orang yang memiliki kebun luas.Rambutan juli ini tidak hanya di jual di kecamatan Juli atau di Bireuen. Tetapi rambutan ini di jual sampai ke luar daerah seperti Takengon dan Banda Aceh. Kini rambutan juli semakin dikenal dan diminati.

Sort:  

Hawa teuh wate takaloen... Pdum sikilo @sittishabir

Rambutan Juli tidak dijual perkilo tapi per ikat. Satu ikat harganya bervariasi mulai dari 10 ribu sampai 15 ribu. Tergantung kualitas barang. Namun bila rambutan lagi banjir harganya bisa turun harga di bawah 10 ribu. Terima kasih atas kunjungannya

Rambutan yang manis terlihat buahnya

Memang manis bang... Rambutan Juli ada dua varian rasa. Rasa manis (belerang) dan rasa agak asam (nona) . Tergantung selera. Hehe makasih atas kunjungannya ke blog saya

Rambutan Aceh memang terkenal sejak dulu, apalagi dari Juli.

Iya bang Bahkan ada yang namanya rambutan Aceh namun berbeda dari rambutan juli bibitnya dari hasil pencangkokan. Jadi pohonnya rendah dan mudah dipetik. Dulu yang ada pohon rambutannya tinggi2. Terimakasih atas komentarnya.

Tolong vote saya dong ...

Sudah saya vote ya di postingannya. Hehe

Semanis-manis rambutan jika tiadak pakai AN tak ada yang berani makan..he..hee

Salam semanis rambutan

@najmifajar

Hehe... Salam kembali

Nona sang,, masam masam mameh,, 😂😂

Benar sekali...maksud saya seperti itu. Cuma penggunaan kata yang kurang tepat. Terimakasih masukannya akan segera saya edit. Sayang juga Ntar rambutan nona jatuh pamor. Hehe

Hehe,, iya ya kak,,, terimakasih kembali,,,

Fresh rambutan! 😄 I love this fruit and I could eat it everyday. 😄

Yes... Fresh rambutan... We have many rambutan's trees in Juli. Thanks

Rambutan bireun khususnya kecamatan juli telah terkenal di aceh dan di akui buahnya dan rasanya. Tapi sesekali boleh donk kami diundang ke kebun rambutan. Salam kenal

Hehe gampang tu. Salam kenal jg

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65128.68
ETH 3442.23
USDT 1.00
SBD 2.52