Melawan 19easty93 dari Inggris di chess.com (17/08/2022)

in #indonesia2 years ago

Screenshot_20220817_062110.png

Kali ini saya bermain melawan 19easty93 dari Inggris di chess.com.

Permainan ini berlangsung relatif ketat dan seimbang, kedua pihak bermain terbuka dan saling menekan. Kedua pihak juga banyak melakukan kesalahan dan ketidakakuratan langkah. Di akhir permainan, lawan melakukan blunder dan langsung menyerah karena ratunya sudah pasti akan tersingkir.

Beberapa momen penting permainan dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini.

Screenshot_20220817_061821.png

Di tengah permainan saya menemukan peluang yang saya pikir cukup bagus, dan ternyata dianggap sebagai brilliant move oleh chess.com. Dengan langkah ini saya bisa mengancam ratu dan peluncur lawan sekaligus.

Screenshot_20220817_061856.png

Namun ternyata, ketika lawan merespon dengan memajukan peluncurnya ke e2 saya tidak berani kehilangan ratu dan memilih memakannya. Langkah ini dianggap sebagai blunder. Seharusnya, saya tetap melanjutkan langkah brilian sebelumnya yaitu dengan memakan ratu lawan dan mengancam bentengnya. Dengan demikian, pada akhir langkah saya akan kehilangan ratu dan peluncur, sedangkan lawan akan kehilangan ratu dan benteng. Saya dianggap akan lebih untung dengan pertukaran tersebut, itulah alasan langkah kuda saya sebelumnya ke e5 dianggap sebagai brilliant move. Dalam catur, selalu pikirkan untung-rugi sebuah pertukaran bidak. Tidak apa kehilangan, asalkan lawan kehilangan lebih banyak.

Screenshot_20220817_062030.png

Lawan sempat mengincar skakmat dengan ratu yang dilindungi peluncur, mengincar ke petak h2. Namun saya menyadari niat tersebut dan memblokirnya dengan menggerakkan pion ke g3.

Screenshot_20220817_062229.png

Terakhir, lawan melakukan blunder dan akan kehilangan ratunya, sehingga langsung menyerah. Secara umum kedua pihak bermain kurang bagus, dengan skor 57.9 dan 49.7. Permainan berlangsung penuh ketidakakuratan, kesalahan, bahkan blunder. Namun, lawan membuat lebih banyak kesalahan dari saya.

Jalannya permainan secara lengkap dapat anda lihat di GIF berikut ini.

board-2.gif

Catur adalah salah satu permainan terpopuler di dunia, dimainkan oleh jutaan orang setiap harinya. Catur diyakini berasal dari permainan Chaturanga di India, lalu menginspirasi permainan serupa di Tiongkok, Korea, dan Jepang yang mengembangkan permainan caturnya sendiri.

Chaturanga artinya empat pasukan perang, hal ini merujuk pada empat pasukan yang dimiliki oleh kerajaan di India pada saat itu, yaitu pasukan bergajah, pasukan berkuda, kereta perang, dan pasukan infantri. Pasukan bergajah menjadi peluncur, pasukan berkuda menjadi kuda, kereta perang menjadi benteng, dan pasukan infantri menjadi pion. Dengan susunan pasukan infantri di barisan depan, pasukan berkendara di barisan belakang, dan pemimpin (raja dan ratu) di tengah. Susunan papan catur di awal permainan adalah layaknya dua buah pasukan yang siap bertempur dan dipisahkan oleh sebuah wilayah.

Dalam perjalanan ribuan tahun, catur telah berevolusi baik bentuk maupun aturan permainannya. Pada abad ke-19 catur modern distandarisasi bentuk dan aturan permainannya menjadi apa yang kita kenal sekarang.

Permainan yang awalnya dimainkan oleh para raja dan bangsawan demi mengasah strategi perang tersebut kini dimainkan oleh jutaan masyarakat luas setiap harinya. Sebelum era internet cukup sulit untuk bisa sering bermain catur, karena harus mencari lawan yang juga ingin bermain. Namun, perkembangan teknologi memungkinkan catur dimainkan lebih luas sebagai permainan online. Saya pun setiap hari bermain catur secara online melawan orang-orang dari seluruh dunia.

Ayo main catur!

images (2).jpeg

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64341.19
ETH 3145.13
USDT 1.00
SBD 4.00