Cara Tradisional Kehidupan Nelayan di Pesisir Pantai Menangkap Ikan

in #indonesia7 years ago


Kali ini saya membagikan cerita kehidupan nelayan tradisional di tempat tingal saya ,  tepatnya dikota lhokseumawe aceh . dari saya kecil di era tahun 1980 an nelayan di daerah ujung blang masih menjaga kelestarian ikan dengan mengambil dengan cara pukat darat yang di tarik dengan manusia secara bergotong royang , cara ini sangat ramah dengan lingkungan laut sebab tidak merusak habitat laut . walau dengan cara yang sangat sederhana tetapi hasil yang di dapat sangat memuaskan untuk kehidupan para nelayan yang tingal di pesisir laut. 

pukat darat di tebar di laut mengunakan perahu dayung lalu di tarik perlahan lahan oleh angota kelompok nelayan

setibanya perangkap dari pukat darat dimana tempat ikan terperangkap mendekati pantai maka para nelayan harus terjun kedalam air laut untuk mengankat hasil tangkapan 

setelah pukat sampai di darat mereka mengumpulkan ikan menjadi satu tempat,di ujung pukat yang jadi tempat perangkap semua hasil tangkapan terkumpul.

setelah terkumpul hasil tangkapam maka mereka membuka tali ikatan perangkap pukat darat, lalu memasukkan kedalam keranjang yang sudah di sediakan oleh mereka ,

pada saat itu ketika saya hadir dan melihat sampai selesai , mereka mendapatkan ikan teri bahan untuk buat ikan teri karieng.

itulah cerita saya yang dapat saya ceritakan dari pengalaman saya melihat mereka menangkap ikan dengan cara tradisional.

terimakasi sampai disini cerita saya kali ini semoga teman steemik terhibur @satria

Coin Marketplace

STEEM 0.25
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 61618.64
ETH 3009.45
USDT 1.00
SBD 3.78