Kendaraan Itu Kebutuhan Penting Bagi Pedagang Keliling

in #indonesia5 years ago (edited)

Motor lagi diservis karena lampu depannya mati, setelah diservis ternyata motornya tidak bisa distarter karena harus ganti busy dan sepedaku ban belakangnya bocor baru mau ditambal di bengkel dekat rumah. Alhamdulillah biaya tambal ban sepeda hanya Rp 5.000 cukup dengan isi dompetku. Aku bisa berjualan makanan keliling lagi meskipun motorku masih belum bisa kupakai.
IMG_20190813_071022.jpg

Pagi tadi aku ada jadwal jualan makanan keliling, kalau jalan kaki rasanya aku tidak sanggup karena tempat pelangganku cukup jauh dan memakan banyak waktu jika aku harus berjalan kaki. Apalagi dagangan yang aku bawa tidak sedikit seperti foto di bawah ini lontong isi oncom dan gorengan, belum lagi kalau aku membawa es aneka rasa dan puding jelly stik.
IMG-20190813-WA0005.jpg
Lontong isi oncom, risoles isi wortel kentang, donat, roti goreng isi abon dan isi cokelat.

IMG_20190813_090203.jpg
Pastel isi bihun wortel dan risoles isi wortel kentang.

IMG_20190802_091321.png
Es Camelo aneka rasa

Sering aku merasa kerepotan saat membawa barang-barang daganganku karena yang aku bawa cukup banyak. Sambil berkeliling aku dihantui rasa khawatir takut kalau makanan yang aku bawa tumpah atau jatuh di jalan. Pernah aku alami saat membawa dagangan milik temanku yaitu biskuit Oreo goreng, biskuitnya jatuh semua di jalan saat melewati jalanan bergelombang karena tutup toplesnya kurang ditutup rapat. Akhirnya daganganku tidak terjual karena biskuitnya sudah kotor. Alhamdulillah suamiku @syarrf mau mengganti kerugianku dan memberi uang untuk aku setorkan kepada temanku yang sudah membuat biskuit Oreo goreng. Pengalaman kecil yang cukup tidak nyaman bagiku sehingga aku harus lebih hati-hati lagi saat berkeliling membawa dagangan makanan.

Saat yang paling melelahkan bagiku saat berjualan makanan keliling adalah ketika aku berjualan dengan membawa sepeda dan melewati jalanan menanjak di siang hari yang panas. Rasanya seperti aku kekurangan tenaga menuntun sepeda sambil membawa makanan, tambah lelah lagi jika pelangganku sedang tidak ada di rumah atau sedang libur membeli daganganku. Aku hanya bisa pasrah dan berdo'a semoga daganganku tetap laris manis dibeli oleh pelanggan-pelangganku di tempat lain, Aamiin.

Itulah sekilas cerita suka dukaku saat berjualan makanan keliling kampung. Yang pasti kendaraan merupakan salah satu kebutuhan penting bagi pedagang keliling. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca postingan sederhana ini, selamat malam menjelang pagi dan selamat beristirahat.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63618.84
ETH 2623.39
USDT 1.00
SBD 2.78