Lima Tips Supaya Kamu Bertahan di Steemit

in #indonesia7 years ago (edited)

image


Sebenarnya ada banyak tips agar seseorang bertahan lama di Steemit. Berbeda orang berbeda pula tipsnya yang kalau ditulis akan sangat panjang, sepanjang sejarah kemiskinan rakyat Aceh yang entah kapan berakhir.

Namun pada postingan ini saya hanya akan membahas lima tips yang menurut saya bisa dipelajari oleh Steemian, terutama pendatang baru agar mereka bertahan dan lolos seleksi alam di Steemit. Kenapa saya hanya membahas lima tips? Ini karena minat baca orang Indonesia sangat rendah. Kalau tulisannya kelewat panjang bisa dipastikan yang membacanya pasti sangat sedikit. Apa saja lima tips itu? Check it out!

Membaca


image


Sources

Saya berulang kali mengatakan bahwa membaca adalah pangkal utama bagi seorang penulis. Berada di Steemit adalah berada di media sosial yang menuntut kamu untuk menulis, sependek apapun itu. Nah, untuk menulis seseorang harus membaca terlebih dulu agar tulisannya tidak kurus dan kering keronta seperti badan saya. Masalahnya, seperti tersebut di awal tulisan ini minat membaca orang Indonesia sangat rendah. Ini bukan omong kosong.

Simak hasil penelitian Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Padahal, dari segi penilaian infrastruktur untuk mendukung membaca, peringkat Indonesia di atas negara-negara Eropa (Kompas, 29/8/2016). Rendahnya minat baca masyarakat adalah kendala nyata dalam upaya kita mewariskan harta literasi bagi generasi yang akan datang.

Di Steemit, jika kamu ingin bertahan lama dan terus dikenal, maka mulailah rajin-rajin membaca sehingga postingan yang dihasilkan bernas, renyah dan tidak asal bunyi. Seseorang membantah, "Tapi saya keren, foto saya bagus-bagus, buat apa menulis?" Maaf, di Steemit itu tidak berlaku. Meski Anda punya wajah tampan layaknya David Beckham, kamu tak cukup keren untuk bertahan di Steemit. Hanya rajin membaca dan menulis yang bisa membuatmu bertahan di sini.

Jadilah Diri Sendiri


image


Sources

Ini adalah tips kedua versi saya. Untuk bertahan di Steemit kamu harus bangga menjadi diri sendiri. Jangan pernah berencana untuk meng-copy paste style orang lain. Karena jika kamu melakukannya, maka selesailah sudah. Bisa dipastikan kamu gagal lolos seleksi alam di Steemit.

Berada di dalam kompetisi apapun seseorang harus berani dan bangga menjadi diri sendiri. Keluarkan bakat yang kamu punya dan jadilah diri sendiri. Steemit sebagai wadah universal dan terbuka bagi siapapun ingin mengenal orang-orang baru yang kreatif dan dapat memberikan warna keren di sini. Kamu tak perlu bersembunyi di balik topeng orang lain agar diterima di Steemit. Maka jangan sekali-kali plagiat, karena plagiat adalah salah satu ciri kamu tak bangga menjadi diri sendiri.

Mulanya mungkin kamu akan kesulitan beradaptasi dan menjadi diri sendiri, tapi pelan-pelan kamu akan bisa melewatinya dan memetik hasil. Rajin plagiat dan sering bersembunyi di balik topeng orang lain tak bisa membuatmu bertahan di Steemit, hanya dengan menjadi diri sendiri kamu bisa melakukannya. Maka, jika ingin bertahan di Steemit, banggalah jadi diri sendiri.

Konsisten


image


Sources

Konsisten adalah tips ketiga yang bisa membuat seseorang bertahan di Steemit. Sejak pertama bergabung di Steemit, saya belajar secara otodidak agar konsisten. Caranya? Saya memperhatikan orang-orang yang sudah duluan sukses di Steemit dan menarik benang merah bahwa persamaan yang ada pada orang-orang sukses tersebut adalah konsistensi.

Beberapa Steemian yang saya ikuti benar-benar konsisten membuat postingan bernas di Steemit. Di awal-awal mereka juga pernah mendapat rewards $ 0,03 misalnya, tapi pelan-pelan mereka bisa berkibar dan mendapatkan hasil yang semestinya. Karena apa? Karena mereka ganteng? Tentu bukan. Mereka bisa sukses karena konsisten tentu saja.

Maka jika kamu berada di Steemit sesuka hati, membuat postingan seminggu sekali, atau setelah posting langsung kabur tanpa memeriksa manfaat postinganmu bagi Steemian lain, maka hampir bisa dipastikan kemungkinan kamu meraih sukses dan bertahan di Steemit nyaris mustahil, sama mustahilnya memimpikan Arsenal menjuarai Liga Champions Eropa. Begitu kira-kira. Jika ingin bertahan di Steemit, konsisten lah!

Jangan Sering Lihat ke Atas


image


Sources

Nah, untuk tips yang satu ini adalah pengalaman pribadi saya. Di awal-awal bergabung di Steemit, saya berkali-kali patah semangat dan berniat meninggalkan Steemit. Alasannya sederhana, saya sering melihat postingan orang lain yang mendapatkan rewards besar, sedangkan postingan saya rewards-nya tak lebih dari $ 0,01. Di situ kadang saya merasa sedih wkwk.

Untunglah pelan-pelan saya berdamai dengan keadaan dan belajar untuk tidak sering melihat ke atas. Saat kamu sering melihat ke atas dan membanding-bandingkan rewards orang dengan rewards milikmu, maka secara tidak langsung kamu sudah membunuh semangat dan motivasimu sendiri. Jika itu terjadi kemungkinan bertahan di Steemit akan sangat kecil. Sekecil perhatian pemerintah pada rakyatnya.

Maka dari itulah saya menyarankan bagi Steemian yang baru bergabung agar tidak sering melihat ke atas, sesekali kamu juga harus melihat ke bawah agar tak berkecil hati dan pandai mengelola ekspektasi. Sebagai informasi, itulah yang membuat saya bertahan di Steemit sampai hari ini. Semoga juga berlaku pada Steemians pendatang baru lainnya.

Temukan Passionmu


image


Sources

Tips terakhir dari saya agar kamu bertahan di Steemit: temukan passionmu. Passion adalah bakat atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk bertahan dari gempuran tuntutan hidup. Maka agar kamu berhasil melawan tuntutan hidup yang kepalang keras itu, kamu harus mengenal passion mu. Itu adalah senjata paling ampuh agar kamu bisa terus bertahan di dunia yang keras ini.

Hal tersebut lagi-lagi berlaku di Steemit. Tanpa mengenal passion sendiri, seseorang akan sangat sulit bertahan di Steemit. Misalnya, kamu punya bakat dan kemampuan di bidang fotografi, maka jangan sekali-kali kamu mencoba melukis. Tapi mulailah mencari objek-objek untuk kamu foto sehingga dengan demikian bakatmu terasah dan kamu berada di jalur yang tepat untuk mengenal passionmu.

Memaksakan diri bergelut di bidang lain sama saja kamu membunuh bakatmu sendiri. Jika kamu melakukannya, maka jangan harap bisa bertahan di Steemit atau bahkan di dunia nyata sekalipun. Kenapa? Karena kamu dengan mudah dikalahkan oleh orang-orang yang dengan tepat memaksimalkan bakat dan passionnya. Untuk itu, temukan passion mu dan taklukkan lah Steemit!


image


Barangkali itulah lima tips yang bisa saya bagikan untuk Steemian pada postingan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi konsep brilian untuk Steemian sehingga bisa bertahan di Steemit. Akhirnya lebih dan kurang saya mohon maaf dan kita akan berjumpa di postingan saya selanjutnya. Sudah, itu dulu yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, saya mau makan nasi goreng rasa mantan dulu. Ini berat, kalian jangan ikut. Wassalam..

Regards

@samymubarraq.

Sort:  

Wah, penting ini.
Konsisten dan tidak selalu menengok ke atas adl point penting bagi pemula. Sama seperti mengirim tulisan ke media, jgn bayangin dimuat dan terkenal dulu, tp penting mengetahui penyebab2 tulisan tidak dimuat oleh media.

Makasih banyak Samy. Semoga kk Lulu's seleksi alam. Hehe...

Sama-sama kak.. Kak Asma dengan segala pengalaman di dunia menulis pasti bisa lolos seleksi alam di Steemit.. :)

Sangat bermanfaat

Syukurlah.. Keep Steem On ya!

Yosh, hasilkan postingan yang bernas :D

Yosh... Yosh... Hidup kita! :-D

Sangat sepakat dengan tulisan ini, mantap @samymubarraq

Terima kasih.. Semoga bermanfaat.. :)

Tidak rugi membaca post @samymubarraq, post nya selalu berisi motivasi yang membuat steemians yg putus asa kembali bersemangat...
Teruslah berkarya, semoga sukses..

Terima kasih yaa.. Semoga menjadi pelajaran.. 😉

Nasi goreng rasa mantan hanya bisa dirasakan bagi yang punya mantan sam ..
Btw, bernas dan gurih seperti biasa @samymubarraq

gak sabar menantimu di Februari untuk berbagi

Paling bisa buat saya besar kepala yaaa.. 😂😂
Siapp.. Februari kita kopdar dan bincang-bincang Steemit yesss..

ya, seenggaknya aku yakin pujian itu pantas buatmu sam dan...
gak sampe bikin helm standar SNI itu gak muat di kepala kok
:)

Wkwkwk.. Asli pecahhh komentarnya Na.. :-D

Bersabar dan istiqamah insya Allah akan sukses

Yaa.. Sangat tepat..

Hehe..bereh that @samymubarraq , postingan yang sangat bermanfaat, khususnya buat saya pribadi sebagai pendatang baru.

Hehe.. Nyan jeut neu tes ju tips nyann.. Mungken cocok.. :)

Aku mah sering galau kalau di steemit bang @samymubarraq. Barangkali ada tips nya bg..hehe

Konsisten dan tetap Steem On!
Pelan-pelan pasti hasilnya akan datang.. Semangat!!

belajar terus saja, nanti juga akan ketemu jalannya... yang penting jangan mudah patah arang dan jangan bermimpi muluk tanpa usaha, yakin saja dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan tulus dan ikhlas...

Benar Mbak. Belajar dan terus merawat semangat adalah beberapa tips lainnya. Akan saya tulis di postingan selanjutnya.. Yang penting mental jangan loyo hehe.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68104.95
ETH 2641.11
USDT 1.00
SBD 2.69