SALAH SATU BURUNG YANG BANYAK RAGAM NAMANYA

in #indonesia6 years ago

Assalamu'alaikum, Wr wb.
Apa khabar sahabat steemit semuanya.?

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi, tentang salah satu burung yg mempunyai nama yang lumayan banyak yaitu:

  1. Sidum Jawa
  2. Sirphu
  3. Burung cipoh
  4. Burung kapas
  5. Cicem Gapu (aceh)
  6. Cicem Panah (aceh),dll

Burung ini salah satu burung yang unik juga menurut saya, dengan bentuknya yang kecil tetapi mempunyai suara kicau yang sangat besar,nyaring,melengking dan alunan yang indah, yang seperti layaknya kaum manusia yang mempunyai pernafasan yang panjang.

Apa lagi kita pelihara dan merawatnya dengan polamakan dan perawatan yang kita jaga dengan tips-tips masteran burung secara seksama, maka burung tersebut juga pintar meniru atau mengcopy suara kicau burung-burung yang lain.

Sekarang saya juga pelihara burung ini, kebutulan saya menemukannya di belakang rumah, yang saya lihat saat itu dia masih bitiran telur, selalu menunggu hari hingga telurnya menetas akhirnya baru saya ambil ketika dia sudah sedikit agak besar yang belum penuh bulunya,,

20180309_161822.jpg

Yang selalu saya jaga dan saya bawa kemana saja saya pergi termasuk saya bawa ketempat saya bekerja,
Karena kalau saya tinggalkan dan tidak membawanya maka dia akan mati kelaparan dirumah karna tidak ada yang kasih makan, pada masa itulah dia masih menunggu makanan yang di antar kepadanya, harus kita suap atau sulang.

Ketika Sidum ini sudah sedikit besar, maka kita harus sediain dan masukin dia kedalam sangkar, walaupun sangkar seadanya saja, tidak perlu besar, hanya untuk menghindari dia terbang.
20180408_150327.jpg
Ketika itu dia sudah mulai belajar makan sendiri, dan kalau kita sulang pun dia masih mau, karna belum puas dan kenyang untuk dia hidup, dengan kita sulang tadi, barulah dia merasa kekenyangan untuk hari-harinya.

20180408_150333.jpg

Nah kalau sudah segini besarnya dia sudah mulai mandiri untuk berpola makan, dia kebanyakan makan sendiri ketimbang yang kita sulang, malah kadang-kadang dia nggak mau lagi kita sulang.

Kalau dia sudah mulai makan sendiri, maka tinggal kita tunggu menghitung hari sekitar seminggu-an aja dia sudah mulai berkicau seperti layaknya burung yang sudah dewasa.

Mari kita intip mana tau ada yang tertarik, dan bisa jadi tips atau ispirasi dalam memelihara, merawat dan masteran burung. Semoga menjadi motivasi dan pelajaran terutama untuk saya sendiri dan kawan-kawan steemit semuanya.

Sekian dan terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr wb.

Sort:  

Jangan salahkan burung yang mengandung... 🤗🤗

Bhuuuhahahahahaha,,,
Yayayaya

Burung gak kicau gak masalah, yang penting pagi harus berdiri, jangan tidur

Huuahahahaha
Encok pekellinu hahahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58450.19
ETH 2652.63
USDT 1.00
SBD 2.43