Cobek dan Belanga Tanah Liat Merupakan Barang Langka Di Era Modern Saat Ini

in #indonesia7 years ago (edited)

Selamat malam sahabat steemians dimanapun sahabat berada, semoga dalam keadaan sehat sahaja, postingan saya kali ini ingin menunjukkan beberapa foto barang langka yang saya jumpai ketika lagi asyik ngopi disalah satu warung kopi disimpang elak, tiba-tiba datang seorang ibu-ibu yang membawa dagangan diatas kepalanya dan menawarkan kepada seluruh penikmat kopi diwarung tersebut, dagangan yang dibawa berupa COBEK dalam bahasa aceh (capah) dan BELANGA (beulangong tanoh) sekaligus tutup belanga yang merupakan barang tradisional masyarakat Indonesia pada umumnya, saya tidak tahu pasti barang tradisional tersebut berasal dari mana.
karena setelah sekian lama saya tidak pernah melihat barang tersebut saya pun mencoba menghampiri dan mengabadikan dengan camera Oppo f1s saya
Cobek adalah Piring dari batu atau tanah liat dan pasangan utamanya uleg-uleg, berfungsi untuk menggiling cabai atau bumbu masakan
IMG_20180109_222454.jpg

Sedangkan Belanga tanah liat adalah salah satu perkakas memasak bagi masyarakat aceh dan indonesia umumnya yang dibuat dari tanah liat
belanga dan cobek sendiri sudah ada sejak lama.
IMG_20180109_222511.jpg

Tutup belanga juga terbuat dari tanah liat
IMG_20180109_222526.jpg

Kedua barang tradisional tersebut sangat jarang kita jumpai di jaman sekarang karena sudah ada penggantinya yang bernama Blender dan Belanga yang terbuat dari aluminium,besi dan lainnya.


Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaan bagi sahabat semua, terutama untuk saya sendiri.

Resteem, Vote, Komentari dan Follow apabila menyukai postingan saya
IMG_20180109_225925.jpg

By @saifulyukache

Sort:  

Hasil karya yang luar biasa,,
Sudah upvote,, follback ya

Hello ,I like this blog Follow and Upvote ...
Please upvote me and follow , visit my funny blog :) Thank you

Masak kuah dengan beulangong tanoh dan buat asam dengan capah memiliki rasa penuh sensasi yang tidak didapat dari peralatan modern.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65128.68
ETH 3442.23
USDT 1.00
SBD 2.52