Bungaku tidak cantik lagi # diserang ulat pemakan daun dan bunga

in #indonesia6 years ago (edited)

Seminggu yang lalu, sebelum saya berangkat kerja melihat bunga adenium atau bunga kamboja yang ada dihalaman rumah sangat cantik, daun dan bunga sangat banyak, cantik dan indah sekali dipandang mata.

image

Kemarin saat saya pulang terlihat oleh saya tanaman adenium sudah layu, daunnya banyak yang sudah menguning dan bunganya sudah mulai rontok. Terpikir, mungkin memang sudah masanya rontok dan layu, apalagi cuaca saat ini sedang panas-panasnya.

image

Setelah berganti berganti pakaian dan istirahat sejenak, saya keluar karena penasaran ingin melihat tanaman bunga tersebut, pertama terlihat tidak ada yang aneh pada tanaman kambojanya. Tapi tunggu dulu, saya melihat ada yang lain di tangkai bunga dan daunnya, saat saya dekati, terlihat ada ulat sedang merayap didaun, setelah saya perhatikan baik-baik, bukan hanya satu ulat saja, tapi tiga ekor ulat sedang memangsa tanaman bunga adeniumnya.

ini dia ulat-ulatnya
image
image



Ulat-ulat tersebut saya jatuhkan dengan menggunakan ranting kayu, saya melihat ketiga ulatnya besar dan gemuk, mungkin mereka sudah lama berada ditanaman tersebut dan sudah memakan banyak daun dan bunganya.

Saya tidak tahu nama dan jenis ulatnya yang saya tahu ulat ini adalah pemakan bunga dan daun tanaman apa saja, mereka dapat menghabiskan bunga dan daun sebatang tanaman dalam sehari saja, beberapa waktu lalu saya pernah perhatikan cara ulat ini memakan daun dan bunga pada tanaman lain, mereka makan tanpa henti, daun dan bunga yang sudah masuk kedalam perutnya akan diolah dan langsung dibuang melalui anusnya (kotoran) dan begitu seterusnya sampai tanaman yang menjadi mangsanya gundul tanpa ada daun dan bunga yang tersisa.

Saya masih bisa bersyukur karena cepat ketahuan, jadi tanaman adenium saya belum sempat dimakan habis oleh ulat-ulat tersebut.

image
image



Inilah dia bunga adenium saya seminggu sebelumnya yang saya abadikan dengan kamera smartphone sebelum saya berangkat kerja.
Tanaman adenium terlihat sangat asri daunnya begitu hijau dan bunganya pun mekar dengan indahnya.

image
image



Oya, sedikit saran saya buat anda penyuka tanaman bunga, selalu perhatikan bagus-bagus bunga yang sedang mekar dan subur. Karena ulat tersebut sangat tertarik untuk hinggap, merayap dan memakan bunga cantik anda.

Perhatikan sejeli mungkin pada tangkai, daun dan bunga anda jika ada sesuatu yang lain hinggap, ulat tersebut pertama hinggap tidak lah sebesar yang terlihat diphoto diatas dan jika anda menemukan ulatnya sudah sebesar itu, berarti tanaman anda sudah jadi korbannya.

image
image

Sort:  

Baby That Caterpillar Makes Me Want To Sing
> "Everybody Mambo"

Disemprot dengan air lengkuas deh... jadi aman dari serangga tapi tidak membunuh mereka dan tidak merusak lingkungan.

Akan saya coba mbak, semoga air lengkuasnya manjur untuk semua bunga saya dan aman.
Terima kasih mbak @mariska.lubis

Waduuh... Gemuk amat ulat bulunya ya 😱 bang @saifoel77. Air lengkuas itu apa bisa dipakai buat pembasmi hama tanaman lain mbak @mariska.lubis? Soalnya pohon matoa si abah daunnya juga abis gegara di makan ulat 😞

Mungkin saran mbak @mariska.lubis, air lengkuas bisa dicoba @quillingzoe untuk percobaan pertama coba dulu daunnya saja yang disiram.
Selamat memcoba

Iya ya, cb bsk saya buat air lengkuasnya. Makasi sarannya yaaa @saifoel77, mbak @mariska.lubis 😊

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 68324.35
ETH 3763.76
USDT 1.00
SBD 3.63