khas adat aceh

in #indonesia7 years ago

Hallo selamat malam steemiat.

Malam ini saya akan membagikan sedikit sejarah tentang tentang pakaian adat aceh. Nangro aceh daeusslam adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di ujung barat pulau sumatra.
Pakian ada aceh untuk pria disebut linto baro, sementara yang untuk wanita disebut dara baro. Kedua pakaian tersebut memiliki ciri khas pada setiab bagian-bagianya. Linto baro dahulunya merupakan pakaian adat yg di kena oleh pria saat menghadiri upacara adat atau upacara pemerintahan. Pakaian ini diperkirakan mulai ada sejak zaman kerajaan perlak dan samudra pasai. Pakaian adat untuk perempuan atau dara baro umumnya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan pakaian linto baro. Beberapa warna yang biasanya digunakan adalah warna merah, kuning,hijau, atau unggu. Adapun untuk desenya sendiri, pakaian ini terbilang sangat islami dan tertutup . Nah ini dia baju adatnya yg sedang saya pakai, nama baju yg ini adalah agam linto dan inong linto ranup.

image

Untuk baju yang sedang saya gunakan ini sudah di kombinasikan dekat ranup, baju ini sendiri saya pakai pada saat acara pawai penyambutan 17 agustus untuk mempromosikan baju adat aceh di kalagan masyarakat. Baju ini sendiri disebut baju aceh modern.

image

Saya senang Bisa berbagi ilmu tentang sejarah kepada para steemiat.

follow:@rizzkis

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60180.20
ETH 2604.17
USDT 1.00
SBD 2.54