KSI Is Not Just Community, But A Place To Learn | KSI Bukan Cuma Komunitas, Tapi Juga Wadah Untuk Belajar (Bilingual)

in #indonesia6 years ago

Halo Steemian!!

Jika kita lihat, sampai hari ini masih ada Steemian yang menggunakan Steemit secara solo (sendiri-sendiri) sedangkan yang lainnya sudah mulai bersatu dalam komunitas. Lalu timbul pertanyaan mana yang lebih baik? Menjadi solo steemian atau komunitas steemian? Sebenarnya itu semua relatif, karna semua tergantung pribadi masing-masing. Tapi menurut saya pribadi lebih baik tergabung dalam komunitas. Dan banyak steemian senior juga tergabung dalam komunitas. Karena peran komunitas juga penting dan bisa menjadi kekuatan tambahan untuk bisa berkembang di Steemit. Dan kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat komunitas Steemit menurut cara pandang saya.

Saya juga tergabung dalam Komunitas Steemit Indonesia (KSI) Chapter Pidie. Dan juga karena ada komunitas ini saya menjadi makin antusias berkarya di Steemit. Anggota KSI selalu mendukung saya dalam berkarya dan selalu memberi saran terbaik untuk saya. Mengajari bagaimana cara membuat artikel dengan baik hingga bahkan saya lihat mereka sangat antusias dalam membimbing saya dan Steemian baru lainnya.

DQmW5Abn8xge28NSwdfrvvYgq3cY57FYoBEymPEDabenUbb.jpg
Sumber

Menurut saya, keberadaan KSI sangatlah penting untuk mendukung perkembangan para Steemian. Karena dalam komunitas KSI tidak hanya tentang komunitas atau perkumpulan para pengguna Steemit, tapi menjadi wadah atau tempat belajar bagi para Steemian. Ini sangat penting, terutama untuk Steemian pemula.

Bagi Steemian pemula, bergabung dalam komunitas sangatlah penting. Dimana mereka masih belum tahu banyak tentang Steemit dan belum tahu aturan mainnya. Mereka akan dibimbing oleh teman-teman di KSI, dan itulah yang saya rasakan saat saya bergabung dalam KSI minggu lalu.

Saat baru mendaftar akun Steemit, saya bingung mau posting apa, artikel apa saja yang bisa saya muat, bahasa seperti apa saja yang bisa saya gunakan, tag apa yang cocok dengan postingan saya, apa larangan dalam menggunakan Steemit, apa yang harus dihindari dalam Steemit, lalu apa hal terbaik yang harus kita lakukan di Steemit. Dan masih banyak lagi kebingungan dalam pikiran saya. Dan saya rasa semua Steemian baru juga bingung dengan hal itu. Hingga akhirnya saya diajak bergabung dalam komunitas KSI oleh rekan saya @andifirdhaus. Dan juga bergabung dalam grup Whatsapp KSI Chapter Pidie. Disinilah saya mendapatkan semua jawaban dari kebingungan saya. Saya mendapatkan banyak informasi penting dalan grup. Mereka juga membimbing saya tentang bagaimana menggunakan Steemit dengan baik dan benar.

DQmTgEBeNJhjtMyv1veqGozGoWfvMF2NZFa56ybnAVchS4d.jpg
Sumber

Saat bergabung dalam komunitas, saya dibimbing langsung oleh para senior dalam komunitas KSI Chapter Pidie seperti @rezaacoi, @andifirdhaus, @rastaufik10, @riodejaksiuroe dan para Steemian lain. Saya sadar pentingnya komunitas dalam Steemit.

KSI adalah komunitas positif yang harus dikembangkan, orang-orangnya penuh loyalitas dan totalitas. Mereka sangat peduli akan perkembangan KSI. Saya merasa beruntung ada diantara mereka dan menjadi salah satu anggota komunitas KSI. Dalam komunitas ini banyak orang-orang kreatif terutama dikalangan anak muda. Komunitas inilah yang harus ada di semua daerah. Agar semua daerah lebih banyak pemuda kreatif.

U5drgFXRByHYzygTaeGBXT5Lihxid9i_1680x8400.jpeg

Jika komunitas ini terus dikembangkan, saya yakin suatu saat nanti banyak anak muda yang lebih kreatif dalam berkarya terutama dalam bidang menulis. Ini suatu kemajuan besar, ini komunitas hebat, ini menjadi wadah untuk berkembang. Pengaruh komunitas ini sangat besar, banyak lahir Steemian baru yang lebih berkualitas. Mungkin jika Steemian baru tumbuh diluar komunitas, maka dia tidak tahu mau belajar kemana, hingga dia bingung dan berhenti ditengah jalan. Tapi dengan adanya komunitas, kita bisa sama-sama belajar disini.

Harapan saya kedepannya KSI bisa terus berkembang, melalui kumunitas positif ini lahir banyak pemuda kreatif dan produktif.

@rizkialmansour, 5 Februari 2018

(English)

Hello Steemian !!

To this day, there are still Steemians who use Steemit solo (alone) while others have started to unite in the community. Then which question arises better? Become a steemian solo or steemian community? Actually it's all relative, because all depends on each person. But I think personally better joined in the community. And many senior steemians are also joined in the community. Because the role of the community is also important and can be an additional strength to be able to grow in Steemit. And this time I will explain the benefits of the Steemit community in my own way.

I also joined in Steemit Indonesia Community (KSI) Chapter Pidie. And also because there is this community I am becoming more enthusiastic to work in Steemit. KSI members always support me in the work and always give the best advice for me. Teach me how to make a good article until even I see they are very enthusiastic in guiding me and other new Steemian.

DQmW5Abn8xge28NSwdfrvvYgq3cY57FYoBEymPEDabenUbb.jpg
Sumber

In my opinion, the existence of KSI is very important to support the development of the Steemians. Because in the community KSI is not just about the community or community of Steemit users, but a place or a place of learning for the Steemian. This is very important, especially for beginner Steemian.

For the beginner Steemian, joining the community is very important. Where they still do not know much about Steemit and do not know the rules of the game. They will be guided by my friends at KSI, and that's how I felt when I joined KSI last week.

When I just registered my Steemit account, I was confused about what to post, what articles I can load, what kind of language I can use, what tags match my posts, what are the restrictions on using Steemit, what to avoid in Steemit, then what is the best thing we should do in Steemit. And much more confusion in my mind. And I think all the new Steemians are also confused about it. Until finally I was invited to join KSI community by my colleague @andifirdhaus. And also joined the Whatsapp KSI Chapter Pidie group. This is where I get all the answers from my confusion. I get a lot of important information in group. They also guide me on how to use Steemit well and correctly.

DQme1tgSdoTWVqS4H4HcEpJ4kvV2udsgiUU3BUvrWdNdnTZ_1680x8400.jpg
Sumber

While joining the community, I was mentored directly by the seniors in the KSI Chapter Pidie community such as @rezaacoi, @andifirdhaus, @ rastaufik10, @riodejaksiuroe and other Steemians. I am aware of the importance of community in Steemit.

KSI is a positive community that must be developed, its people are full of loyalty and totality. They are very concerned about the development of KSI. I feel fortunate to be among them and to be a member of the KSI community. In this community many creative people especially among young people. This community must exist in all regions. In order for all areas more creative youth.

U5drvGxDDcEcQ33fp8tzVbNPTvQm6Mi_1680x8400.jpg

If this community continues to be developed, I'm sure someday many young people are more creative in working especially in the field of writing. It's a big improvement, it's a great community, it's a place for growth. The influence of this community is enormous, many new born Steemians are more qualified. Maybe if the new Steemian grows out of the community, then he does not know want to learn where, until he was confused and stopped midway. But with the community, we can both learn here.

My hope for the future KSI can continue to grow, through this positive community born many creative and productive youth.

@rizkialmansour, February 5, 2018

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 56095.11
ETH 2533.38
USDT 1.00
SBD 2.23