Dimensi Berbeda Sanguinis Sebagai Steemian

in #indonesia6 years ago

Hi Steemian, dimanapun anda berada, semoga kita selalu diberikan kesehatan, kemudahan rezeki dan terus bisa berkarya. Hari ini memasuki hari ke 3 saya di Steemit, kali ini saya akan membahas tentang karakter sanguin atau sanguinis sebagai seorang stemian.

Bagaimana yang sebenarnya terjadi pada sanguinis saat menulis di Steemit, pada komunitas dan dollar?

Bagi anda yang sudah membaca buku Personality Plus karangan Florence Littauer pasti tidak asing lagi dengan istilah personality (kepribadian) yang satu ini. Tapi buat anda yang belum membacanya jangan khawatir, saya akan menjelaskan sedikit kepada anda apa itu Sanguin. Bagi yang sudah tahu boleh baca ulang atau bisa langsung skip saja ke poin pembahasannya.

sanguinis1.jpg

Sumber

Sanguin adalah salah satu dari 4 personality manusia. Dari 4 personality itu ada Plegmatis, Melankolis, Koleris dan Sanguin. Kenapa saya pilih sanguin? Karena itu adalah kepribadian saya. Ya, saya adalah seorang sanguinis. Jadi anda akan tahu bagaimana orang-orang dengan personality sanguin seperti saya.

Sanguinis (si periang) biasa juga disebut si Superstar. Memiliki sifat yang ekstrovert, membicara dan optimisme tingkat tinggi. Seorang sanguinis biasanya cenderung populer dan disenangi banyak orang. Kehidupannya penuh dengan warna, Senang berbicara, gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Sanguinis umumnya senang menolong orang lain walaupun biasanya tidak bisa jadi sandaran. Kadang kala seorang sanguinis bisa berteriak kegirangan namun beberapa saat kemudian dia bisa jadi menangis tersedu-sedu.

Biasanya pelupa, sulit konsentrasi, sering berpikir pendek dan hidupnya serba tidak teratur. Ya itulah saya. Hahaha, walaupun sedikit demi sedikit saya mencoba merubahnya tapi tetap saja pada dasarnya saya seperti itu. Tapi ingat, setiap personality punya sikap positif dan negatifnya. Ada plus minusnya juga. Jadi untuk lebih detail saya menyarankan anda membaca buku Personality Plus.

11025932_773366956084167_3170450895179059659_n.jpg

Seorang sanguinis mempunyai sikap senang berbicara, pendengar, ceria, berhati tulus, mudah berteman dan berbaur dengan orang lain, suka berkumpul, menyenangkan, mudah memaafkan dan tidak menyimpan dendam membuat sanguinis mudah berbaur dalam komunitas steemit seperti Komunitas Steemit Pidie bersama steemian lainnya. Cenderung mudah akrab, senang berteman dan suka berbagi cerita.

Sanguinis tidak suka suasana beku. Jadi, biasanya sanguinis sangat ahli dalam hal Ice Breaker atau pemecah suasana yang beku dan kaku saat berhadapan dengan orang baru. Jadi secara komunitas, orang dengan kepribadian sanguin sangat cocok.

Lalu bagaimana dengan sanguinis dalam membuat artikel di steemit?

Dalam membuat artikel, sanguinis biasanya sangat mudah memikirkan judul dan banyak ide, dengan sifatnya yang punya rasa percaya diri tinggi sehingga dia sangat yakin bisa membuat semua artikel itu, bahkan berpikir sangat positif bisa menyelesaikan artikel itu dengan sempurna. Lalu mulailah pikiran untuk menulis, disitu timbul sifat negatif sanguinis yaitu suka menunda dan berlanjut ke sifat pelupa hingga dia lupa menulisnya dan bahkan lupa judul. Sanguinis sejatinya punya sikap malas dalam menulis dan membaca, ada istilah "orang sanguinis kalau disuruh membaca saat membuka buku matanya tertutup, lalu saat bukunya ditutup matanya terbuka. Jadi bisa dibilang agak kurang cocok antara penulis di steemit dengan sanguinis.

Lalu bagaimana dengan saya? Sanguinis tapi kok aktif di steemit? Begini, saya biasanya terpikir banyak ide tulisan saat saya diam, saat mau tidur hingga bahkan ide kreatif saya paling sering muncul saat saya di kamar mandi. Jadi saya berinisiatif untuk menulis semuanya, bahkan saya ingin menulis sebuah buku karena saya selalu ingin tampil dan suka berbagi informasi dengan orang lain.

IMG_20171018_133417_171.jpg

Disaat saya diperkenalkan Steemit oleh @andifirdhaus saya jadi tertarik, dalam pikiran saya terlintas "wah cocok ni sama saya yang suka berbagi informasi dan juga penggiat media sosial dan ada komunitasnya juga". Lalu saya mulai dengan menulis judul artikel yang terlintas dalam pikiran agar tidak lupa. Satu persatu saya tulis dalam note handphone. Pada saat waktu kosong mulailah saya menulis artikel itu. Wah, ini bagian paling sulit dan juga paling asik. Aneh ya? Kenapa bisa paling sulit tapi kok paling asik? Sulitnya karna saya harus nulis, untung pakai handphone jadi agak mendingan. Asiknya adalah dimana semua ide untuk tulisan keluar begitu lancar, saya tidak pernah kurangan ide saat menulis, karna sanguinis biasanya cenderung berpikir cepat. Jadi sebenarnya bagi saya tidak susah kalau hanya memikirkan ide sebuah artikel, malah lebih susah melihat si dia udah jadian sama yang lain. Eh..

Bagaimana sanguinis dengan dollar, apakah dollar yang menjadi motivasi sanguinis hingga mau aktif di Steemit? Begini, sanguinis juga punya sifat manusiawi, jadi saya rasa semua orang butuh dollar. Kalau kata dalam logat orang timur "stop tipu-tipu", kita semua butuh uang untuk kelangsungan hidup. Tapi menurut saya pribadi jika uang saja juga tidak bisa membuat saya tertarik dengan Steemit karna diluar sana ada banyak pekerjaan yang menawarkan uang bahkan saya sendiri juga sudah punya penghasilan dari luar Steemit. Tapi saya sebagai sanguinis yang suka tampil dan suka pada komunitas menjadi lebih tertarik dengan keberadaan komunitas Steemit yang tergabung dalam Komunitas Steemit Pidie.

komunitas_xxl-a.jpg
Sumber

Sekali lagi terima kasih banyak pada bang @andifirdhaus yang sudah memperkenalkan saya pada Steemit dan menjelaskan tentang komunitas Steemit, dan juga kepada @rezaacoi yang sudah membimbing saya. Dan kepada seluruh Steemian terutama yang tergabung dalam Komunitas Steemit Pidie yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu.

Kesimpulannya, sanguinis kurang suka dengan menulis tapi kalau sudah menulis sangat banyak ide yang keluar di pikirannya. Sanguinis lebih suka dengan keberadaan komunitas, bisa punya banyak teman dan bisa tampil. Eh, lalu bagaimana soal dollarnya? Ya butuh banget lah. Saya punya banyak impian, butuh banyak dollar untuk mewujudkannya. Begitu pula dengan anda pastinya. Saya juga doakan kita semua sukses dan bisa mewujudkan impian kita. Saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan hari ini. Kita lanjutkan dilain kesempatan. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Sukses buat kita semua.

@rizkialmansour, 1 februari 2018

Sort:  

The more you learn, the more you earn..
Thanks @rizal-sahabat

Na 2 kmungkinan, pertama droneh aneuk jurusan psikologi, kdua na nnton dr aisyah dahlan.

Kop Lhok bang tulisan dron Rab buhuk lon baca. Ne doa keulon saboh saat beu jeut lon teumuleh lagee dron, bahasa yang mengalir.
Bek tuwo follback bang beh, menyoe na mudah vote me sinuek mantong wk wk wk

Hahaha bek that neu pujoe kuh hai, lon meudoa keu ngon ngon mandum ngat jaya mudah raseuki dan carong peugot artikel. Ka awai lon follow droe neuh bang, jinoe laju lon vote.. haha

upvote back dan follow back bang , trimakasih

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58006.10
ETH 3098.72
USDT 1.00
SBD 2.43