Evaluasi Diri: 18 Hari di Steemit, Apakah Postingan Saya Spam?

in #indonesia7 years ago

image

Assalamu'laikum Wr. Wb. Semoga semua steemian Indonesia sehat dan segar di pagi ini.

Hari ini sudah 18 hari saya memproduksi konten di Steemit. Dalam 7 hari pertama sejak 2 Agustus 2017 sudah ada 100 follower, dan kini di 18 hari sudah ada 263 follower.

Sampai di level 48 ini saya sudah memproduksi 40 konten. Sejauh ini belum ada konten plagiat dan hoax. Hanya saja, yang saya rasakan masih banyak postingan yang sifatnya spam.

Spam saya artikan sebagai postingan yang tidak dikehendaki ada di Steemit oleh pembaca karena tidak bernilai lebih, dan bisa diperoleh dengan mudah di blog dan website lainnya.

Sebagai media berbasis teknologi blockchain, yang menjadikan konten sebagai umpan pancing ikan Steem, sudah selayaknya Steemit berisi konten bermutu, lebih dari media sosial lainnya.

Saya menyadari postingan saya masih belum kuat. Mengapa bisa terjadi? Berikut renungan diri sendiri, siapa tahu bisa bermanfaat bagi calon steemian yang sedang mempelajari steemit sebelum memutuskan untuk bergabung.

  1. Steemit ibarat gadis cantik, yang bisa langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Akhirnya saya terburu-buru membuka akun dan langsung memperkenalkan diri, tanpa mempelajari lebih dahulu apa itu steemit. Akibatnya, postingan perdana saya gagal menjadi umpan pancing awal yang baik.

  2. Akibat terburu-buru perkenalan saya tidak memenuhi kaedah "kesan pertama menentukan." Padahal di postingan perdana berhastag #introduceyourself inilah potensi mendapat reward bisa lebih banyak. Para steemian sangat senang menyambut pendatang baru. Mereka akan memberi upvote, komentar, follow untuk perkenalan yang mengesankan.

  3. Saya sering sekali tergoda untuk segera tekan tombol posting. Akibatnya sering melakukan editing setelah konten tayang. Saya juga tergoda untuk segera menulis apa saja yang terpikirkan, terlihat, bahkan yang terlintas di kepala. Ada perasaan semua orang pasti suka apa yang akan saya posting. Setelah diperhatikan lagi, ternyata saya sendiri tidak menyukainya, dan saya menyebutnya sebagai postingan spam.

  4. Saya belum menemukan pola postingan yang konsisten. Akibatnya dalam jangka waktu 24 jam saya belum tampil pada waktu yang konsisten. Misalnya, pagi dan sore atau waktu lainnya. Kapan terpikir dan ada bahan langsung tayang. Ini saya rasa tidak baik.

  5. Saya masih kurang berinteraksi dengan postingan kawan-kawan, hanya membaca sekilas, lalu komentar apa adanya, dan upvote. Ini saya rasa tidak baik, tidak membantu Steemit menjadi media dengan konten dan komentar terbaik. Upvote juga tidak diobral dan lebih bagus melakukan upvote di saat bertenaga ketimbang melakukan upvote di saat lemah.

  6. Saya masih kurang berinteraksi dengan kawan-kawan di group dan kopi darat. Padatnya waktu diperkerjaan yang juga mengelola media membuat hari-hari dipenuhi dengan "tarian jemari" alias mengetik ragam konten. Jika larut di group maka ada banyak tugas yang tertunda untuk segera diselesaikan. Saat ini ada 15 group di saluran WhatApp yang otomatis menguras energi baterai. Dampaknya, postingan di Steemit juga tidak mudah mendapatkan upvote, komentar dan resteem, apalagi jika sekedar memproduksi postingan spam.

Begitulah evaluasi diri saya di hari 18 ini, dan terimakasih kepada teman-teman semua yang masih setia memberi dukungan dan perhatian meskipun saya belum sepenuhnya seperti rekan-rekan semua. Saya dan rekan semua pasti setuju Steemit menjadi media yang berisi konten terbaik, dan saya yakin kita semua akan terus memperbaiki diri. []

Sort:  

Disamping postingan harus bermutu bg @rismanrachman, kepopuleran kita juga terpengaruh. Semoga kita termasuk orang yang sabar, meski postingan kita dianggap Spam oleh para petinggi. Banyak kawan-kawan kita yang baru dan tulisannya bagus juga teratur, tapi belum mendapatkan perhatian dari petinggi. Seperti tulisan @taministy, baru booming setelah @blocktrades memberikan vote. Padahal banyak kawan-kawan kita yang lain tulisannya tidak jauh dengan @taministy, cuma kita belum punya wadah yang jelas sebagai penyokong postingan kita. Kita bisa lihat dari persen upvote yang diberikan, misal dari senior upvote tetap diberikan, cuma beda persennya antara kita dengan orang yang dekat lansung sama petinggi. Yang paling riskan @jamalgayoni kawan kita Bg @rismanrachman, sampai harus angkat bendera putih... Hehehe, semoga kedepan perhatian para senior tidak hanya sebatas kedekatan.
Salam

@safwaninisam.

Terimakasih @safwaninisam untuk komentarnya. Saya punya pikiran, jauhkan dahulu soal upvote ikan paus. Itu bonus tak terduga dan pasti semua kita menginginkannya. Renungan saya ini semata untuk media Steemit agar benar-benar menjadi tempat postingan dengan konten bermutu, lebih dari media biasa. Jadi, saya ingin berubah dari diri sendiri.

Postingan yang mantap bang.

"Steemit ibarat gadis cantik, yang bisa langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. "

witing tresno jalaran soko kulino kata orang Jawa. Cinta itu akan datang saat ia telah terbiasa..

Tetap semangat berbagi inspirasi semacam postingan ini...

Terlalu cepat jatuh cinta akhirnya ndak mantap pas kedipan pertamanya hehe. Memang sebaiknya dipelajari lebih dalam agar paham cara memberi setangkai bunga hehe

Betul sekali @rismanrachman, ini juga sekaligus evaluasi buat saya pribadi. Mengingat sekarang makin banyak pengguna Steemit yang mayoritas berorientasi pada dollar sehingga kadang mengabaikan untuk membuat konten yang berkualitas.

Kita hargai yg cari dollar, kita juga mau hehe. Hanya saya berteguh diri untuk memperbaiki kualitas postingan biar steemit terus berjaya sebagai tempat memancing ikan steem. Salam kenal

Benar Mas @rismanrachman, berikanlah konten yang terbaik dan dollar akan mengikuti,hehehe
Salam kenal juga Mas

Sangat bermanfaat bagi kami sebagai pemula ini.. Tentunya postingan itu tdk harus sering kalau kualitasnya "spam". Ayo kta belajar dari nasihat @rismanrachman

Ini pendapat risman ya, kita juga harus hormati cara2 teman lainnya, yang utama juga yuk kita terus berkerjasama dan selalu dalam.kebersamaan.

Aduh.... Ihan malah nggak buat postingan perkenalan, Bang. Langsung ikut challange :-D

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 58665.81
ETH 3153.57
USDT 1.00
SBD 2.44