Coba Lihat Riwayat Wallet, Adakah Rekam Jejak Hitam?

in #indonesia7 years ago

IMG20171014200229.jpg

Untuk apa saya menjadi kreator dan kurator konten di Steemit? Bukankah saya sudah memiliki media? Saya bisa menulis bebas di media aceHTrend milik saya sendiri.

Kalau begitu, saya menulis di Steemit karena ada reward uang (steem). Alasan ini tidak salah. Benar adanya, dan sah. Dan, Steemit adalah media yang memonetisasi konten. Bukan hanya steemit, tapi ada juga media-media lain, khususnya yang dibangun di atas Steem blokchain.

Lebih dari itu, ada alasan lebih penting di atas Steem. Menulis di media berbasis blockchain bermakna saya memasuki dunia media literasi baru. Di media berbasis blockchain, diri kita memiliki kemerdekaan untuk menulis apa saja.

Dan, apapun yang kita tulis tidak bisa disetir oleh pihak lain, terdistribusi dan karena itu bisa diuji oleh publik, dan sesuatu yang sudah kita masukkan ke media tidak bisa lagi diubah, jejaknya tertinggal di blockchain, dan bisa dilacak riwayatnya.

Itu artinya, dunia media blockchain adalah dunia dimana semua warga menjadi penulis sejarah. Statemen yang berlaku selama ini dan disahihkan oleh media internet bahwa sejarah milik para penguasa akan terkikis oleh kehadiran media blockchain.

Sebagai kreator yang konten-kontennya bakal menjadi sejarah, apalagi yang ditulis secara orisinil dan penuh tanggungjawab sudah sepantasnya diberi beragam penghargaan, salah satunya reward posting.

Menariknya, teknologi blockchain juga menyimpan histori bagaimana cara para kreator konten memperoleh rewards dari aktivitasnya sebagai kreator konten. Dan semua ini bisa menjadi alat uji riwayat kredibilitas seseorang.

Menyadari hal ini, secara pribadi saya menyesal melihat riwayat wallet saya yang pernah mengirim SBD untuk mendorong datangnya upvote atas postingan saya. Saya telah membuat rekam jejak hitam berupa vote money.

Mulai saat ini, untuk menghasilkan vote tugas saya adalah memperbaiki kualitas postingan seraya terus berada dalam komunitas yang memiliki interaksi yang sehat. []

Sort:  

keputusan yang tepat, dan saya juga telah berhenti mengirim SBD untuk mendaptkan nilai Vote, yang terkadang saat di kalkulasi tidak balance antara jumlah di kirim dan di upvote, semoga kita bisa jadi diri sendir dengan karya yang di upvote tanpa perlu mendorong dengan SBD..

Allahu akbar, kana rakan loen.

Saya setuju. Saya juga pernah ikut-ikutan menyuap. Satu sisi memang kurang indah. Saya juga menyesalinya sekarang.

Senangnya saya bisa sejalan dengan rakan yang sudah duluan di steemit. Salam hormat.

kalau pakai sesekali aja untuk asal tahu nggak apa2 mas... tapi kalau berkali2 itu artinya overdosis he..he.. :)

Saya juga pernah terjerumus kesana, sekarang saya sadar jika tindakan tersebut salah.
Untuk apa kita dapat membeli vote, jika postingan kurang bermutu.
Biar dapat vote sedikit tapi hasil sendiri, mutu postingan yang akan dinilai dan selalu berusaha untuk yang terbaik.

Allahu akbar, senangnya saya ada yang sama sikap dan pandangan

Congratulations! Tulisan anda masuk peringkat 3 kategori Tulisan Dengan Komentar Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-rabu-8-november-2017 .. :-}

Pengalaman adalah guru terbaik :)

Wajar juga sebab kita belum banyak paham soalan blockchain. Kebetulan hari ini ada banyak waktu membaca blockchain dan ternyata dasyat sangat. Blockchain juga berguna di dunia kesehatan dan lainnya. Duh kita rupanya sudah tiba di pintu gerbang zaman baru lagi.

Mulanya kita sangat hijau di steemit, seiring waktu, warnanya berubah menjadi warna-warna tua. Juga ibarat annual rings untuk mengukur usia sebatang pohon, di dalam blockchain kita juga bisa melihat lingkaran-lingkaran yang kita bentuk, untuk melihat perkembangan kita dari waktu ke waktu...

Duh, renungan yang menggerakkan

mencerahkan pak dokter

Saya juga pernah sekali mengirim SBD utk dan berharap mendapatkan upvote yg lbh banyak. Itu saya lakukan lbh krn ketidaktahuan tentang steemit dan seluk beluknya. Lambat laun sy jg merasa kurang nyaman krn pernah melakukan hal tsb dan ada perasaan menyesal. Skrg sy tdk akan lg melakukan hal itu lg meskipun saya tetap berharap setiap postingan yg sy buat mendapat upvote yg tinggi.

Allahu akbar, ini pertanda daerah dan negeri kita akan tiba masanya akan membaik.

Saya sangat setuju dengan pendapat Anda pak Risman, dan saya sendiri setidaknya dari pertama saya mulai main steemit hingga sekarang saya hanya dua kali mengirimkan sbd untuk mendapatkan upvote.
Dan skrg saya sudah berhenti total.

Wah saya tidak sendiri, dan ternyata anda juga punya pengalaman dan pandangan yang sama. Semoga kita istiqamah terus ya.

Saya baru sekali coba dan modal tidak balik . . .
Steem on!!!

Yuk Steem on ke jalur yang lebih baik

Artikel yang mantap..memberi pencerahan agar kita tidak memberikan sogokan walaupun itu didunia maya.

Alhamdulillah jika bermanfaat ya.

banyak yang menyesal :-D

@ihansunrise gimana? Bersih wallet dari titik hitam? moga ya!

insya Allah bang....

Kau memang slalu membanggakan diriku

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 62345.27
ETH 2427.57
USDT 1.00
SBD 2.49