PuloTravels #91: Terpukau Atraksi Tarian Dayak di Taman Siring, Banjarmasin

in #indonesia6 years ago (edited)

C04B5E35-0E23-4413-9447-4814B181F4A4.jpeg

Ketika berada di Kota Seribu Sungai, Banjarmasin Kalimantan Selatan, saya tidak membuang kesempatan untuk menonton tarian khas Dayak yang sangat atraktif.

Sangat beruntung, saat saya mengunjungi Taman Siring Sungai Martapura di pusat kota Banjarmasin, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, saya dapat menikmati langsung tarian ini.

Kala itu, di Minggu pagi, saya menyusuri pinggiran sungai yang telah dibeton kokoh ini, untuk menikmati suasana car free day. Perjalanan ini ditemani driver merangkap guide saya, Pak Ahmad.

Berjalan sekira 10 menit, saya melihat kerumunan orang sedang menonton sesuatu. Pasti ini atraksi tarian dayak, seperti yang dikatakan pak Ahmad kemarin, bahwa bila ingin menonton tarian ini, kita dapat melihatnya di Pantai Jodoh, nama lain Taman Siring. Saya segera bergegas mendekati kerumunan itu.

Benar saja, seorang anak muda gagah dan tinggi, bertelanjang dada, namun di tangannya tersemat bulu-bulu burung, dirangkai menjadi serupa sayap.

8B75AEE8-5734-44FD-911D-787D29B07C8F.jpeg

Di kepalanya, ia memakai kopiah berparuh burung, dihiasi dengan bulu-bulu. Di tubuhnya terdapat tato-tato bercorak khas. Ia bergerak sangat lincah, diiringi lagu seperti suara alam, mirip lagu-lagu suku Indian.

A625AFC4-DD8E-4CD8-9BB3-0FE9E6A871FB.jpeg

Saya teringat Winnetou, kepala Suku Apache dalam buku cerita karya Karl May. Saya membayangkan, yang sedang menari ini adalah Winnetou, sahabat Old Shutterhand. Lamunan saya segera buyar, saat melihat si penari meloncat tinggi dan bertengger di atas tembok pembatas sungai. Wow! Cekatan sekali. Saya terkesima. Sungguh!

8CE2AB36-ED79-4499-BE08-3ABBFAC100CA.jpeg

EE700CBB-F682-4A80-A656-3D0C70D860E5.jpeg

3278D6FE-F49D-4F5B-981A-8888E9384D87.jpeg

Si penari, hanya mengeluarkan suara-suara seperti burung, dan teriakan-teriakan. Lantas saya menduga ini pasti tarian Burung Enggang, yang sangat dimuliakan oleh Suku Dayak Kenyah. Tarian ini disebut Tari Kacet Lasan, yang menggambarkan keagungan. Tarian ini dibawakan tunggal oleh seorang penari.

3D0D1E33-6F7F-4877-93DB-A510A0533341.jpeg

Gerakan-gerakan tari ini menyontoh perilaku burung enggang saat terbang melayang, lalu bertengger di pepohonan. Pantas saja, tadi si penari, dengan lihainya hinggap di atas beton pagar pembatas, yang lebarnya tidak lebih dari 15 cm, dengan ketinggian lebih sari satu meter di atas permukaan lantai.

3C11CEC9-2443-4F6B-B3BB-9B155E7AC4BF.jpeg

Saya takjub, dan mengajak foto bersama sang penari dari Sanggar Tari Bunga Terong ini. Sungguh, sebuah pengalaman yang luar biasa. Semakin jelas, bahwa Indonesia tercinta sungguh kaya.

Salam,
@razack-pulo

Sort:  

moment weekend yang menyenangkan sekali bisa melihat tarian dayak yang unik dan lincah tidak semua orang bisa melakukan tarian seperti ini,terima kasih bang @razackpulo telah berbagi moment unik ini.

Tariannya sangat unik. Udah pernah kesana bang @riezaldi?

belum bang @razackpulo
justru itu saya sangat terkesima melihat objek tarian yg lincah seperti itu,ingin rasanya bisa melihat langsung he..he

Hehehe. Nanti kalo ada kesempatan, maen kesana. Asyiik kok

insya ALLAH bang
semoga saya bisa menjejak kaki ke sana he..he
terima kasih bang @razack-pulo salam sejahtera.

Indonesia kaya tradisi, beruntung sekali dokter @razack-pulo bisa menikmati langsung keindahan tradisi dayak di Banjarmasin 👍

Betul bang. Indonesia memang sungguh kaya, tradisi2 unik dapat kita temukan di setiap daerah..

apa masih di Banjarmasin pak @razack-pulo. Kebetulan, loen na di Banjarmasin sit neuh :)

Omaan pak. Nyo lon ka di Aceh.. ini postingan late post hehe

:) Oke pak @razack-pulo. Kirain masih di sini, harus saya kasih sambutan hangat, hehehe
Semoga saboeh watee akan meurempok ngoen pak @razack-pulo

InsyaAllah pak. Tinggal/tugas disana ya pak? Hehe

amiin ya Allah. Sementara tugas belajar di UIN Antasari pak!!
nyoe that meu pak-pak ka geutanyoe, jadeeh meu pak takue teuh :D
loen hoy Bang mantong jeut!
Salam kenal beuh Bang razack-pulo.
Droe neuh pat domisi di Aceh Bg? loen di lhokseumawe, asli dr Julok aceh timu. heheh that panyang loen komentar.. meu'ah beuh Bang

Hehhee.. bereh “bang” mantong. Bek jeut keu pak pong.. hahaha

Oman mantaap that, sekolah S2 atau S3 bang? Nyan na sejarah Aceh di Banjarmasin, aci neu tulis bak steemit.. hehe
Lon asli Bireuen bang

S3 Bg, malee loen. Ilmee hana sagai neuh.

Nyoe Bg, banyak sejarah Aceh yg bs digali di Banjar. Cuman susah bacut bak loen bagi wate, krn tengoh tugas akhir Bg. takoet sikula han leuh-leuh, diyue pulang peng nangroe. hehe
saleum meuturi Bg, rugi betul saya tak bs menjamu Bg razack-pulo, selaku senior di dunia steem :D

Oke menyoe meunan Bg, insyaAllah puasa rencana woe u Gampong, dan semoga dpt bersua di Aceh. heheh

Siip bang. InsyaAllah merempok di Aceh. Tameudoa beulancar dalam pendidikan bang.. Amiin

Semoga adat seperti ini dapat dilestarikan oleh masyarakat mereka, dan juga bisa dinikmati oleh berbagai masyarakat lain nya.

Betul sekali. Kekayaan nusantara mesti dilestarikan, biar bertahan sampai masa yg akan datang..

Mudah - mudahan suatu saat saya pun bisa lihat langsung soalnya selama ini hanya lewat youtube. Hehe

Amiiin.. asyik bang, nanti bila ada kesempatan, traveling ke sana ya :)

Musik tradisionalnya ada abang lihat. Mantap juga bang kalau di lihat dari youtube

semoga kepala suku bisa diangkat jadi chapter steemit

Nyan, mantaap kali itu, bila jadi kepala Chapter.. semua ngikut hehe

Dipungut biaya nontonnya wen?
Sayaa lelaaah, gak sanggup buat postingan.. 😣😣😣😣

Nggak wen. Karena di tempat publik, palingan kita beri seiklasnya saat berfoto dengan penari :)

Owo amazing photography
is this any cultural program!?

Thank you my friend. Yes, it is a cultural program, in Borneo Indonesia :)

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63540.43
ETH 2481.91
USDT 1.00
SBD 2.66