Mencari Getaran Bung Karno di Pengasingan

in #indonesia7 years ago (edited)

Selembar foto Bung Karno, Ibu Fatmawati dan putra-putrinya tersemat pada sebuah bingkai kaca di rumah pengasingan Sang Proklamator di Bengkulu. Foto tersebut tampak kusam dan kuno. Tetapi senyuman Ibu Fatmawati dan keceriaan anak-anaknya membuat foto tersebut hidup, sangat hidup sampai kini. Saya kagum dan haru memandang foto tersebut. Sungguh!

Di bawah foto tersebut dituliskan kata-kata Bung Karno “Saya mencintai keluargaku, tapi saya lebih mencintai negeriku. Bila saya harus memilih, saya pilih kepentingan negeriku!

image

Saya dan keluarga sangat senang akhirnya dapat mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno. Saya dapat merasakan bagaimana perihnya beliau saat diasingkan disana. Seorang proklamator. Seorang pejuang kemerdekaan negara kita, yang kita nikmati sampai sekarang.

image

image

Dan beberapa hari lagi kita akan memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-72 yang sangat kita cintai ini. Saya sangat amat terkenang jasa-jasa beliau.

Kami memasuki rumah semipermanen bergaya kolonial ini dengan haru dan penuh kekaguman. Aura kebesaran Soekarno seolah terpancar dari setiap bagian rumah tersebut. Saat memasuki ruangan utama, yang kami jumpai pertama kali adalah buku-buku bacaan beliau di dalam lemari kaca. Betapa kayanya ilmu pengetahuan beliau.

image

image

Tampak beberapa foto disematkan di dinding. Sebuah kursi jati tamu. Menuju ke ruang tengah, kami melihat sepeda yang beliau gunakan.

image

Masuk ke dalam kamar beliau. Kami bergetar. Aura kebesaran dan keagungan beliau sungguh terasa. Kami melihat tempat tidur Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih. Dua buah bantal kapuk dan kasur kapuk dengan seprai warna putih ditempatkan sempurna pada sebuah ranjang besi.

image

Pada dinding sebelah kanan. Mata saya tertuju pada sebuah foto yang dibingkai, berisi surat-surat cinta Soekarno kepada Ibu Fatmawati. Melihat surat-surat itu, saya dapat membayangkan betapa romantisnya Bung Karno.

Keromantisan beliau semakin sempurna, tatkala beliau lebih mementingkan kepentingan negeri ketimbang keluarganya. Beliau sangat luar biasa, bukan?

image

Stemian Indonesia dimanapun Anda berada, semoga kita dapat mengenang jasa-jasa beliau. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan sebaik-sebaiknya untuk Indonesia yang lebih baik.

image

image

A story by @razack-pulo

Sort:  

Satu hal yang paling saya kagumi dari Anda, mampu menulis sedemikian rupa: informatif dan komunikatif, di sela-sela melayani pasien. Jarang ada dokter di Indonesia seperti Anda. Bangga saya mengenal Pak Doto @razack-pulo

Saya banyak belajar dari pak @hermanrn. Termasuk juga dari karya2nya @hermanrn. Meski dulu pernah sama2 belajar di Do Karim, tapi karena menulis bukan jalur utama saya, maka saya sangat jauh tertinggal dari pak Herman.. 😀

Lagak tat judulnya, keren udah kek tempo aja. Bangga saya!

Makasih bang.. masih terus belajar untuk menulis lebih baik.. hehe Baru aja sempat nulis, baru habis pasien.. hehe Full day hari ini

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by razack-pulo from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews/crimsonclad, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows and creating a social network. Please find us in the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

Sebuah catatan perjalanan yang menggugah pembacanya untuk berkunjung ke sana, terima kasih dr.@razack-pulo, sudah saya resteem ya.. :)

Trima kasih juga @rayfa. Berkunjung ke Bengkulu sangat asik. Saya sangat betah disana. Walaupun kota kecil, tapi ia menawarkan kenyamanan. Juga banyak peninggalan sejarah, seperti Fort Malborough, rumah soekarno, rumah ibu fatmawati. Kulinernya juga enak2. Apalagi mie aceh Rumoh Atjeh.. :)

Merdeka bung, semangat juang 45, merdeka..

Luar biasa tulisan pak dokter.

Makasih bang @albertjester starblack.. :) masih terus berproses bang..

Perjuangan sang proklamator,,,

Perjuangan yg luar biasa bang...

Postingan yang bagu dan menarik.
Salam dari abu

Sukarno dan Hatta adalah 2 tokoh penting dalam sejarah bangsa ini. Dan keberadaan rumah proklamasi yg sudah mnjadi cagar budaya di Benfkulu tentu sebuah bukti penghargaan terhadap dedikasi tak terhingga seorang Sukarno kepada Indonesia. Luar biasa! Teruskan perjuangan.

Tokoh yg luar biasa

Sangat tepat dengan moment HUT RI ke 72, membangkitkan jiwa nasionalisme kembali kaum muda @razack-pulo

Betul bang :) trima kasih udah singgah disini

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66932.02
ETH 3099.57
USDT 1.00
SBD 3.74