Kontes Keindahan Angka Delapan untuk Indonesia 2018: Sudah Seminggu di Pulau Jawa, Delapan Perbedaan Dialog yang Saya Ingat

in #indonesia7 years ago (edited)

PicsArt_02-21-03.07.56.png
source original image

Sudah seminggu saya tidak berada di Aceh, di rumah tempat saya lahir. Semenjak sebelum hari H acara meet up Komunitas Steemit Indonesia di Cimahi, Jawa Barat, saya terus mempererat tali silaturahmi dengan teman-teman yang ada di Pulau Jawa ini. Sungguh bahagia bagi saya, banyak teman dimana-mana, baik itu teman dari komunitas Vespa, Palang Merah Indonesia, Stand Up Comedy, Steemian dan beberapa teman asli darah Aceh yang sudah lama tinggal di Ibukota.

IMG_20180217_214320.jpg

Di Cimahi, saya juga sempat dijemput oleh seorang stand up komedian, yang sudah pernah lewat audisi kompetisi stand up comedy Indonesia season 7 di Kompas Tv, beliau tukang bangunan yang punya seni tinggi, dan sudah memiliki anak istri, Didi Sunardi namanya. Banyak pembahasan dari kami berdua, dan banyak ilmu yang saya serap yang dari hasil perbincangan kami ini.

IMG-20180219-WA0023.jpg

Selesai di Cimahi, saya lanjut ke Kota Bandung, di Bandung pun saya bertemu dengan teman-teman dari komunitas Vespa Cowboys Bandung, melewati malam hari bersama mereka, sampai dibawa belanja di pusat perbelanjaan Kota nya Ridwan Kamil yang saya kagumi itu.

Malam Selasa, jam menunjukkan pukul 19 WIB, saya melanjutkan perjalanan ke Jakarta, dengan modal 90 ribu rupiah saya bisa naik bis travel sampai Ciputat, daerah perbatasan Jakarta dengan Tangerang Selatan. Saya sudah ditunggu oleh seorang teman yang punya nama Imam Subhan, saya suka memanggilnya dengan sebutan Sube, seperti salah satu kata di lirik lagu Despacito. Dia asli dari Aceh Besar, kuliah di Jakarta.

Setelah sampai di kediaman si Sube ini, saya menulis catatan singkat, tentang beberapa perbedaan dialog yang saya dapatkan di Pulau Jawa.

03-10-58-images.jpg
source

Berikut ini delapan catatan yang saya ingat, saya tulis untuk mengikuti kontes dari @dokter-purnama.

  • Indonesia : Terima kasih.
    Sunda : Hatur nuhun.
    Aceh : Teurimoeng geunaseh.
  • Indonesia : Apa?
    Sunda : Naon?
    Aceh : Peu?
  • Indonesia : Bagaimana, Sehat?
    Sunda : Kumaha, Damang?
    Aceh : Kiban, sihat?
  • Indonesia : Cantik banget.
    Sunda : Geulis pisan.
    Aceh : Lagak that.
  • Indonesia : Ada-ada saja.
    Jawa : Ana-ana Waé.
    Aceh : na na saja.
  • Indonesia : Semua.
    Jawa : Kabeh.
    Aceh : Mandum.
  • Indonesia : Berapa?
    Jawa : Piro?
    Aceh : Padum?
  • Jakarta : Plat nomor B
    Bandung : Plat nomor D
    Aceh : Plat nomor BL

03-20-31-images.jpg
source

Walaupun sangat banyak perbedaan yang ada di antara kita semua, baik itu perbedaan warna kulit, perbedaan bahasa, dan juga perbedaan suku. Tapi, kita tetap saudara, saudara setanah air.
Oleh karena itu, mulai tahun 2018 ini, mari bersama-sama bahu membahu, membantu mengurangi angka kemiskinan di seluruh pelosok Indonesia. Demi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat kita.

Sekian ketikan singkat saya dan terima kasih. Salam @rastaufik10

Sort:  

@rastaufik in action, ka habeh sang kalinyo

hahaa yak ikotan bg :D

Weesss garang nyo bang 👏👏😍🤙

Garang kiban nyan wkwk

Bahasa jawa sama bahasa sunda beda loh hahaha... Bahasa betawi beda lagi...

Oh begitu ya kak, gaktau hhahh

dengar tu @rastaufik10 sisakan 1/4 batang yang bek tuwe 😂

Aya aya wae hehe

😂😂 iyeeeyyy

hhahahah mantap fik, pokok jih angka delapaan......pernah seorang cerpenis mengilustrasikan bentuk angka delapan yang sangat 'berseni', yaitu kolor yang dilepas sembarangan hahahaha

hahahhaahah, bek ngejek that meunan kak hahahah :D

Geut that jeut bak ka teumuleh, mita aju lom ilme djakarta

Very informative post

Thank you, Brother! :)

Dah bnyk ilmu nih hehe

Sedikit aja bang gak banyak. haha

@rastaufik10 Selamat menikmati suasana kontes adoe lon beh.

Semoga menang :D

Iya, semoga sukses @rastaufik10

Rastaufik 8 + 2 = @rastaufik10, sungguh luarbiasa dalam memaknai angka 8, tapi jangan sampai jadi pelak angka 8 . Keep steem on and win the contest... Hahaha

:D thank you Bang. Aamiiiin...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 64167.02
ETH 2769.14
USDT 1.00
SBD 2.67