ATJEH , bangsa yang pantang menyerah

in #indonesia7 years ago

ATJEH
image

Ada yang menarik tentang Aceh, yakni simbol agama yang dikekalkan dalam suasana dayah, sebagai pusat sumber ilmu agama Islam tempoe doeloe. Ketika Aceh hendak dijajah, semua suku dan ulama di Aceh sepakat melawan penjajahan. Karena itu, konsep kebencian orang Aceh terhadap penjajahan, bukan karena kebencian etnisitas atau sejarah, tetapi karena melawan penindasan atau penjajahan merupakan jihad ,
Aceh yang di kenal sebagai Aceh pungo ya benar !! Pungo melawan penjajah yang menghina Atjeh dan menghina agama Islam , di jiwa Aceh sudah melekat Islam yang hakiki , Aceh rela Mati demi agama ,

image
Rumoh Atjeh ( rumah Aceh )

Lukisan ini mengingatkan saya pada Aceh nan megah di mata dunia ,
Seperti cerita nenek saya , Aceh pada masa jaman yang di pimpin oleh tuanku Iskandar muda , pada masa beliau pimpin Aceh begitu damai nan megah , banyak pedagang" dari Arab dan negara lain mulai berdatangan ke Aceh untuk menjual hasil produksi nya nya ,
Saya bangga jadi putra Aceh , yang paling saya ingat tentang Aceh waktu saya kecil , ada satu lagu yang di nyanyikan oleh nenek saya ketika mau tidur yaitu " do da idi ku doda idang seulayang blang kaputoh talow Beurijang rayeek po banta seudang jak puga prang jak bela nanggroe'' kata kata yang tidak pernah di ucapkan bangsa lain didunia kepada anak nya yang masih balita ,
Bahkan lahir sudah di semangat untuk berperang ,
Satu lagi orang Aceh orang yang welcome kepada suku apa saja , asal tidak menganggu , Aceh siap untuk membantu ,

image
Sekian pembahasan saya tentang Aceh yang saya tau , bila ada salah dalam penulisan atau salah dalam sejarah Aceh , saya sebagai penulis artikel mohon maaf , karena saya lagi belajar
Hormat Saya piki

Sort:  

Mantap jiwa 👍
Love atjeh

@makhzar
Mantap
Keren

Mantap jiwa

Smangatt :)

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57340.70
ETH 3072.28
USDT 1.00
SBD 2.37