Antara Steemit, Ganja & PKI

in #indonesia6 years ago (edited)

Maaf, ini bukan kampanye Legalisasi Ganja, apalagi PKI, Steemit pun sama saja.

image

Saya bukan anggota dari organisasi yang bekerja untuk legalisasi ganja. Saya hanya penikmat yang mengamati, dan saya berhipotesis bahwa ada ketidakadilan dalam penegakan hukum oleh negara. Sehingga, di satu sisi negara ingin memberantas tuntas, di sisi lain negara berkampanye agar rakyatnya akrab dengan ganja.

Lho, kok bisa begitu?, ya memang begitu yang sedang terjadi di Indonesia, dan negara terkesan “ditipu” oleh pelaksana negara.

Apakah Steemian pernah akrab dengan kata Partai Komunis Indonesia (PKI)?, itu kata yang membuat negara selalu waspada. Tidak ada istilah toleransi di sana, siapa yang berkaitan akan langsung berurusan. Jika Steemian tidak percaya, silahkan coba, dan segera akan tahu jawabannya. Tidak perlu bersusah payah, Steemian secara gratis akan dinobatkan sebagai musuh negara. Anda akan diburu seperti babi hutan yang telah mengganggu tanaman kesayangan, dan jelas tanaman itu bukanlah ganja.


Perspektif saya, ada kesamaan antara Ganja dan PKI, yakni sama-sama dilarang oleh negara karena didakwa berbahaya bagi tumbuh kembang bangsa Indonesia. Bangsa yang luas tanah airnya, “Dari Sabang sampai Merauke”. Penggalan lirik lagu ini sempat di kritisi oleh seorang teman saya dari timur, ia akrab dipanggil Max. Katanya, seharusnya lirik lagu tersebut “Dari Merauke sampai Sabang”, itu karena matahari lebih dulu terbit di timur Indonesia.

Dari artikel yang saya baca di situs brainly.co.id(maaf bukan di Steemit), lagu wajib nasional karangan R.Soerarjo tersebut berjudul asli “Dari Barat Sampai ke Timur”. Selanjutnya Presiden Indonesia pertama Ir. Soekarno (ejaannya hampir sama dengan pencipta lagu, hanya beda dua huruf saja. Dan semoga bukan saudaranya, karena dianggap nepotisme dalam karya), karena alasan tertentu mengubah judulnya menjadi seperti yang sekarang, tepatnya 6 Mei 1963. Tapi tahun itu saya belum lahir, dan saya baru mengetahui penggalan sejarah ini saat saya menulis “Antara Steemit, Ganja dan PKI?”.

image

Di masa-masa awal saya berkenalan dengan Max, seingatku ia pernah memakai kaos bergambar ganja. Bahkan sejumlah pernak-pernik di tubuh temannya juga bermotif daun yang tidak berdosa.
Ceritanya, ia berangkat dari Bandung, kota domisilinya saat ini. Dalam perjalanan, tentunya ia melewati sejumlah pintu penjagaan bandara yang jelas dijaga ketat oleh petugas keamanan. Ia tidak takut, ia santai saja melewati sejumlah rutinitas keamanan bandara. Itu bukan karena ia bergelar Master Hukum, hanya saja ia merasa sedang tidak melawan negara. Walau menurut saya, dengan kaosnya jelas ia sedang memperkenalkan ganja kepada khalayak.


Dengan teman yang berbeda, kita sepakat saja ia bernama Bikong. Di lokasi yang berbeda pula, pada satu acara yang digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Sabang. Malam itu teman saya (senior saya di Steemit), berkaos mirip lambang PKI, sekali lagi mirip lambang PKI, dan bukan lambang PKI. Sepenggal kata tertulis di sana, “TERUSLAH BEKERJA, JANGAN BERHARAP PADA NEGARA”, begitu kalau tidak salah.

Penggalan kata yang menurutku pantas untuk rakyat yang hidup di negara yang pejabatnya seperti apa ya? (biarlah jawabannya anda yang pikir sebagai warna negara yang baik). Maaf terbawa agak serius, maklum bicara negara yang kita cintai.

image Maaf, foto ini tidak berhubungan dengan PKI. Saya malas berurusan dengan hal satu ini. PK saja cukup.

Saat acara berlangsung, sejumlah anggota polisi, kata mereka Intel, mencari teman saya. Terpaksalah teman saya bermain cangcubet dengan para petugas. Usut punya usut, alasan teman saya “diburu” sangat sederhana, hanya karena kaos bergambar mirip lambang PKI. Beruntung malam itu teman saya lolos, akibatnya hingga kini keberadaan kaos miliknya masih misterius. Sangat kuharap sudah dibakar usai acara terselenggara.

Kalau Steemian sudah bosan membaca, ya berhenti saja. Tapi tolong., di paragraf ini inti tulisannya.

Gambar yang ada di kaos Max dan Bikong?, tentunya dua bentuk fisik dari gambar tersebut dilarang negara. Tapi kaos milik Max gampang melenggang tanpa hambatan hingga sekarang, dan terkesan negara tidak melarang. Sedang kaos Bikong harus terpaksa dienyahkan, demi kata keselamatan. Hingga kini masih menjadi misteri, mungkin akan ia bawa sampai mati.

image

Melihat ke depan, adanya Steemit akan pasti sangat mengancam sistem keuangan negara kita. Begitu banyak kecaman terhadap mata uang digital, jika saja masa itu datang, semoga saja lambang Steemit tidak dilarang beredar. Pasti itu sangat merugikan Steemian. Semoga saja.

Sumber Foto : 1, 2, 3, 4

@pieasant

Sort:  

Yuhuuuu.... selamat masuk bg pan! Salam Steemphan!

Ya ya...
Salam Steempan!!

That gawat analisis bang pan, kop yeu teuh di bredel steemit. Wkwk

Ha ha ha...
Semua akan steemit pada waktunya gure.. ha ha

Nyan piasan seb bereh bang @pieasant
Pasti neu tumuleh koen dimiyup bak asan, sebab di tungkop bak asan karap abeh di teubang..
Meuhamboe..

Ha ha...
@mc-jack bereh that

Soal simbol PKI, masyarakat masih sensi.
Sesederhana itu saja.

Masyarakat atau pemerintah?

Dua-duanya. Pemerintah 'kan andalan masyarakat.
Katanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.17
JST 0.033
BTC 64216.73
ETH 2767.45
USDT 1.00
SBD 2.64