Yang Kamu Butuhkan untuk Bertahan di Steemit

in #indonesia6 years ago

image

Sumber

Kita semua paham, bahwa, untuk bertahan di suatu keadaan seseorang harus memiliki trik dan tips agar dapat melakukannya dan tetap survive. Untuk bertahan di dunia ini misalnya, seseorang perlu makan, minum dan memenuhi unsur-unsur lain yang dapat menunjang kehidupan.

Pun demikian untuk bertahan di Steemit, kita memerlukan trik dan tips agar tetap survive. Tak cukup berpangku pada kuota internet dan relasi dengan bot semata, untuk bertahan di Steemit kita beberapa amunisi agar dapat melakukannya. Dan itu bisa berbeda tergantung pribadi masing-masing. Saya sendiri memiliki tips sendiri untuk bertahan di Steemit.

Pertama, kita harus punya hobi yang dicintai dan benar-benar dikuasai. Ini penting dan salah satu yang menunjang keberlangsungan kita di platform keren ini. Hobi adalah senjata utama yang bisa kita konversikan kedalam setiap postingan kita di sini. Jika kita adalah orang yang mencintai hobi, maka kita cukup mudah bertahan di Steemit. Seseorang yang punya bakat fotografi, ia bisa bertahan di Steemit dengan bakatnya merekam momen terindah dalam lensanya.

image

Sumber

Kedua, perencanaan yang matang dalam jangka panjang. Barangkali ini tak dimiliki oleh semua orang. Ada yang bertahan dan semangat bikin postingan di Steemit hanya saat-saat tertentu. Misalnya pas harga SBD dan Steemit meroket. Setelah harga keduanya rendah menyentuh tanah, maka semangat bikin postingan juga surut dan hilang begitu saja.

Oleh sebab itu, kita memerlukan perencanaan jangka panjang agar bisa konsisten dan tetap stabil bertahan di Steemit. Perencanaan tersebut nantinya menjadi kompas agar arah kita tak salah arah di Steemit. Perencanaan itu juga perlu agar daya tahan kita di Steemit cukup kuat untuk tetap survive. Inilah yang perlu dan wajib dimiliki oleh setiap steemian demi keberlangsungannya di Steemit.

Dalam kehidupan sehari-hari pun, sebenarnya kita juga memerlukan perencanaan-perencanaan macam itu agar bisa bertahan dalam kondisi apapun. Seseorang akan cepat rapuh dan lumpuh jika tak memiliki perencanaan dalam hidupnya. Pada titik dan derajat tertentu, perencanaan tersebut menjadi cadangan kekuatan yang bisa digunakan kapanpun kita mau. Ini sangat perlu dicatat oleh steemian.

image

Sumber

Ketiga ada relasi atau jejaring yang luas. Seseorang tidak bisa hidup dan bertahan di dunia ini tanpa relasi dan jejaring yang luas. Mungkin, kita bisa hidup dengan beberapa orang yang dekat dengan kita. Tetapi, relasi yang sempit akan sulit mengembangkan bakat dan tak menjamin kesuksesan kita. Akan sangat susah survive bagi orang-orang yang tak memiliki relasi luas.

Bertahan di Steemit pun demikian. Kita harus punya relasi dengan pakar crypto. Kita juga perlu membangun hubungan dengan pengamat berita-berita terkini. Dan kita juga patut berelasi dengan orang-orang yang hobinya berbeda dengan kita. Keberagaman orang-orang yang ada di lingkaran kita mampu membuat kita lebih kreatif dan punya banyak ide.

Oleh sebab itu, jika teman-teman steemian ingin tetap survive dan bertahan di Steemit, hemat saya, milikilah ketiga faktor yang saya sebutkan di atas tadi. Karena itu adalah hasil dari observasi saya selama berada di ekosistem Steemit ini. Semoga bermanfaat. Salam hangat dari saya untuk teman-teman semua. Sukses untuk kita semua. Amin..

g6i7ldrd1q.png

Join our discord channel eSteem, by clicking on my footer logo below

Sort:  

Yang Kama!

Hello friend.

alhamdulillah fine, kesabaran, ketabahan, prinsip, dan selalu melihat diri dengan jujur itu sangat dibutuhkan untuk tetap bisa bertahan di sini (steemit).

Memang harus kita jadikan hobi baru bisa kita bertahan di steemit seperti dahulu kita ketaguhan facebook..

Owner99 mampir Sekali2 ke blog saya

hahahaha siap siap @acehgroub

Relasi atau jejaring yang luas, itu yang sangat mempengaruhi bg @owner99

Ya, benar sekali @yeni

Saya sendiri belum kepikiran untuk berhenti, untuk mensiasatinya saya anggap steemit seperti saya bermain game. Jadi ada timbul rasa tantangan tersendiri & sudah tidak lagi berekspektasi terlalu tinggi. Hal ini saya hindari supaya tidak menimbulkan kejenuhan dini :)

Dibutuhkan kesabaran dan keuletan serta waktu yang tepat untuk bisa menghasilkan postingan kalau untuk saya pribadi pak @owner99. Dan saya terima kasih atas support dan ilmunya selama di steemit...semoga kita sukses untuk semuanya....thanks

Iya bg ,, saya menyadari itu ketika banyak teman-teman saya meninggalkan steemit dengan beberapa alasan yang membuat saya berfikir sama.
Tapi saya tetap bertahan walau suara kurasi tidak menentu. Tapi itu tak apa-apa mengingat saya menjadikan steemit untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta menemukan oran-orang hebat dalam motivasi saya menulis.
Abg @owner99 salah satunya pasti.
Tapi saya juga bingung bagaimana mendaparkan kurasi lebih dengan konten yang baik.

Terimakasih untuk masukannya bg @owner99
Saleum meulamboeng keu aduen

Keep steem on lah bang, kan masih ada 365 ditahun berikutnya, dijamin relasi semakin bertambah, pundi steem juga akan meningkat di wallet para steemian.. Ha ha ha ha

Mantap that bg @owner99, terimakasih kalheuh neu sharing konten tentang nyoe bg!

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 64852.72
ETH 3178.07
USDT 1.00
SBD 4.20