Bijaklah Dalam Menggunakan Steemit

in #indonesia7 years ago

Steemit adalah situs jejaring sosial dan blogging di atas pangkalan data blockchain Steem. Blockchain Steem menghasilkan STEEM dan Steem Dollars yang dapat digunakan oleh pengguna token untuk mendapatkan posting, menemukan, dan mengomentari konten yang menarik.

Sumber gambar

Dalam memposting tulisan atau gambar di Steemit, tak jarang kita menemukan tulisan atau gambar yang hanya meng copy-paste atau menjiplak tulisan atau gambar dari orang lain. Saya dan beberapa orang lain (menurut pantauan saya) juga pernah melakukan hal demikian, namun ketika saya mengambil konten orang lain, saya tetap mencantumkan sumbernya, meskipun sebagian orang beranggapan mengambil konten orang lain tanpa se-izin dari empunya, tetap tidak diperboleh. Kenapa sebagian kita masih suka mengambil konten orang lain ? Karena sebagian kita malas menulis dan ingin instan. Saya berpendapat bahwa kalau kita mengambil konten orang lain, dengan menyertakan sumber dari pemiliknya, maka hal demikian tidak di katagorikan bentuk plagiarisme. Mungkin secara hukum tidak bermasalah, tetapi secara etika mengambil konten orang lain tanpa izin dari pemiliknya, tentu saja tidak diperbolehkan.

Namun, bagaimana menyikapi orang-orang seperti saya yang menggambil konten orang lain ?

Sikapi dengan bijak, tegur dengan cara yang baik, tanpa harus menyerang, apalagi mengeluarkan sumpah serapah dan melakukan tindakan flag.

Sumber gambar

Sejatinya,  media sosial yang bernama Steemit ini adalah wadah untuk saling berinteraksi satu sama lain baik itu interaksi diskusi, pertemanan, curhat dan lainnya. Namun dewasa ini saya melihat ada orang-orang yang menyerang orang lain yang karena salahnya, dengan cara yang jauh lebih rendah etikanya daripada orang-orang yang mengambil konten orang lain tanpa izin. Kalau hal demikian terus dilakukan, maka Steemit ini lama kelamaan akan berubah fungsinya menjadi tempat untuk saling hujat, menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian bahkan digunakan untuk menjatuhkan orang lain, meski begitu tidak sedikit pula orang – orang yang masih menggunakan media sosial sesuai peruntukannya yaitu untuk berinteraksi satu sama lain. 

Demikianlah postingan saya ini sebagai pengingat, bagi saya sendiri dan teman-teman Steemians semua. 


Sumber gambar

Sort:  

Bagus mas, ini pun jadi sebuah pengalaman untuk saya sendiri. Salam dari saya

salam kembali, mas.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60327.71
ETH 2568.97
USDT 1.00
SBD 2.57