Jangan Sepele Dengan Aturan Pakai Obat

in #indonesia7 years ago

IMG_20180221_001828_442.JPG

Apa kabar steemians, semoga hari ini menjadi hari spesial buat para steemians, karena mungkin ada hal baru yang didapat pada hari ini, baik itu capain kerja, kepuasan atas hasil dari jerih payah selama ini, dan lain sebagainya, dan saya ucapkan selamat atas itu semua buat para steemians.

Dua puluh lima hari yang lalu, saya pernah membuat beberapa baris tulisan mengenai obat, dimana dalam tulisan tersebut saya bercerita tentang mengatasi alergi obat, kali ini saya akan becerita kembali tentang obat, namun dalam tata cara minum obat sesuai yang tertulis dalam pembungkus obat, atau sering kami sebut dengan etiket obat.

IMG_20180220_205037.jpg

3x1, 2x1, 1x1, jika dalam matematika ini adalah perkalian angka untuk mendapatkan sebuah hasil, namun dalam dunia medis dan farmasi memiliki arti yang berbeda, dimana hasil yang diperoleh adalah keamanan dan kesehatan pasien dalam mengkonsumsi obat.

Setiap kali jika berobat dimanapun sudah pasti kita menerima pemberitahuan tentang aturan minum obat, sekalipun sudah tertulis, dan terkadang karena merasa terburu-buru atau karena sudah mengerti, kita merasa sedikit jengkel atau tidak menghiraukan informasi tersebut, padahal informasi itu merupakan hak pasien yang sangat berguna nantinya.

Mungkin timbul sebuah pertanyaan dibenak kita masing-masing, kenapa sih harus 3x1, 2x1, 1x1 ? apa tidak bisa diminum pas sakit saja ? dan lain sebagainya. Obat memiliki dosis maxsimal dalam pemakaian/hari, serta setiap obat mempunyai masa kerja tertentu dalam tubuh, oleh karena itu aturan tersebut dibuat untuk mencegah dan memaksimalkan penyembuhan. Sebagai contoh, salah satu jenis obat tertulis 1x1, artinya dalam satu hari satu tablet/kapsul yang harus kita minum, karena obat tersebut memiliki masa kerja dalam tubuh selama kurang lebih 24 jam, demikian juga dengan aturan lainnya yang tertulis dalam etiket masing-masing obat.

Pernah saya mengalami kejadian yang menggelitik hati dalam pemberian obat pada pasien, pada saat itu seorang nenek datang ditemani seorang cucu laki-laki, setelah melakukan pemeriksaan, giliran obat untuk kesembuhan yang ditunggu, sebuah kebiasaan dan kewajiban kami untuk menjelaskan aturan pakai setiap obat yang akan diberikan kepada pasien, saat saya akan menjelaskan, keluarlah sebuah kalimat dari cucu si nenek tadi " udah bang gak usah di jelaskan, saya udah tau", saya langsung memberikan obat tersebut dan ucapan terima kasih serta cepat sembuh melepas kepulangan mereka.

Setelah lima belas hari nenek ini datang lagi" apa kabar Nek, apa sudah ada perubahan ? kenapa lama baru kontrol lagi", ucap saya, itulah nak, belum ada perubahan, obatnya baru habis tadi pagi, jawab si nenek, saya merasa heran dan kembali bertanya, kenapa lama sekali habis obatnya ? seharusnya tiga hari obat itu sudah habis!, bagaimana cara nenek meminumnya ?, singkat, padat tapi tidak mengenai sasaran jawaban dari Nenek ini" kata cucu saya minumnya tiga hari sekali", saya hanya diam sambil tersenyum melihat kearah cucu yang masih setia mendampingi nenek datang berobat.

Itulah sebuah contoh, obat yang seharusnya diminum tiga, dua, satu, tablet/kapsul dalam sehari, menjadi tiga hari sekali 1 tablet/kapsul, bagaimana mau mendapatkan kesembuhan jika demikian. Berikut penjelasan tentang aturan tersebut berdasarkan yang saya pelajari :

3x1, tiga menunjukkan jumlah waktu dalam satu hari, dan satu jumlah obat yang harus diminum, berarti dalam satu hari tiga kali minum obat, pagi, siang, malam.

2x1, dua kali dalam satu hari ( pagi dan sore.
1x1, satu kali dalam satu hari, ini bisa pagi, siang, ataupun malam, sesuai dengan diagnosa dan obat tertentu yang dibutuhkan pasien.

Demikian tulisan saya kali ini, dan mohon maaf jika mungkin ini bukan ranah saya, bukan maksud menggurui dalam hal ini, saya hanya mencoba mengingatkan tentang aturan pemakaian obat yang kebanyakan orang menganggab sepele dengan aturan yang berdampak besar bagi kesehatan ini, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi orang terdekat kita serta para steemians.

"Mintalah hak Anda berupa informasi tentang obat yang Anda terima dimanapun Anda berobat".

Terima kasih
IMG_20180207_224036_033.JPG

Salam hangat

Sort:  

Hallo, hai @najmifajar! Upvote yah..

Ya ya.. bang @najmifajar
Post abg selalu bermanfaat..

Terima kasih Bang.

Sukses buat Abang @putraabdal

Hai bg@ najmifajar..
Makasih uda memberi informasi berguna untuk kita semua.

Salam hangat
@ myhope

Thanks

Terus tampilkan kreativitasmu

Sukses

Jangan sampai salah peraturan juga ya bang. Takot tumbang di tempat karena tidak sesuai dengan anjuran. Gunakanlah ilmu orang yang sudah ahli dalam bidangnya, jagan mengspelekan mreka yg sudah punya ilmu. Salah peraturan salah semua 😁😁😁😁😁🙏🙏🙏🙏

Itulah gunanya sebuah tulisan, jika ada kesalahan dalam tulisan ini, monggo di kasih tau, karena saya juga masih dalam proses belajar.
Terima kasih.

Ditunggu masukannya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61821.96
ETH 2402.01
USDT 1.00
SBD 2.57