Daun Jarak

in #indonesia7 years ago

IMG_20180224_115626.jpg

Apa kabar steemians, semoga sehat serta telah siap untuk mengisi hari libur Anda bersama orang-orang tersayang dalam kehidupan Anda, sebelum berangkat berlibur pastikan semua perlengkapan Anda sudah siap dalam perjalanan Anda.

Oke steemians, pada kesempatan ini, saya akan menulis tentang sebatang pohon yang sering ditanami di areal perkuburan, walau tempat tumbuhnya mungkin sedikit aneh bagi pata steemians, namun tumbuhan memiliki beberapa manfaat , salah satunya bagi kesehatan.

Pohon Jarak, jika dilihat dari tempat tumbuhnya, pohon ini sering dijadikan sebagai tanaman di pemakaman, terutama didaerah kami Gayo, geloah demikian kami menyebutnya. Pohon dengan batang yang banyak mengandung air, dan mempunyai daun yang rindang, serta buah kecil berwarna hijau dan sedikit keras ini, ternyata sudah dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan sejak dulu.

Daun jarak, salah satu yang bermanfaat dari pohon ini, dimana daun pohon jarak ini sering digunakan sebagai obat masuk angin, terutama bagi anak-anak, penggunaan sangat sederhana, cukup ditempel dibagian perut.

Pada awalnya saya tidak begitu yakin dengan daun jarak ini, pada suatu saat anak saya mengalami masalah dengan pencernaan berupa masuk angin, yang menyebabkan perut kembung dan susah buang air besar, seperti biasa berhubung saya memiliki sedikit pengetahuan tentang kesehatan, jadi saya memberikan obat untuk masalah pencernaan tersebut, namun setelah beberapa jam belum ada perubahan, mungkin dosis tidak tepat atau obat belum bekerja sempurna, pikir saya, namun anak saya masih saja menangis menahan rasa penuhnya angin diperut, dan saya beserta istri harus menahan rasa kantuk yang luar biasa saat itu. Waktu terus berjalan, tangis anak bel juga berhenti, hingga terdengar suara dari sang nenek," wen geloah peger padeh uweten, rayulen bun minyak makan tekek, tempelen ku tuke ya" ( bahasa gayo ) artinya, daun jarak itu saja diambil, lalu panas kan dengan api hingga layu, tambahkan minyak lalu tempelkan pada perut, demikian kurang lebih terjemahan kalimat tersebut.

Dalam dinginnya malam, sayapun melaksanakan perintah Ibunda tercinta, beberapa saat kemudian DAUN JARAK tadi sudah menempel pada perut anak saya, hanya dalam waktu kurang lebih 15 menit, terdengar suara yang tidak begitu indah dari anak saya, bukan tangisan namun suara anak saya buang angin, ada perasaan lega tentunya buat anak saya, karena sudah tidak terdengar lagi suara tangisan anak saya, saya bersama istri terpaksa bangun kesiangan pada saat itu.

Demikian pengalaman ini saya bagikan, akan manfaat daun jarak ini, semoga dapat bermanfaat bagi steemians yang masih memiliki balita.

Terima kasih, dan semoga buang anginnya anak saya tadi tidak sempat tercium para steemians, dan jikapun ada aroma yang mengganggu di sekitar steemians, tolong perhatikan kiri kanan steemians, he..hee..heee

Salam hangat dari dataran tinggi gayo

IMG_20180209_003754_421.JPG

IMG_20180223_184332_000.JPG

VOTE & FOLLOW
@najmifajar

Sort:  

Get free upvotes your post http://mysteemup.club

Thanks @sjworld

Succes for you

Warm regards from Gayo Highland

suerte puedes seguirme te dare mi voto, la union hace la fuerza

gracias por permitirme seguirte.
saludos cordiales desde la meseta gayo

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 58237.47
ETH 2479.72
USDT 1.00
SBD 2.38