AGUR GAYO

in #indonesia7 years ago

Hai steemians..

Jumpa lagi dengan @myhope, semoga steemians dalam keadaan sehat dan bahagia selalu.

Dalam postingan pertama saya kali ini, salah satu buah dari dataran tinggi Gayo yang menjadi konten dan bahan tulisan saya.

Dataran tinggi Gayo, daerah yang banyak memiliki hasil bumi, bukan hanya kopi yang sudah mendunia, buah dan sayur juga menjadi salah satu pendapatan daerah yang subur dan sejuk ini.

IMG_20180215_010050.jpg

Agur / terong belanda, buah ini sangat menarik perhatian saya, buah ini berwarna merah, dengan cita rasa asem manis, manfaat yang diberikan buah yang satu ini cukup banyak, salah satunya dapat di gunakan untuk meningkatkan jumlah Haemoglobin (HB) dalam darah, vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh yang luka.

Disamping itu buah ini memiliki rasa yang luar biasa enak dan menyegarkan bila kita olah menjadi minuman dengan cara di jus, bila cuaca panas jus AGUR atau Terong belanda ini bisa menjadi salah satu pilihan minuman dingin dan segar bagi para steemians.

Dataran tinggi Gayo atau bisa dikatakan negeri di atas awan ini, memang sungguh mempesona, baik dari segi pertanian, wisata alam, budaya dan kuliner. Nah buah berwarna merah dan memiliki rasa asem manis ini, dalam bahasa daerah GAYO dijuluki AGUR, juga merupakan salah satu kuliner yang bisa membuat para steemians ketagihan, kuliner ini disebut CECAH AGUR, cecah agur jika dalam bahasa indonesia bisa kita sebut dengan sambal, namun perbedaanya dari cara pengolahan, CECAH AGUR dibuat tidak dengan dimasak, namun di olah menggunakan ulekan, ulekan ini dalam bahasa GAYO di sebut dengan LEGEN yang terbuat dari kayu.

CECAH AGUR ini sudah menjadi budaya kuliner sejak jaman dulu, petani bahkan pejabat di dataran tinggi GAYO banyak menjadikan CECAH AGUR sebagai sambal idaman, Karena bisa dikombinasikan dengan banyak jenis makanan, salah satunya CECAH AGUR DEPIK KERING.

Itulah sekilas cerita saya dalam postingan pertama saya @myhope tentang buah AGUR, untuk masalah konten dan cara pembuatan kuliner GAYO CECAH AGUR DEPIK KERING, InsyaALLAH akan saya tuangkan dalam postingan saya berikutnya.

Terimakasih

FOLLOW & VOTE

@myhope

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59452.44
ETH 2541.44
USDT 1.00
SBD 2.54