Festival Sastra Bengkulu dan Tukang Desain Palsu

in #indonesia6 years ago (edited)


Saya adalah tukang desain palsu. Saya belajar desain secara otodidak, plus kursus singkat di sebuah lembaga kursus di Ciputat, Tangerang Selatan, beberapa tahun lalu. Saya memang suka menggambar, dulu sejak SMP, dan pernah hendak belajar melukis namun tidak kesampaian. Boleh jadi karena kecenderungan saya lebih pada menulis, makanya saya lebih intens menekuni dunia tulis-menulis.(html comment removed: more)

Namun, sejumlah kawan suka meminta tolong saya untuk bikin desain, mulai dari cover buku, poster, stiker, backdrop, spanduk, banner, hingga kartu nama. Dan saya dengan suka cita mengerjakannya di tengah waktu-waktu senggang bekerja dan menulis. Dibayar? Tentu saja. Masa ada sih pekerjaan yang tidak dibayar. Meskipun desainer palsu, tetaplah saya berpikir (memikirkan gagasan desain) sesuai pesanan.

Cuma, karena saya desainer palsu, maka tentu saja bayaran saya jauh di bawah standar para profesional di bidang desain. Berapa? Nah itu bisa dibicarakan. Tapi adakalanya saya tidak bicara bayaran. Salah satunya adalah ketika Willy Ana @willyana, Ketua Panitia Festival Sastra Bengkulu, meminta saya membuat poster untuk kegiatan tersebut. Saya juga diminta membuat desain cover buku puisi untuk kegiatan tersebut.

Saya tahu, acara sastra tidak punya duit. Saya sendiri terlibat sebagai panitia pengarah (SC) dan kurator acara itu. Panitia pelakasana kini pontang-panting harus memenuhi segala kebutuhan acara itu. Soalnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu hanya bisa membantu fasilitas, tidak bisa membantu dana sebab kegiatan itu tidak dianggarkan dalam APBD. Pihak Pemda dan jajarannya ikut sibuk mengawal dan memfasilitasi acara ini agar sukses.

Meski tukang desain palsu, saya tetap mengerjakan desain dengan sikap kerja desainer asli dan profesional. Saya mulai dengan mencari dan mendiskusikan ide dengan yang pesan, mencari atau membuat gambar, membuat desain, hingga mengirimkan kepada yang pesan untuk diberi masukan. Setelah pemesannya senang, baru saya anggap pekerjaan saya selesai.

Inilah contoh desain saya.

desain - COVER BUKU Puisi Bengkulu 04072018.jpg

desain - sponsor buku puisi.jpg

desain- BALIHO-1 01072018-OKE-GBR MEDSOS.jpg

baliho 2 festival sastra bengkulu.jpg

Posted from my blog with SteemPress : http://musismail.com/festival-sastra-bengkulu-dan-tukang-desain-palsu/


Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64614.75
ETH 3444.80
USDT 1.00
SBD 2.55