Boh Limeng or Wuluh Starfruit

in #indonesia6 years ago (edited)

IMG_20180416_135409.jpg

Boh Limeng. Di halaman rumah saya di Desa Meue, Trienggadeng, Pidie Jaya, ada beberapa batang pohon belimbing wuluh. Ibu saya suka memetiknya lalu memeramkannya, dijemur beberapa lama, hasilnya jadilah asam sunti. Asam sunti salah satu bumbu untuk makanan di Aceh. Untuk sayur bening, asam sunti cukup dicemplungin ke dalam sayuran. Sementara untuk makanan tumis, santan, dan sejenisnya asam sunti digiling jadi bumbu.

IMG_20180416_135416.jpg

Ketika saya mulai membeli rumah dengan cara mencicil pada tahun 2000 di kawasan Pondok Petir, Bojongsari, Depok, ibu saya membawa beberapa boh limeng leumiek (buah belimbing kelewat matang) dari kampung. Ia lalu melempar begitu saja ke halaman rumah. Kala itu, rumah saya punya halaman cukup "luas" (dalam tanda kutip) untuk ditanam apa saja, sebelum halaman itu berubah menjadi "beton" sebagai ruang tamu dan garasi.

IMG_20180416_135450.jpg

Selanjutnya, ketika tumbuh, salah satu bibit belimbing wuluh itu ditanam di tepi jalan depan rumah. Pelan tapi pasti, pohon belimbing itu membesar. Beberapa tahun kemudian, belimbing itu pun berbuah. Setiap berbuah, ibu saya dengan telaten memetik belimbing itu untuk dibikin asam sunti. Sekedar informasi, ibu saya, bersama Abu (ayah) dan adik saya pernah tinggal di rumah kami ketika konflik sedang "hot" di Aceh.

IMG_20180416_135355.jpg

Tapi setelah ibu kembali pulang ke Aceh beberapa tahun lalu, dan tiada pada Mei 2015, buah belimbing wuluh di depan rumah kami tidak ada yang memetik. Terkadang, ia jatuh sendiri. Beberapa warga Aceh dekat kadang suka datang untuk mengambilnya. Kami mempersilakan siapa pun untuk memetik belimbing wuluh itu. Jika tidak orang di rumah, tak perlu minta izin. Siapa pun yang memetik kami anggap sebagai sedekah dari ibu saya. Sebab, seperti saya jelaskan di atas, ibu sayalah yang menanamnya.

Anda tertarik belimbing wuluh? Datang saja dan petiklah sepuasnya. Gratis.

JAKARTA, 16 April 2018
MI | @musismail

Sort:  

Termasuk Ana ketika lagi main ke rumahnya Bang Mus, pasti metik buah belimbing wuluh ini dan dibawa pulang ke rumah untuk asam jika lagi bikin gule ikan. Rasa asamnya segar. Semoga almarhumah ibu dan dek Mutia damai dalam surganya Allah SWT. Amin

He he he. I see☕

ayo @willyana, main ke rumah. banyak sekali belimbing wuluh belum ada yang ambil.

Ya peugot asam udeunh boh Komeng sep Mangat nyan....ato kuah asam Krueng bg @musimail

beutoi teungku. nyan masakan menyo keunong boh limeng mantap mandum

Nyoe bg @musismail
Masakan Aceh asai ka keinginan boh limeng cit Hana Pat peugah Lee , Bu pih payah tanah...hehehehe

Salam
@zulfikarsh

Belimbing wuluh sangat klop dengan garam, udang dan cabe rawit. Gilas dalam cobek. Tambahkan sentuhan irisan sebatang serai-masak. Meukheutham barang...!!!

Pohonnya juga tetap mengalirkan kebaikan meski sang penanam yang berhati mulia telah tiada.

beutoi. menyo keunong boh limeng hawa lawan masakan. tapi masakan di pulau jawa hana dipakai boh limeng.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65814.16
ETH 3444.84
USDT 1.00
SBD 2.64