"Boleh Plagiat, Perceraian Tanggung Sendiri"

in #indonesia6 years ago

Suatu hari, seorang penyair yang tengah patah hati menulis syair yang amat menyedihkan di blog pribadinya.

plagiat-envedette.jpg
sumber foto

Kemudian saya mengambil puisi itu, memosting di akun Steemit saya sendiri, dengan tujuan ingin mengaduk-aduk sekaligus mengeksplorasi potensi kesedihan di hati orang-orang dalam jejaring pertemanan saya di Steemit.

Membaca syair yang amat menyentuh itu, seorang perempuan (followers Steemit) jatuh cinta pada saya. Lalu kami bertemu di dunia nyata. Tiada lama kemudian, kami menikah.

heart-529607_1280-950x550.jpg
sumber foto

Merasa berjasa pada si penyair, suatu malam saya mengirim chat, “Maaf, syair Anda telah saya ambil. Dan berkat syair itu saya mendapatkan jodoh saya.”

Penyair itu membalas, “Oh, saya amat terharu. Jika demikian, saya akan segera mendelete syair itu di laman blog saya agar Anda tidak terindikasi plagiat. Dengan demikian, syair itu sah disematkan nama Anda sebagai pengarangnya. Saya ikhlas.”

Beberapa bulan kemudian, saat istri saya tahu bahwa saya sama sekali tidak bisa menulis syair, dia menggugat cerai dan, kami pun berpisah. Untung kami belum punya anak.

original-960525_1280.jpg
sumber foto

Perceraian yang terjadi di saat saya sudah amat mencintai istri saya, tentu ini amat menyedihkan. Kesedihan itulah yang akhirnya membuat saya benar-benar lancar menulis syair.

Kini syair saya bertabur di Steemit. Orang-orang mengambilnya. Saya tak peduli, tak terganggu, karena saya ikhlas. Cuma masalahnya, siapa yang mengambilnya untuk modal mencari jodoh, kasihan, mereka mungkin akan bercerai beberapa bulan setelah menikah—seperti yang terjadi pada saya. Dan, itu pula yang terjadi pada penyair yang syairnya saya plagiat dulu.


KSI Pidie.jpg

Created by: @munawar87/Munawar Iskandar
Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
Anggota KSI Chapter Pidie


Sungguh indah, kita dipertemukan dan dipersatukan dalam komunitas yang saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran.

DQmQ8KXVkx7PjTmS2b8JwEModkPr8hC3o7Qg2z8uimMGmae.gif


Salam Kompak Komunitas Steemit Indonesia

IMG-20180320-WA0006.jpg

Semoga Tali Silaturrahmi Ini Terajut Menjadi Sebuah Ikatan Persaudaraan Yang Saling Memberdayakan

Sort:  

Ironi yang membawa berkah ataukah berkah berkah yang berujung ironi.
Semoga saja ini tidak terjadi di kehidupan nyata. Ga bisa dibayangkan isteri minta cerai gara2 suami ternyata ga bisa nulis puisi. Hana ta tuho ba muka teuh.
Contoh kasus yang aduen @munawar87 lansir disini sangat aneh menurut saya, terutama bagian ending dari sebuah hubungan. Terkesan seperti terlalu memaksakan figuran untuk mendukung naskah sebenarnya.
Pesan yang ingin disampaikan memang berhasil, tapi sekali lagi, penorehan kasus seperti menjadi titik terlemah dalam tulisan kali ini. Terkecuali bila ini memang kisah nyata.
Meu'ah aduen beh.

Hanya mengilustrasikan sebuah resiko. Hahahaha meski yang sebenarnya tidak lah demikian.

Benar, contoh yang sangat dipaksakan. Terimakasih atas masukannya brother @lamkote

Jeh, abg bisa juga main ilustrasi macam ni ya.. Sampe sedalam itu nilai fiksinya.. Wah mencak mencak aku bg.. Izin resteem bg.. Tamparan moral ini

Hehe Aku jadi tersanjung dibuatnya. Makasih banyak bg @zenangkasa atas apresiasinya.

Tulisan yang sangat menarik, menyedihkan dan prihatin.
Bagaimana kondisi orang-orang yang senang berplagiat dengan perilaku orang lain yang sering peudong meuseujid disampieng meunasah alias pasang dua?, ha ha ha.

Oohhh itu plagiat yang giat. Boleh atuuhh.. Mesjid untuk ibadah, meunasah untuk musyawarah. He he

Ha.. Ha..bagus juga cerita ini..
Ini pasti ada maknanya tersendiri..

Entah berantah..hehe

Plagiat tau diri, maaf saya mencuri barang anda

hehe betul tul..Jepang juga plagiat, tapi plagiat yang kreatif. Tidak ada yang benar-benar orisinil milik sendiri, bukankah ilmu di dapat dari hasil membaca milik orang lain? dan kemudian dicerna dan diolah menjadi milik sendiri..

Masya allah postingn yg sangat menarik.
trmksh bng @munawar87.
sangat pantas ta komen dengn mantap

Sangat menarik sekali,
Saya penasaran, cerita yang kanda @munawar tulis apakah memang begitu kebenaran nya??
Digugat cerai istri karena tau kanda sebenarnya bukan seorang penyair?? Maaf, sedikit kepo ni..

Setiap tulisan, representatifnya bukan berarti ditujukan kepada penulis..hehe

Hahaha,, maafkan saya kalau gagal paham kanda 😁🙏

hehe itu lumrah adanya.

Hahahaha.. Semoga ini hanya fiksi, bukan kisah nyata ya sobat @munawar87

poeh soh soh keudeh. hahaha

Kadang plagiat pun tak tahu mereka plagiat... 🤔🤔

Tentu tau, tapi tak mau kasih tau.hehe

Hahahhahaa...

wah tulisan yang sangat menyedihkan, mantal bg,lanjutkan menulis konten konten yang menarik

@donnyandrian Terima kasih atas apresiasinya kawan.

samasama kawan

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62934.09
ETH 3118.65
USDT 1.00
SBD 3.85