Ayah, Lelaki Tak Kenal Lelah

in #indonesia6 years ago (edited)

IMG_20180120_073858.jpg
Ada dua orang yang tidak akan pernah berani kilasan, di dalam hidupku. Walau terkadang, aku tahu mereka juga tidak selamanya benar. Tuhan telah menjadikan aku untuk benar- benar tunduk tanpa kecuali, sejauh mereka tidak mengajak ke jalan mungkar. Mereka adalah ayah dan ibu.

Aku baru benar-benar merasa betapa pentingnya peran seorang ayah, justru ketika beliau sudah kembali keharibaan Ilahi Rabbi. Ya, ketika beliau tidak lagi berada bersama kami.

Dua tahun setelah beliau berpulang, aku mulai menapak tilas rekam jejak yang ditinggalkan melalui karya dan petuahnya. Sebagai lelaki yang pernah merasakan betapa hidup susah tidak mengenakkan, bapak selalu mengajarkanku tentang berbagi dan berbakti.
Ya, lelaki yang hanya bisa membaca Qur'an itu, telah mengajari dan memberikakanku banyak hal. Cinta, pengorbanan dan juga kasih sayang.


Ayah adalah seseorang yang memiliki peran sentral dalam sebuah rumah tangga. Sebagai seorang pemimpin, ia selalu mengorbankan kenyamanan pribadi, demi menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi seluruh isi rumah tangga yang ia pimpin.

Maka tidak heran, bila sudah berkeluarga, seorang lelaki kerapkali berani menempuh resiko, menggadaikan keselamatan, mengorbankan kesehatan, hanya demi mencari nafkah bagi keluarga. Kerja mereka tentu penuh dengan persaingan dan risiko.

Dengan peluh bercucuran, dengan tubuh letih, mereka pulang ke rumah dengan rasa bangga, karena berhasil membawa rezeki untuk seluruh penghuni rumah.

Kala pulang, hanya dua hal yang diharapkan, sambutan hangat istri dan senyum ceria anak-anaknya. Dua hal itu adalah sesuatu yang paling mewah bagi seorang ayah.


Kini, aku telah menjadi seorang suami dan ayah bagi dua bocah yang sedang lasak-lasaknya. Setelah berjibaku setengah mati di luar rumah, hanya tiga hal yang saya harapkan: Senyum istri, sambutan ceria anak-anak dan doa restu dari ibunda.

Duh! Rasanya hilang sudah semua beban, ketika bisa berkumpul bersama mereka. Kini, aku benar-benar bisa meraba kebahagiaan yang pernah dirasakan oleh ayah. Sekembalinya dari rimba , ibu dan kami selalu menyongsong beliau dengan segenap keceriaan.

Sort:  

Izin koreksi sedikit yang bang..
Paragraf pertama "tunduo", peu bang, "tunduk" maksudnya?
Paragraf lima ada typo "berqni" kemudian kata "resiko" sebaiknya "risiko"

Terima kasih Bung @hayatullahpasee. Selamat telah menjadi ayah. Kini sama-sama kita belajar menjadi ayah.

luar biasa, kita semakin tahu bagaimana rasanya menjadi ayah...

Jadi baper saya bang @muhajir.juli Saya merindukan Ayah saya😭

@na2, kita semua merindukan ayah masing-masing. Karena merekalah, kita ada dan dikenal dunia. Mari selalu kirimkan doa untuk sang ayah.

Selelah apapun seorang Ayah dalam mengais rejeki untuk keluarga, pastilah akan segar kembali setelah berkumpul dengan anak dan istrinya. Sukses selalu ya...semangat

That true, brother. Memang asai ka droneuh komen, cit ka leumak mabok.

tulisan yang sangat menarik dan mampu menjadi motivasi agar mampu menjadi ayah yang baik untuk keluarga tercinta.

@alkhalidi92: Saya sangat senang, bahwa tulisan ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi antum. Wow, ayah memang luar biasa.

Mantap..
@putrasp siap meramaikan...

@putrasp: Ayo ramaikan. Tulislah tentang kenangan. Karena itu sangat indah.

Betul sekali bg,, karena menulis adalah bgian dari mencatat sejarah..

Ayahmu hebat, saya sempat melihatnya memikul balok bak panah dipundaknya ketika kita main ke teupin maneh dulu. Langkahnya pasti ketika membawa balok itu dipundaknya, dalam pikirku ini berat, namun beliau sangat menikmatinya :) allahummargfirlahu..

Beliau pernah bertanya: Si Deli yang Iran mameh jeh pu haba lawetnyoe? Beliau memang memiliki tenaga luar biasa. Saya pernah bekerja sama pada sebuah rimba, untuk memotong kayu. Lage cagee teuga geuh hai @dilimunanzar.

Ya ya Ya.. Saya melihatnya dengan mata kepala sendiri :D

Langsung ingat ma bapakku krn tulisan abg ni.
Berkat bapakku la sifat malasku jd berkurang, aku jd tau gmn rasanya nyari duit sendiri..
Mari kita doakan semoga dosa orang tua kita diampuni Allah.

@jamanfahmi, ayah kita adalah pahlawan kita. Petarung bagi keluarga masing-masing.

Salam @black-isr38. Tetap jaya dan tetap bertarung.

Siap. Terimakasih bg @muhajir.juli

Nyan nan jih angkoi eungkot..

Ka butoi njan bang.. Ha ha ha
Piye kabare iki mas?

That right. Nyan sekedar ilustrasi.

hi @muhajir.juli postingan yang berkualitas ini berhasil ditemukan oleh Team kurator OCD!

Balas komentar ini jika Anda bersedia postingan ini untuk dibagikan.Dengan menyutujui hal ini,anda mendapatkan kesempatan untuk menerima reward tambahan dan salah satu gambar dari postingan ini akan kami gunakan dalam kompilasi harian kami.

Ikuti @ocd- untuk mengatahui project kami lebih lanjut dan membaca postingan berkualitas yang lainnya.

@macchiata, oke saya sepakat postingan ini dibagikan. Terima kasih atas peluang dan kerjasamanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 65181.06
ETH 3405.23
USDT 1.00
SBD 2.48