I am Proud be Teacher #Aku Bangga Menjadi Guru #

in #indonesia6 years ago

imagesumber

Menjadi guru adalah cita-cita saya sejak kecil. Saya teringat sekali dulu waktu SD, setiap kali ditanyakan apa cita-cita saya oleh guru, saya selalu menjawab, "guru". Sementara teman-teman saya yang lain ada yang menjawab, poliisi, dokter, tentara, bahkan ada yang menjawab presiden, hehehe...anak-anak kalo ditanya cita-citanya kan selalu itu-itu jawabannya. Tapi entah kenapa saya selalu kekeh dengan jawaban saya itu, sementara saya sendiri tidak tau apa itu guru sebenarnya kala itu. Pokoknya asal ada yang menanyakan apa cita-citanya, saya selalu jawab "guru", pu hom, hehe.
image

image

Tanpa disadari dan direncanakan, entah itu kebetulan, entah itu memang sudah menjadi jalan hidup, cita-cita saya yang dulu yang selalu keluar dari jawaban polos seorang anak, kini telah terwujud nyata. Jawaban yang dulu hanya sekedar menjawab kala guru bertanya tentang cita-cita, kini telah membawa saya ke cita-cita yang sebenarnya.

image

Tepat di bulan Februari ini, saya telah mengabdikan diri menjadi seorang guru selama 15 tahun. Bukan waktu yang singkat tentunya. Selama 15 tahun berdiri di depan para generasi penerus Bangsa tentu banyak suka duka yang saya rasakan. Bermacam pola tingkah anak-anak sudah saya temui. Mulai dari yang baik, pintar, malas, nakal sampai yang lebih parah sekalipun sudah saya temui. Dan itu sudah menjadi makanan saya setiap hari. Pun demikian, saya sudah sangat mencintai pekerjaan ini. Jadi, hal-hal semacam itu tidak menjadi suatu rintangan bagi saya. Justru saya menikmatinya.

image

Selama 15 tahun menjadi guru, tentunya banyak hal-hal yang saya temui, baik itu yang menyangkut dengan siswa, maupun dengan internal warga sekolah. Belum lagi dengan pergantian Kurikulum yang silih berganti. Mulai dari Kurikulum 2004, 2006, KBK, KTSP, dan sekarang ada lagi Kurikulum K13. Semua itu menjadi satu paket lengkap pengalaman saya dalam berkarir.

image

‌Ada yang mengatakan, menjadi guru itu susah-susah gampang. Menurut saya itu tidak. Menjadi guru itu menyenangkan ketika kita sudah mencintai pekerjaan itu. Memang tidak dipungkiri, ada saat-saatnya kita dihadapkan dengan situasi yang tidak mengenakkan. Ketika menghadapi siswa yang butuh perhatian lebih, mungkin di situ kesabaran kita diuji. Menjadi guru memang harus sabar. Bukankah setiap pekerjaan juga pasti ada tantangannya? Salah satu tantangan bagi guru adalah ketika ada siswa yang "nakal". Di situlah keprofesionalisme kita tunjukkan. Kita akan merasa puas dan bangga pada diri kita sendiri, ketika bisa merubah watak si anak menjadi kebih baik. Itu satu kenikmatan tersendiri bagi guru (pengalaman pribadi).Kalau kita hanya mampu mengajar dan mendidik anak-anak yang akhlaknya sudah bagus dari sono nya, itu gamapng dan siapapun bisa. Tapi menjadikan akhlak sisawa yang kurang baik menjadi siswa yang baik dan mau belajar dengan rajin, itulah pencapaian yang luar biasa bagi guru. Memang tidak mudah, tapi kalau kita ikhlas dan sabar Insya Allah pasti bisa.

image

‌Menjadi guru itu menyenangkan. Walaupun gajinya pas-pasan, kata orang "hanya cukup buat makan", hehe, tapi itu akan menjadi "berkah" apabila kita mensyukurinya.

image


‌Sahabat steemian di manapun berada, ini saja pengalaman saya yang bisa saya bagikan secara singkat. Mungkin kalau saya ceritakan semuanya, tidak sanggup kalian membaca karena terlalu panjang. Jadi hanya ini saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terimakasih, salam steemit @muaziris.

Sort:  

luar biasa pak, cita-cita nya sangat mulia. Semoga makin banyak guru yang berpikiran seperti bapak. karena menurut saya sangat berbeda antara mendidik dengan sekedar mengajar. Murid membutuhkan guru yang dapat mendidiknya dgn sabar, semoga bapak dapat mengispirasi dan menjadi pelita untuk dunia. Aamiin

Aminn... Mudah2an kita smua, terkhusus untuk para guru, smg kita mnjadi org yg ditunggu2 oleh siswa kita.

Pahlawan tanpa tanda jasa....profesi yg sangat mulia....di SMP Pat tugas pak muazir.?

Di SMP Negeri 4 Lhoksukon kanda @nasirage

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59538.61
ETH 2658.79
USDT 1.00
SBD 2.45