My theory about Leadership

in #indonesia6 years ago

image
Kepemimpinan adalah salah satu sikap/cara kita dalam menuntun dan mengarahkan seseorang kepada tujuan tertentu. Banyak jenis dan sifat kepemimpinan seseorang, tentunya tidak semua pemimpin itu punya cara memimpin yang sama.
Saya pernah membuat riset tentang kepemimpinan, saya memanfaatkan jabatan saya di salah satu organisasi di Aceh Utara, Aceh, Indonesia.
Saya memakai cara kepemimpinan yang pertama yaitu dengan cara lemah lembut dan dan lebih pendiam, di cara ini saya bersikap lebih pendiam, hanya berbicara ketika memberi intruksi. Tetapi dengan cara ini bawahan saya menganggap saya lemah dan tidak punya jiwa pemimpin, sehingga setiap intruksi saya terkadang tidak di gubris.
Kemudian saya mengubah pola kepemimpinan saya menjadi agak lebih "diktator". Saya kerap kali mengancam ketika memberi intruksi dan menyatakan ancaman saya ketika ada bawaham saya yang membuat kesalahan. Ternyata cara ini menimbulkan pro dan kontra, ada yang mematuhi setiap perintah saya dan lebih segan kepada saya dan yang lainnya malah mundur dari kepemimpinan saya.
Disini saya tau bahwa baik buruknya cara memimpin kita tergantung pada siapa yang kita pimpin. Bawahan kita juga punya prinsip tertentu terhadap pemimpinnya. Dan yang paling penting dalam kepemimpinan adalah cara kita memberi intruksi kepada bawahan kita. Baik cara kita memberi perintah maka baik respon bawahan kita sehingga kerjanya sempurna, sebaliknya apabila burik cara kita memberi perintah maka buruk pula respon bawahan kita sehingga pekerjaan amburadul atai malah dia tidak akan mendengarkan apa yang kita perintah.

Sort:  

Congratulations @mrendyf93! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 1 year!

Click here to view your Board

Do not miss the last post from @steemitboard:

Valentine challenge - Love is in the air!

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @mrendyf93! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Do not miss the last post from @steemitboard:

Valentine's day challenge - Give a badge to your beloved!
Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64294.06
ETH 3427.66
USDT 1.00
SBD 2.59