Sumber Energi Fosil Akan Habis "Biogas Dari Kotoran Sapi" Solusinya

in #indonesia6 years ago

Semasa dibangku kuliah tahun 2013 saya belajar yang namanya energi terbarukan.

Saat itu dosen mengatakan bahwa "energi fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam akan habis".

Ternyata bukan hanya dosen saya yang mengatakan seperti itu. Tahun 2016 saya pernah membaca salah satu artikel di media berita. Ada seorang peneliti di Laboratory of Electric Machinery , Department of electrical and Electronic Engineering, Kitami Institude of Technology Hokkaido Jepang bernama Marwan Rosyadi mengatakan "energi fosil akan habis pada 2050 mendatang".

Wauw, menurut saya ini adalah salah satu problematika dunia. Mengingat energi adalah salah satu kebutuhan pokok, bukan hanya manusia namun bumi dan alam juga membutuhkan energi.

Nah, kembali lagi pada cerita di bangku kuliah saya. Untuk menanggapi persoalan energi, sebagai mahasiswa akhirnya saya dan teman-teman saat itu membuat penelitian sebagai tugas mata kuliah "energi terbarukan". yang menjadi objek utama saat itu adalah kotoran ternak hewan (sapi), dimana itu disebut sebagai biogas.

Lalu apa itu biogas?

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya : kotoran hewan, limbah domestik rumah tangga. kandungan utama biogas adalah metana dan karbon dioksida. Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar maupun untuk menghasilkan listrik.

mega biomas.png

Berikut adalah praktek bahan sederhana yang kami gunakan untuk membuat biogas.

  1. Galon air kapasitas 19 liter
  2. Ban dalam mobil yang tidak bocor
  3. Pipa PVC
  4. Selang
  5. Seal tape
  6. Lem pipa
  7. Sambungan pipa siku
  8. Kran terusan
  9. Perloop ring (adaptor pipa PVC)
  10. Keni sambungan pipa

Untuk bahan baku biogas kami memakai kotoran sapi.
Peralatannya:

  • Gergaji
  • Besi
  • Obeng dan
  • Gunting

mega biomass.png

Alhamdulillah pengujian biogas dari kotoran sapi berhasil. Nilai yang kami peroleh A untuk mata kuliah tersebut. hehe

Saya berharap biogas itu terus dikembangkan di Indonesia. Karena saya berdomisili di Aceh saya ingin sekali metode biogas ini diterapkan di Aceh sebagai pengganti energi fosil sebagai sumber energi.

Sort:  

Gas kedepannya semakin langka , semoga ada solusi untuk kedepannya melalui biogas ini , good luck for u

yahh itu harapannya. untuk meminimalisir pemakaian energi fosil. biogas juga bisa jadi salah satu solusinya.

Mantaaap

Good read. But i'm also the guy that puts everything into BTC hoping to get rich.

What is BTC ?

hai,. I am new in steemit, and I was vote and follow you, please follow back and vote my post
https://steemit.com/steem/@danishguree/prediksi-harga-saham-steem-dan-sbd-naik-kembali-pada-maret-2018

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61153.73
ETH 3403.85
USDT 1.00
SBD 2.51