THE DIARY GAME ( jum'at 16102020 )

in #indonesia4 years ago

IMG_20201012_065932.jpg
Mentari Pagi

Assalamualaikum ww, dan Selamat Pagi sahabat steemian di mana pun anda berada . Semoga hari ini lebih baik dari hari hari kemaren .

Ketika saya mau tidur malam, hampir tak pernah lupa untuk menyetel alrm agar terbangun di waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan demi kegiatan esok harinya. Kerena itu saya selalu bangun sebelum shalat subuh dimulai.

IMG_20201009_053610.jpg
Air zamzam

Selesai shalat subuh kami peseta jamaah tidak langsung pulang kerumah melainkan meneruskan kegiatan ba'da subuh yaitu minum air zamzam walau sedikit agar tenggorokan tidak kering. Setelah minum air zamzam baru dimulai selawat kepada Nabi yang dilaksananakan rutin setiap jum'at subuh.

IMG_20201014_185823.jpg
Zakir bersama

Pukul 6.15 wib kegiatan subuh pun selesai dengan ditandai do'a yang dibacakan oleh imam besar mesjid agung Baiturrahim Lhoksukon .
Langsung saja saya turun tangga mesjid untuk segera kembali kerumah, tapi sebelumnya saya mampir dulu ke warung untuk membeli nasi bungkus mini untuk saya, anak saya dan istri saya.

IMG_20201012_080050.jpg
Tiba di sekolah

Selesai sarapan saya berangkat kerja karena waktu sudah menunjukkan pukul 07.30 wib. Lima menit kemudian sampai di sekolah , saya langsung menanda tangani jurnal dan memaraf absen kehadiran . Pukul 07.45 bel berbunyi bertanda waktu belajar akan segera dimulai .

Hari ini hari jum'at biasanya kami beserta siswa membaca yasinan di halaman sekolah . Karena masih dalam keadaan Pandemi, demi mematuhi protokol kesehatan dan saling jaga jarak, maka yasinan ditiadakan. Akan tetapi kami hanya membaca ayat ayat pendek dan do'a sebelum belajar di dalam kelas masing masing .

IMG_20201014_102858.jpg
sedang baca do'a

Lima belas menit berlalu tepat pukul 08.00 wib, pelajaran dimulai dengan diawali pelajaran Bahasa Indonesia . Dengan tekun si murid mengikuti penjelasan guru. Pelajaran demi pelajaran telah dilalui dengan baik. Tak tarasa waktu pulang sekolah pun tiba. Selama masa Pandemi tidak diberlakukan jam istirahat, Karena waktu belajar disingkat sampai pukul 10.30 wib.

Begitu bel berbunyi tiga kali bertanda waktu pulang telah tiba, semua kelas terdengar bacaan do'a sebagai tanda pembelajaran hari ini telah berakhir.
Setelah itu anak anak memberi salam kepada guru dan keluar dari kelas satu persatu dengan t eratur . Saya pun bergegas pulang langsung ke rumah.

Sampai di rumah saya langsung mempersiapkan diri untuk melangkah ke mesjid. Makan siang, mandi dan berpakaian rapi selalu saya lakukan sebelum saya berangkat ke mesjid.
Sampai di mesjid pukul 12.15 wib , langsung saja saya kerjajakan shalat sunnah tahiyutul mesjid dua raka'at.

IMG_20201016_124921.jpg
Mendengarkan khutbah jum'at

Azan zuhur berkumandang bertanda shalat jum'at akan segera dilaksananakan.
Khatib sudah berada di atas mimbar siap membacakan khutbahnya.
Saat khatib membacakan khutbahnya, semua jamaah dalam keadaan i'tikaf mendengarkan apa yang disampaikan oleh khatib. Tak terasa khatib pun telah menyelesaikan tugasnya, dan turun dari atas mimbar menyatukan dirinya dalam saf terdepan.

Tepat pukul 14.00 wib semua rangkaian jum'atan telah saya kerjakan dengan sempurna.
Saya buru buru pulang kerumah karena terlihat cuaca sangat mendung. Biarpun kata orang "mendung bukan berarti hujan " tapi menurut saya " justru datang nya hujan diawali dengan mendung ".

Benar dugaan saya hujan pun turun dengan lebatnya desertai klat dan petir. Andai saja saya berani memotret saat hujan dan petir datang tadi siang, kan ada bukti untuk sahabat steemian saat membaca thediarygame saya. Tapi saya betul betul minta maaf karena tidak dapat saya tampilkan fotonya.

Derasnya hujan dan kerasnya suara petir , membangunkan saya dari tidur. Kebetulan azan a'shar pun berkumandang disaat hujan turun. Bergegas saya keluar menampung air hujan untuk dapat digunakan beberapa keperluan .
Karena menurut kabar dari petugas PDAM, tiga hari ke depan kami tidak dapat menditribusikan air ke rumah rumah dan ke pertokoan , karena pipa induk pecah. Allah pun menjawab dengan kuasaNya menurunkan hujan. Karena berita itulah saya menampung air hujan tadi , walau pun saya ikut basah, ya mandi sore aja sekalian.

Kali ini saya mengerjakan shalat a'shar di rumah saja, biasanya berjamaah di mesjid.
Hujan telah reda, saya pun malas keluar rumah karena halaman rumah saya becek. Biasanya setelah shalat a'shar saya nongkrong bersama teman bisnis saya di warung sambil ngopi bareng .
Jadi saya tetap di rumah saja sambil menunngu datangnya waktu magrib.

IMG_20201016_182556.jpg
berangkat ke mesjid

Tak lama kemudian azan magrib pun terdengar sampai ke rumah saya, memang tidak jauh mesjid dengan rumah saya. Karena itulah saya sering cerita tentang kegiatan harian saya selalu ada hubungannya dengan mesjid.

Tak menunngu lama lagi saya pun bergegas berpakaian dengan rapi dan langsung berangkat ke mesjid. Begitu sampai ke mesjid, saya parkir kan kenderaan lalu ke tempat wudhuk untuk berudhuk.

IMG_20201016_183119.jpg
tempat wudhuk

Setelah berudhuk lalu kami mengatur saf yang rapi untuk melaksanakan shalat magrib berjamaah . Karena sibuk foto foto untuk sebuah dokumen, akhirnya saya mendapatkan tempat di saf ke dua.
Saya tidak langsung pulang ke rumah setelah selesai shalat magrib, tapi tetap di mesjid berzikir sambil menunngu datangnya waktu Insya.
Pulang ke rumah menjumpai keluarga kecil ku setelah shalat insya saya kerjakan.

IMG_20201016_183843.jpg
luruskan saf

Pukul 21.00 wib saya bersama istri keluar rumah sebentar Ingin mencari makan malam. Isteri saya rupanya tidak menyediakan makan malam , katanya karena tidak ada air , kan PDAM nya sedang memperbaiki popa yang bocor.

IMG_20201016_231121.jpg
warung nasi

Demikian kegiatanku hari ini lebih dan kurang saya mohon pamit Karena waktu istirahat telah tiba.

Semoga para sahabat steemian sudi kiranya mampir di post saya untuk memberi tanggapannya Serta kritikan dimana yang masih kurang atau tidak sesuai penempatan kata kata.

Terimakasih sebesar besarnya kepada :

Ibu @ernaerningsih, @steemcurator08 , @hhusaini , @steem.sea , @anroja, @mroja, @inwi, @nazarul, @pakhusaini , @ss55 , @m8m , dan para sahabat steemian Indonesia.
Yang selalu mendukung dan membimbing saya.

Wassalam,

By @marsal01

Sort:  

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Terimakasih atas dukungan dan bimbingan nya @steencurator08

Semoga Anda selalu sehat walafiat...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56677.48
ETH 2329.02
USDT 1.00
SBD 2.36