Ternyata Seni Batik Tulis Tidak Susah

in #indonesia7 years ago

Menjelang sore hari ini warga Ikatan Keluarga Bukit Panggoi Indah (IKBPI) disambangi oleh seorang anak negeri yang sudah lama melanglangbuana diluar sana. Beliau akrap disapa pak Luth Saja, seorang pemerhati lingkungan lulusan PhD Ecology Université de Rennes 1 di Prancis yang sudah lama menetap di Jakarta.

Ini bukan kali pertama beliau datang ke Lhokseumawe Aceh, tetapi masa remaja beliau pernah dihabiskan di Kota Lhokseumawe sebagai pelajar tentunya. Dalam bincang singkat beliau mengatakan bahwa mengembangkan seni batik tulis bukanlah hal sangat rumit tetapi sesuatu yang dapat dicapai dengan pengalaman dan terus mencoba sesuatu yang baru.

Peserta pelatihan Seni Batik Tulis kali ini yang terdiri atas masyarakat di sekitar komplek BPI mengikuti semua arahan dan petunjuk dengan antusias meskipun batik tulis bukan merupakan budaya masyarakat Aceh.

Pelatihan Seni Batik Tulis1.jpg

Pak Luth membimbing peserta dengan sangat menawan karena menyangkut seni dan keindahan, demikian kata beliau.

Pelatihan diawali dengan memperkenalkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat batik tulis. Misalnya kain katun dengan bahan alami, canting, gawangan, lilin, panci dan kompor dan larutan pewarna yang tentunya harus 100% alami. Proses pembuatannya sendiri tidak terlalu susah karena harus diawali dengan membuat desain, melukis dikain, menutupi bagian yang tidak perlu, mewarnai, melukis kembali dengan canting, membati, ngelorot dan mencuci kain batik. Sederhana bukan?.

Beberapa hasil karya peserta selanjutnya diperiksa dan diamati oleh Pak Luth. Dan ini hasil latihan singkat hari ini.

Batik1.jpg

Batik2.jpg

Batik3.jpg

Mengagumkan bukan?. Sederhana tapi kaya makna.

Para peserta yakin bahwa suatu saat nanti komunitas IKBPI dapat menjadi model dan contoh bagi pengembangan batik tulis khas Aceh dengan nilai seni yang tinggi dan menjadi maha karya yang luar biasa bagi pengembangan ekonomi daerah berbasis kreativitas dan inovasi. Aamiin

Sort:  

Postingan yang bagus kawan, saya sangat senang bisa melihat postingan Anda. Saya mencoba menyimak dengan baik dan berharap bisa mendapatkan sesuatu yang berarti. Akhirnya sesudah melihat sampai akhir saya menemukan informasi, pengetahuan dan pengalaman terbaru melalui postingan anda.

saya berharap kita akan terus bisa berkomunikasi dan bertukar informasi melalui media ini. saya mencoba untuk mengikuti dan mensupport untuk upvote anda meski SP saya terbilang masih lemah, Namun perlahan-lahan saya mencoba untuk meningkatkan itu, saya merupakan pendatang baru di Steemit dan baru bergabung pada 1 Agustus lalu, meskipun baru terbilang pengguna baru, sekarang rating saya sudah di posisi 47, bagaimana itu bisa terjadi ? saya punya trik dan cara tersendiri yang sudah saya pelajari sebelumnya pada saat mengelola sebuah website pribadi, yang disebut dengan SEO. Saya tidak bermaksud untuk mempromosikan diri, saya hanya ingin sedikit berbagi dan merasa senang jika anda ,menghargai itu, mohon maaf bila sudah hadir dikolom komentar anda, senang bisa berkenalan dengan Anda, saya harap ini akan berkelanjutan, terimakasih.

saya punya postingan terbaru yang mungkin bisa anda simak untuk menambah wawasan dan informasi Anda. Selamat menikmati !

https://steemit.com/indonesia/@ponpase/tradisi-unik-ini-sudah-ada-sejak-kesultanan-raja-aceh-there-is-a-unique-celebration-in-aceh-2017830t03417487z

@ponpase .. terima kasih saya juga pendatang baru . Hari ini tepatbya 32 hari saya bergabubg di steemit .. benar kita di steemit itu saling berbagi berbagai hal, dan akan lebih menarik lg di saat kita bisa memberikan conten atau isi dari postingan kita yang menjadi inspirasi bagi steemian lain.

Saya yakin Pak @mariyudi bisa memberikan itu .. banyak hal temuan beliau yang belum kita baca .. dan kita tunggu saja ulusan2 beliau untik kita semuan

Terus menulis .. krn dengan menulis apa yg kita pikirkan akan di ketahui oleh orang

Terus menulis karena apa yg kita dapatkan akan kita berikan juga buat orang.

Salam

@steem77

Terima kasih bung @steem77. Dukungan teman-teman dapat menjadi motivasi penambah semangat bagi saya dalam menulis

Terima kasih @ponpase atas komentar yang sudah diberikan. Saya juga berharap demikian, semoga Steemit dapat menjadi media silaturrahmi dan mempererat persahabatn kita

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 57190.65
ETH 2409.68
USDT 1.00
SBD 2.28