Memahami Sisi Berbeda Issue Jual Aset Pertamina

in #indonesia6 years ago (edited)

Sekarang sedang hangat issue penjualan asset Pertamina oleh Pemerintah, sampai ada demo segala. Kita ga ngerti apa maksud para pejabat-pejabat kita. Curiga untuk waspada perlu, tapi juga perlu rem untuk enggak jatuh jadi suudzan yang berlebihan.

demopertamina.jpg

sumber

Begini, Pertamina itu bisnisnya guede…kata para ahli, bisnis sambil merem pun Pertamina untung. Saking gampangnya untung, maka banyak yang ingin nimbrung dapet bagian untung walaupun sebenarnya perannya ga perlu. Maka kongkalingkong menggerogoti untung Pertamina untuk pribadi sudah biasa lah. Begitu pendapat sebagian pakar. Ingat petral yang dibubarkan.

Gampangnya begini. Misal saja ya. Saya buka bisnis catering. Saat bisnis saya besar, ada teman baik yang ga punya kerja datang dengan membawa ide. “mas Bro, bagi-bagi untung dong. Kita buat usaha kardus kemasan cateringmu ya. Pake modalmu, aku yang njalanin.” Karena kasihan, akhirnya kubuatlah usaha kemasan untuk catering saya. Padahal saya lebih untung beli kemasan di pasar daripada buat sendiri. Tapi enggak enak sama temanlah, itung-itung bagi rejeki. Nah karena ini bisnis pribadi, tentu ini baik. Lha bagaimana kalo perusahaan itu milik negara yang namanya Pertamina, mosok dikelola model catering saya, begitu. Ingat obrolan Pak Setnov dengan Pak Riza Chalid dulu, bagaimana proyek disiapkan.

Kembali ke catering saya, usaha perlu disehatkan. Saya jual saja tuh usaha kardus kemasan saya daripada menggerogoti untung. Teman saya pasti protes, tapi apa boleh buat, daripada saya bangkrut. Itu sisi lain sebuah alasan. Mana yang benar, wallahu a'lam, wong kita bukan pejabat terkait. Kebenaran biasanya akan terungkap justru setelah menjadi sejarah.

---------------------------------------------------
22 Juli 2018
at the corner of Taipei

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67363.69
ETH 3247.42
USDT 1.00
SBD 2.66