Surga Itu Bernama Ranu Kumbolo - The Paradise Is Ranu Kumbolo

in #indonesia7 years ago (edited)

[IND-ENG]

Catatan Perjalanan
Berbekal tiket pesawat promo salah satu maskapai penerbangan yang saya beli 8 bulan lalu, akhirnya pagi itu saya tiba di Bandara Juanda Surabaya, Indonesia. Didalam bandarapun saya masih belum menentukan mau kemana di Surabaya ini. Saya singgah ke sebuah outlet makanan cepat saji, dan memesan makanan, berharap bisa menemukan inspirasi akan berjalan kemana. Tampak dalam pengamatan saya, sekelompok anak muda memakai tas rangsel hilir mudik di bandara. Saya pun menghampiri mereka untuk berkenalan. " Hai.. Saya Sani, kalau boleh tau kalian mau kemana?" mereka balik menyapa dan salah seorang dari mereka menjawab " Kami dari Jakarta dan hendak mendaki Gunung Semeru". kami terlibat obrolan hangat dan tak lama berpisah, karena mereka sudah dijemput dengan teman mereka. Saat itu juga kuputuskan untuk ke Taman Nasional Gunung Semeru.

Travelog
Finally, I arrive in Juanda Airport, Surabaya, Indonesia, used my promotion tickets that I bought 8 months ago. I still not decided where to go in Surabaya. So, I go to a fast food outlet, and ordered food, hope to find inspiration where my destination for next 4 days?. Seen in front of me, a group of young people wearing backpack at the airport. I also approached them to make friend. "Hi .. I am Sani, may I know where you want to go?" They say hello and one of them answer "We are from Jakarta and we will climb Mount Semeru". Not take long time our conversation over because they have been picked up with their friends. In that time, I decided to go to Mount Semeru National Park.

Setelah searching dari Google, saya pun berangkat ke kota Malang, dilanjutkan ke desa Tumpang. Di pasar Tumpang, saya mencari transportasi ke Ranu Pani. Karena saya sendirian, saya pun melobi sana sini untuk join Jeep atau truck. Sore itu saya tiba di desa Ranu Pani (2100 mdpl) dengan menumpang truck rombongan pendaki dari kota Solo. Saya menyewa sebuah kamar untuk menginap. Suasana malam sangat ramai. Banyak pendaki dari berbagai kota berkumpul disini. Dengan pertimbangan persiapan yang kurang dan saran dari berbagai kenalan pendaki, malam itu saya memutuskan bahwa esok untuk ke Ranu Kumbolo.

I search from Google how to get Mount Semeru National Park. I have to go to Malang city, and than continued to the village Tumpang. In the Tumpang market, I search transportation to Ranu Pani. Because I am alone, so I have to looking for group to join. I get it, join with groupnfrom Solo city, with truck. I arrive to Ranu Pani (21000 mdpl) in the afternoon. I rent room to stay. Many people in Ranu Pani, atmosphere is very crowded. Many climbers from different cities gather here. I already discuss with people and decide not go to Ranu Kumbolo, because I lack of preparation., that night I decided that tomorrow to Ranu Kumbolo.

Pukul 09.00 pagi saya telah selesai registrasi pendakian. Dengan penuh antusias dan semangat saya pun melangkah mendaki, bergabung dengan para pendaki lain. Jalur pendakian sudah ada, jalanpun tidak terlalu terjal. Pos yang kita lewati adalah Lendengan Dowo dan Watu Rejeng. Selama perjalanan kita disuguhi pemandangan hijaunya hutan, banyak pohon Alkasia, aneka binatang hutan dan bunga bunga hutan. Tak terasa sudah hampir empat jam perjalanan. Letih mulai mendera. Persiapan air minumpun telah habis. Ditengah keletihan dan kehausan tersebut, tiba tiba seseorang berteriak "Ranu Kumbolo... !!"
Mata sayapun terbelalak belihat pemandangan dihadapan. Sebuah surga dikaki gunung Semeru. Ranu Kumbolo, saya datang.

At 09.00 am I already registration. With enthusiasm and spirit I stepped up and joining to the other climbers. I passed rest area in Lendengan Dowo and Watu Rejeng. During the journey we see the greeny of forest. Many trees of Alkasia, various animals and flowers. It was almost four hours away. I feel tired and my water nearly over. Suddenly someone yelled "Ranu Kumbolo ... !!" My eyes widened sight of the view. A paradise at the foot of Mount Semeru. Ranu Kumbolo, I am coming.

Ranu Kumbolo (2400 mdpl)

Ranu Kumbolo adalah danau air tawar dikaki gunung Semeru. Danau ini luasnya kurang lebih 15 hektar. Disini merupakan tempat favorit para pendaki bermalam. Saat saya tiba, telah banyak tenda tenda pendaki yang didirikan. Ada aturan aturan yang harus dipatuhi di danau ini, yaitu tidak boleh berenang, tidak boleh mencuci, tidak boleh menebar benih ikan, tidak boleh buang air kecil dan buang air besar. Buang sampah pun tak boleh sembarangan. Kita hanya diperbolehkan mengambil air untuk kebutuhan camping.

Karena saya tak bermalam, maka menjelang sore saya dengan berat hati meninggalkan Ranu Kumbolo. Saya pun bergabung diantara beberapa pendaki yang pulang ke Ranu Pani. Dalam perjalanan saya berharap dalam hati, kelak saya akan kembali.

Ranu Kumbolo is a lake at the foot of Mount Semeru. The lakes area is ​​approximately 15 hectares. Here is a favorite place for climbers to stay and camping. There had been many tent near the lake. There are rules that must be obeyed in this lake, that is not allowed to swim, can not washing, should not spread new fish, should not urinate and defecate. Dont make trash. We are only allowed to take water for camping needs. Because I did not camping, so I have to go back, leaving Ranu Kumbolo. I join with some climbers who returned to Ranu Pani. Goodbye Ranu Kumbolo, hope someday I will return.

Catatan :
Persiapan Perjalanan ke Ranu Kumbolo :

1. Persiapan fisik. Sebaiknya sebelum pendakian berolah raga jalan kaki atau berari.
  2. Bawa pakaian gunung dan atributnya, termasuk jaket.
  3. Bekal logistik : Air minum dan bekal secukupnya. Di tepi Ranu Kumbolo ada kedai yang menjual makanan dan minuman dengan harga dua kali lipat dibanding harga di Ranu Pani.
  4. Jika butuh porter, ada jasa porter di Ranu Pani.
  5. Administrasi : Fotocopy identitas diri / KTP, surat keterangan sehat dari Dokter dan mengisi daftar atas barang yang dibawa.

Perkiraan Budget (IDR) ke Ranu Kumbolo :

1. Airport Juanda ke Malang by Travel 100k
  2. Malang ke Tumpang by Angkot 15k
  3. Pasar Tumpang ke Desa Ranu Pani by Truck 50k
  4. Penginapan di desa Ranu Pani 75k
  5. Tiket Registrasi perijinan 22,5k

Notes :
Preparation trip to Ranu Kumbolo :
1. Physical preparation. We should doing exercise one mount before go to Ranu Kumbolo.
2. Use mountain clothes, like jacket.
3. Bring logistic, mineral water and some foods.
4. In Ranu Pani we can use porter if needed.
5. Administration, copy of Identity, Healthy Letter from Doctor. Make list what we bring to Ranu Kumbolo.

Estimation Budget (IDR) :
1. Juanda Airport, Surabaya to Malang city by Travel 100k
2. Malang city to Tumpang Village by Angkot 15k
3. Tumpang Market to Ranu Pani>quote Village by Truck 50k
4. Homestay in Ranu Pani 75k
5. Registration 22,5k

nice post kakilasak, pemandangan yang sangat indah, ini kan menjadi pengalaman yang berharga bagi anda, dan sangat menyenangkan tentunya. saya sendiri belum pernah ke danau ranu kumbalo, tapi saya sudah penah membaca tentang keindahan2 danau itu. terimakasih telah berbagi, postinganmu sangat menarik., 👍

Luar biasa keindahannya...

Ciptaan Allah :)

Hmmm.. memang indah di sana... next time naik ke semeru, puncak B29 dan ke air terjun tumpak sewu yah...

Sangat indah tempatnya @kakilasak. Terima kasih banyak telah berbagi keindahan. Minimal saya sudah melihat dari postingan kamu ini..hehe

Hehe, smoga bro bisa ksana kelak :)

Insya Allah kalo ada rejeki saya ajak bersama keluarga :-)

Danau yang sangat indah @kakilasak
Saya bisa membayangkan suasana yang sangat tenang dan jauh dari kebisingan, sangat cocok untuk berliburan bersama keluarga.
Terimakasih telah berbagi, cuti tahun depan mungkin saya akan mengajak keluarga kesana.

Woww.. Aminn. Memang Indah :)

Saya harus ketempat ini.
Tempat yang indah

Aminn. Smoga tercapai bro :)

Luarrr biasaaa bang, pakat2 yaaaa

Paket paket :)

Weeess....kumplit plit. Keren banget ternyata. Lha sy yg org jawa timur aj blm pernah kesini. Betul2 lasak nih kakinya @kakilasak 😁

Wahhhh... Blm pergi mas? Bgsss bgtttt huhu

Hahahaha.....ini mbak, bukan mas 😂. Sy agak paranoid naik gunung. Takut hipotermia

Sungguh pemandangan yang indah nan asri @kakilasak. Tempat ini bisa menjadi tempat rekreasi dan penghilang stres. Dengan pemandangan danaunya yang indah dan udara yang sejuk membuat kita menjadi fresh atau segar kembali. Danau memang merupakan salah satu tempat wisat yang menjanjaikan bagi travelel sejati. Mendaki gunung lewati lembah sungai megalir indah ke samudera. Bersama teman teman berpetualang menjaga hati ini untuk tetap suci. Terus berkarya @kakilasak kapan kapan ajak kami

Kayak ninja hatori la kami ni hehe. Makasih bro, insyaAllah tar buat team steemit lasak :)

Akhirnya done tulisan tentang tempat laksana surga ini.. Good job bro! Luar Biasa... Steem On!