Promosi Steemit di Kota Cimahi Bersama Mariska Lubis

in indonesia •  4 months ago

000-Mariska Lubis.jpg

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar sahabat Steemian di seluruh penjuru tanah air? Semoga anda semua tetap dalam keadaan sehat wal'afiat dan masih bersemangat berbagi ilmu dan pengalaman melalui tulisan.

Sahabat Steemian, saya ingin berbagi cerita tentang aktivitas hari ini, (Rabu, 6/12/2017) di Kota Cimahi. Seperti biasa, saya rutin mengadakan pelatihan menulis di Kantor Perpustakaan Umum Pemkot Cimahi yang terletak di Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi. Namun, ada yang istimewa kegiatan hari ini, karena saya kedatangan tamu penting, yaitu Teh Mariska Lubis, S.E., M,Int.S.

Siapa yang tak kenal Mariska Lubis? Beliau adalah seorang penulis di berbgai media yang sudah menerbitkan banyak tulisan, baik berupa buku maupun artikel. Beliau pernah menjadi blogger terpopuler se Indonesia versi Kompas - Gramedia dan memimpin berbagai media nasional. Beliau juga kini dipercaya sebagai Kurator Indonesia untuk OCD.

000-Mariska Lubis2.jpg

Selain itu, Mariska Lubis juga memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam mengajar ilmu kepenulisan. Beliau sudah lebih dari 15 tahun mengajar menulis di berbagai wilayah Indonesia dengan menggunakan "Teknik Imajinasi" yang mengarahkan pada pembentukan pola pikir menuju masa depan cemerlang.

Seperti biasa, tadi pagi saya datang lebih awal. Sekitar pukul 08.00 WIB sudah ada di perpustakaan dan bergerak ke lantai dua. Biasanya saya dan teman-teman yang mau belajar menulis kumpul di lantai satu, tetapi karena setiap akhir tahun sedang ada kegiatan stock opname, lantai satu sudah penuh dengan buku yang masih berantakan, siap untuk didata dan ditata ulang. Oleh sebab itu petugas memberikan tempat berkumpul di lantai dua.

Sampai di atas, ternyata beberapa orang peserta sudah menunggu. Saya pun segera mempersiapkan diri mengajar. Kebetulan ada satu orang peserta yang baru ikut pelatihan, sehingga saya putuskan untuk mengulas pelajaran sebelumnya, agar peserta baru tersebut bisa segera mengikuti materi selanjutnya.

Materi yang saya berikan hari ini masih seputar motivasi menulis, cara mencari ide, dan teknik menulis menggunakan metoda "free writing". Usai mengulas materi, biasanya saya beri kesempatan kepada peserta untuk bertanya, sehingga terjadi dialog dan komunikasi dua arah antara saya sebagai narasumber dan peserta pelatihan. Sesi ini saya berikan sekitar satu jam.

Menjelang pukul 09.00 WIB, teh Mariska datang. Beliau saya kenalkan dengan para peserta yang memang sedang menanti kehadirannya. Memang sebelumnya sudah direncanakan akan ada sesi sharing bersama beliau pada pukul 09.00-10.30 WIB. Selain itu, hadir pula Kang Bahar Malaka, seorang pelukis terkenal asal Kota Cimahi, Kang Yuda, seorang dosen dan pendiri Taman Bacaan Citapen Berkah Kabupaten Bandung Barat, dan Teh Ahda Jaudah, pengurus Komunitas Penulis Kreatif (KPKers) Bandung Raya.

000-Mariska Lubis3.jpg

000-Mariska Lubis4.jpg

Usai tugas mengajar, saya serahkan kelas kepada Teh Mariska. Kemudian beliau pun memperkenalkan diri sambil menjelaskan secara panjang lebar tentang Steemit. Para peserta yang hadir tampak menyimak dengan serius semua pemaparan yang disampaikan oleh Teh Mariska. Beliau menyampaikan materi dengan santai santai dan penuh keakraban, sehingga membuat suasana kelas terasa hidup dan menyenangkan.

Banyak cerita menarik yang disampaikan oleh Teh mariska, terutama mengenai sejarah keberadaan Steemit di Indonesia dan dampaknya terhadap eksistensi penulis. Beliau juga membandingkan kelebihan Steemit dengan berbagai platform kepenulisan yang ada di tanah air. Salah satu hal menarik dan mendapat perhatian cukup besar dari peserta adalah reward yang diberikan oleh Steemit terhadap penulis. Bagi peserta, informasi yang disampaikan tersebut dinilai sangat positif dan menjadi angin segar bagi penulis untuk berkarya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

000-Mariska Lubis5.jpg

000-Mariska Lubis6.jpg

000-Mariska Lubis7.jpg

Pada kesempatan tersebut Teh Mariska mengajak para peserta untuk bergabung di Steemit dan saat itu juga semua peserta secara antusias merespon ajakan beliau. Dengan sabar Teh Mariska membantu proses pendaftaran para calon steemian tersebut satu persatu.

Usai proses pendaftaran, Teh Mariska berpesan kepada para peserta pelatihan agar menjadi Steemian newbie yang santun dan beretika. Beliau menyarankan agar penulis lebih mengutamakan kualitas dan originalitas dalam berkarya. Jangan menulis hanya semata-mata mengejar uang, tetapi menulislah dengan hati nurani dan kejujuran.

000-Mariska Lubis8.jpg

Setelah acara pelatihan selesai, Teh Mariska menyerahkan dua buah buku karya beliau yang berjudul "Ayahku Inspirasiku" kepada petugas Perpustakaan Umum Pemkot Cimahi yang diwakili oleh Pak Yadi untuk menambah koleksi perpustakaan tersebut.

000-Mariska Lubis9.jpg

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dengan seluruh peserta dan perekaman video ucapan salam dari Steemian Bandung untuk Indonesia.

Sebagai penutup pertemuan, Saya, teh Mariska, Kang Yuda dan Teh Ahda Jaudah makan siang bersama di sebuah Rumah Makan Sunda yang lokasinya tidak jauh dari Kantor perpustakaan Kota Cimahi. Kami makan siang sambil membahas program promosi dan sosialisasi Steemit di Kota Bandung berikutnya. Pada kesempatan itu saya juga merekam video singkat tentang kesan saya sebagai penulis terhadap kehadiran Steemit di Indonesia.

000-Mariska Lubis10.jpg

Semoga bermanfaat dan salam pena kreatif dari Bandung untuk dunia

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  Trending

Wow... keren banget ini, kak @mariska.lubis dan pak @jharyadi, kolabroasi dua penulis dalam mempromosikan steemit di bandung dan sekitarnya, sukses terus ya... steem on

·

Terima kasih mbak @rayfa atas support-nya. Salam pena kreatif.

langkah baru ilmu baru.

·

Salam kenal pak @jharyadi. Jika diizinkan mau koreksi judul artikelnya. Itu nama tante mariska nya typo.

·
·

Betul sekali Kang @bobbychahya, Saya salah ketik. Terima kasih atas koreksiannya. Alhamdulillah langsung saya perbaiki.

Salam kenal kembali. Saya sudah upvote dan langsung follow.

·
·
·

Terimakasih Pak @jharyadi dan Teh @mariska.lubis yang sudah mempromosikan steemit

·
·
·
·

Terima kasih juga Bu @cicisw sudah mau bergabung di komunitas Steemit yang asyik ini. Semoga semakin banyak karya tulis yang bisa dibagikan di sini.

Salam pena kreatif

Thank you for Using #promo-steem tag, Promote steemit by inviting your friends and your family!

·

Your welcome Mr. @promo-steem.

Sukaaa Sekali dengan kegiatan semacam ini, mensmbsh wawasan dan kualitas kepenulisan.

Salam pena kreaktif Eyang @jharyadi

·

Iya mbak @ettydiallova, kegiatan ini akan terus digulirkan di Bandung, agar para penulis bisa memiliki tempat yang layak untuk menampilkan karyanya. Semoga Taiwan segera menyusul.

Hatur nuhun sadaya-daya sudah diberikan waktu dan tempat... Insyaallah semua akan menikmati asyiknya Steemit.... Salam hangat selalu...

·

Pokoknya kehadiran teh @mariska.lubis telah bikin heboh dan membuat penulis Cimahi tertarik bergabung di Steemit. Terima kasih ya teh Mariska atas sharing ilmu dan pengalamannya di Kantor Perpustakaan kota Cimahi Kemarin.

Insya Allah kita akan siapkan acara berikutnya yang lebih meriah.

Keren @jharyadi. Semoga semakin menjamur Steemian di sana. Salam kompak selalu.

·

Ammin yra.

Terima kasih Pak @ayijufridar atas doa dan support-nya buat steemian newbie. Semoga kedepannya semakin banyak penulis Indonesia yang berkiprah menulis di Steemit.

Hidup Komunitas Steemit Indonesia (KSI)

·

Terima kasih mbak @mayorita atas komentarnya.

Salam pena kreatif

Wah kerenn banget eyang.. 👍👍👍

·

Duh kalau teh @gethachan kemarin datang, pasti seru banget deh. Sayangnya cuma teh Ahda Jaudah yang datang mewakili KPKers Baraya.

·
·

Maaf eyang @jharyadi soalnya bener - bener ga bisa kemarin teh. Mungkin di lain waktu eyang.. 😁

·
·
·

Iya, gak apa-apa. KPKers Baraya kan sudah ada yang mewakilinya.

Semoga teh @gethachan makin semangat memposting tulisannya.

·
·
·
·

Itu pasti eyang..
Sebagai anak muda aku harus semangat berkarya hehe

·
·
·
·
·

Kayaknya kalau menulis seputar objek wisata di kota Bandung, baik wisata alam, wisata kota, kuliner khas Bandung, dan seni budayanya cukup menarik perhatian pembaca. Coba explore ya teh @gethachan.

·
·
·
·
·
·

Sip. Aku juga mau buat yang wisata kulinernya eyang hehe

·
·
·
·
·
·
·

Bagus teh @gethachan. Eyang perhatikan, orang-orang bule justru suka kuliner, apalagi makanan khas Indonesia. Coba nanti dibuat dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Juga pakai tag yang tepat, campuran Indonesia dan Inggris juga.

Kereennn.. Btw bentuk L jari tangan artinya apa ya?

·

Oh, itu mah lambang "Literasi". Sudah menjadi kebiasaan kalau pegiat literasi berfoto menggunakan salam literasi dengan kode jari membentuk huruf "L" seperti dalam foto tersebut.

Terima kasih atas kunjungannya ya sahabatku @kakilasak

Saya juga, sangat ingin sekali dimentori langsung dengan mbak @mariska.lubis ...
Sayangnya cuma bisa lewat komunikasi jarak jauh saja saya bisa mendapatkan ilmu dan masukan dari beliau ...

Semoga warga bandung bisa menjamur juga ya di steemit ...
Amin

·

Mbak @mariska.lubis memang mantap Pak @agmalirsadi. Beliau banyak ilmunya dan kami warga Bandung sangat beruntung bisa kenal dan dibimbing oleh beliau.

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya.

Salam pena kreatif

Ini baru keren. Sukses ya pak.

·

Aamiin yra

Terima kasih Pak @dsatria atas doanya

·

Terima kasih Mas @shailisyakir.

Salam pena kreatif

Wah, keren ya mas @jharyadi kegiatannya, Semoga steemit mulai merambah pesat disana, Salam hangat untuk cut kak ku @mariska.lubis, Semga semakin sukses untuk beliau juga :)

·

Aamiin yra. Terima kasih banyak atas doa dan dukungannya ya Mas @dilimunanzar.

Salam pena kreatif

·
·

sama-sama mas, Salam juga :)

Salut buat kak @mariska.lubis dan bg @jharyadi dalam mempromosikan steemit, semoga kedepannya kita semua smakin maju dan sukses selalu.... Salam dari Banda Aceh...
Kapan2 kita meetup bersama yaaa. Hehe

·

Aamiin yra. Terima kasih atas doa dan support dari saudaraku Pak @kemal13. Insya Allah kita bersama-sama mengembangkan Steemit di Indonesia.

Salam pena kreatif

Hello, apa kabar @jharyadi? Selamat! Tulisan anda masuk peringkat 10 kategori Tulisan Dengan Komentar Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-jumat-8-desember-2017 .. 🙂

·

Terima kasih atas apresiasi yang diberikan ya sahabatku @puncakbukit. Reward yang diberikan selalu membuat saya semakin semangat dalam berinteraksi dengan sesama steemian.

Salam pena kreatif

Mantap! Terima kasih sudah bersedia datang ke Cimahi ya Bu @mariska.lubis, next meeting insyaAllah hadir bu.

Nice posting Pak @jharyadi :)

·

Terima kasih Mas @adrienoor sudah mampir ke blog saya.

Salam pena kreatif