Latihan Menulis #3: Menulis Artikel Sederhana dengan Metoda Problem Solving

in #indonesia6 years ago

J-Haryadi Lukisan for Steemit.jpg

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apa kabar sahabat Steemian tercinta? Semoga anda semua tetap semangat dalam berkarya. Saya mohon maaf hampir seminggu ini tidak menulis, karena ada kesibukan off line yang memerlukan konsentrasi penuh, sehingga tidak sempat memposting tulisan.

Kali ini saya akan berbagi tips menulis artikel dengan pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Cara ini merupakan salah satu metoda yang paling mudah. Anda cukup mencari sebuah topik tertentu yang akan dibahas dalam tulisan anda. Topik ini berkaitan dengan sesuatu masalah yang perlu dicarikan jalan keluar atau solusinya.

Saya akan mencoba membuat contoh tentang masalah sosial yang ada dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Misalnya masalah seputar banjir yang sering melanda ibukota negara kita, Jakarta. Apa saja yang akan anda tulis? Mulainya dari mana? Ending-nya seperti apa?

Perlu anda ketahui bahwa sebuah artikel merupakan sebuah tulisan yang berisi opini atau pendapat pribadi dari penulisnya. Oleh sebab itu isinya merupakan pendapat orisinil anda yang berkaitan dengan banjir di Jakarta. Lantas bagaimana urutan penulisannya?

Langkah pertama, anda buat dulu prolognya yaitu berupa situasi Kota Jakarta secara umum dan kaitannya dengan kondisi iklim di Indonesia. Anda juga bisa jelaskan kondisi sosial masyarakat Jakarta yang heterogen.

Langkah kedua, tulis pendapat anda pribadi, apa saja yang menyebabkan Jakarta sering kebanjiran. Kemudian masukkan juga pendapat dari para ahli untuk mendukung pendapat anda tersebut. Jangan lupa sebutkan sumbernya secara jelas. Misalnya anda memperolehnya dari hasil membaca buku, artikel di koran/majalah, atau dari internet.

Langkah ketiga, apa pendapat anda terhadap pemecahan masalah banjir tersebut? Tulis pendapat orisinal anda disertai dengan argumentasi yang meyakinkan. Kalau ada referensi yang bisa mendukung pendapat anda, silakan ditulis sebagai penguat, sehingga pembaca semakin yakin dengan apa yang anda sampaikan.

Langkah keempat (terakhir) berupa penutup. Anda bisa membuat sebuah kesimpulan akhir dari opini anda tersebut.

Semoga tulisan singkat di atas bisa membantu anda dalam membuat sebuah artikel (opini). Kalau ada yang kurang jelas, bisa kita diskusikan dalam ruang komentar.

Salam pena kreatif

J. Haryadi

Sort:  

makasih bang buat ilmunya..
mau di praktek

Sama-sama mbak @azharulhusna. Silakan dicoba. Kalau ada kendala, bisa kita diskusikan.

Oh iya, saya sudah follow dan upvote akunnya ya. Salam kenal dan selamat berkarya.

Salam pena kreatif

Terima kasih pak @jharyadi
sekarang baru reply
sebenarnya saya pemula sekali dan waktu itu belum ngerti sekali. Baru sekarang ini eksplore dan tau bahwa kita bisa liat umpan balik dari steemians yang ada di postingannya kita komentari.

Terima kasih pak
salam kenal dan karya juga

Gak apa-apa Mbak @azharulhusna. Saya juga belum lama kok bergabung di Steemit. Jadi sebenarnya kita sama-sama sedang mempelajari platform yang mengasyikkan ini.

Selamat berkativitas ya mbak Husna

terima kasih ..
selamat beraktivitas kembali..

Ilmu yang sangat bermanfaat pak @jharyadi. Ini hampir seperti halnya membuat skripsi ya pak. Namun hebatnya steemit adalah memiliki robot pendeteksi apakah asli tulisan sendiri atau ciplakan.
Saya akan mengambil konsep dari bapak ini. Terima kasih telah berbagi pak j. Salam kreatif 😊

Iya, memang mirip seperti membuat skripsi, tetapi lebih ringkas. Kalau metoda di atas dilakukan, Insya Allah kita terhindar dari plagiat dan terbebas dari terkaman Chetah ...he..he..he...

Terima kasih sudah mampir ya Pak @said-nuruzzaman.

Ssalam pena kreatif

Terima kasih juga telah berbagi pak @jharyadi. Saya belajar banyak dari bapak.
Semoga dalam lindungan-Nya selalu pak.
Salam kembali 😊

Aamiin yra

Terima kasih kembali atas doanya.

Walaikumsalam wr wb

Postingan yang sangat edukatif sekali Bang, Ilmu yang luar biasa bagi para steemian Indonesia, Resteemed

Saya bersyukur kalau tulisan singkat di atas ada manfaatnya. Terima kasih ya Mas @dilimunanzar karena sudah mampir dan berkomentar.

Salam pena kreatif

Sama sama bang, Banyak ilmu di postingan abang, Terutama bagi pemula yang ingin belajar menulis seperti saya

Berbagi kebaikan itu indah. Oleh sebab itu kalau kita memiliki sesuatu yang bernilai positif dan bisa bermanfaat buat orang lain, walaupun cuma sedikit sebaiknya dibagikan ke orang lain. Tuhan tidak pernah tidur dan selalu melihat kebaikan hamba-Nya.

Benar sekali Bang, Sudah kewajiban sepertinya untuk berbagi kebaikan sesama.

Salam hangat selalu Bang

Saya selalu membaca dengan tuntas tulisan bapak. Makasih pak ilmunya.

Saya juga suka membaca tulisan Pak @dsatria. Saran bapak selalu saya perhatikan dan banyak membantu saya dalam berinteraksi dengan Steemit.

Terima kasih juga sudah banyak membimbing saya selama ini. Saran dan bimbingan bapak tetap saya nantikan.

Salam hormat dan salam pena kreatif

Hii Eyang @jharyadi
Terima kasih sekali, tips nya sangat membantu saya untuk menulis artikel.

Salam Pena Kreaktif

Alhamdulillah mbak @ettydiallova kalau bermanfaat. Eyang senang Mbak Etty semakin produktif di Steemit, meskipun sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Tulisannya juga makin kece dan enak dibaca.

Ssalam pena kreatif

Alhamdulilah Eyang @jharyadi
selalu menyempatkan untuk menulis satu artikel. disela2 tugas yang lain.

Bagus! Kalau mbak @ettydiallova terus konsisten menulis, eyang yakin prestasinya akan cepat melesat. Buktinya sekarang levelnya sudah mendekati eyang, hanya selisih satu angka. Bisa jadi besok lusa jauh lebih baik.

Apa yang eyang tulis pasti menarik dan disukai oleh para pembaca. Buktinya selalu banyak komentar. Hahaha

Semua ini berkat bantuan dan saran banyak pihak, termasuk Mas @benimardaniat yang telah berjasa membawa eyang masuk ke Steemit yang asyik ini. Saran Mas Benni juga selalu eyang nantikan. Terima kasih banyak atas bantuannya selama ini.

Salam pena kreatif dari Bandung untuk Aceh.

tips singkat yang sangat bermanfaat bagi steemians pemula, izin pak @jharyadi beberapa tulisannya untuk bisa jadi referensi bimbingan untuk steemians baru, bolehkah saya kutip dan akan saya masukkan ke dalam web steem-id.com

Tips yang sangat menarik dan harus dilakukan oleh steemian. Dan menurut saya sangat cocok jika dimasukkan ke web..

Terima kasih sudah mampir dan memberikan support ya Pak @albertjester. Sarannya bagus dan bisa segera direalisasikan.

Salam pena kreatif

Silakan dimanfaatkan dan dibagikan Pak @abunagaya. Saya ikhlas untuk membantu teman-teman steemian yang baru belajar menulis. Semoga mereka semakin mudah berkarya.

Salam pena kreatif

terima kasih pak @jharyadi, postingan ini sudah saya publish di http://steem-id.com sebagai re sarana untuk belajar menulis dan juga tutorial lainnya.

Sama-sama Pak @abunagaya. Saya juga akan meluncur ke situs http://steem-id.com. Semoga semakin banyak sahabat steemian yang pandai menulis dengan baik.

Salam pena kreatif

Terima kasih Pak @muharramun sudah mampir dan memberikan support. Salam kenal dari kota kembang, Bandung.

Oh iya, saya sudah follow akun bapak dan memberikan upvote. Selamat beraktivitas dan semoga sukses selalu.

Salam pena kreatif

Siap pak, terimakasih. Salam kenal dari aceh juga.

Wah cocok banget buat penulis pemula seperti aku ini hehe

Eyang sudah follow dan upvote ya teh @gethachan. Semoga bermanfaat ya

Selamat pagi teh @gethachan ... Apakah sudah menulis lagi hari ini?

Blum eyang @jharyadi . Lagi searching ini. Tulisan apa yg mau di posting hehe

Pokoknya teh Gethachan harus produktif, tapi kualitas tulisan juga diperhatikan ya. Satu lagi, hindari plagiat dan usahakan semua tulisan dibuat orisinil.

Siap eyang. Aku pastikan semua karya dan tulisan itu handmade getha hehe..

Nah, ini baru pernyataan keren dan perlu di support. Kalau kita terbiasa membuat tulisan asli, lambat laun pembaca (steemian) lain pasti akan menghargainya.

Sip. Makasih eyang 😊

Tips yg sgt bermanfaat, apalagi untuk org seperti saya yg sering bingung mw nulis apa

Silakan digunakan tips tersebut ya mbak @hananan. Saya sudah follow dan upvote. Salam kenal dari saya dan salam pena kreatif.

Udah saya folback ^ ^

Terima kasih ya Mbak @hananan.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.033
BTC 67205.80
ETH 3112.68
USDT 1.00
SBD 3.71