Pengeringan padi atau gabah

in #indonesia6 years ago

image

image

Hai sahabat steemian semuanya selamat siang, kali ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit tentang bagaimana cara pengeringan padi atau gabah yang habis di panen.
Kenapa padi atau gabah harus di keringkan, sebab padi yang baru di panen itu mempunyai kadar air yang besar. Dan kalau padi atau gabah yang di simpan tanpa di keringkan dulu, itu bisa membuat gabah rusak, juga nanti pas di giling pasti berasnya akan hancur pecah pecah.
Pada musim panen kali ini bertepatan dengan musim hujan, nah ini juga jadi kendala bagi para petani karena mungkin akan agak susah untuk mengeringkan padi atau gabah.
Cara pengeringan gabah sangat gampang, mengeringkan padi padi atau gabah bisa kita lakukan di jalan jalan aspal tengah kampung atau di pelataran rumah kita sendiri. Untuk foto yang saya ambil ini adalah kegiatan saya sehari hari saat ini bersama keluarga mengeringkan padi di halaman rumah, sangat sederhana karena cuma beralaskan terpal.
Untuk cuaca saat ini tidak menentu, kadang panas kadang mendung juga hujan. Jadi saya kalau menjemur padi hanya tipis tipis saja, kalau kita menjemur tebal tebal nanti bisa lama keringnya.
Kalau cuaca lumayan panas, mungkin hanya dengan dua kali hari pengeringan sudah bisa kering gabahnya dan sudah bisa di giling.
Dan tentunya kita harus tungguin terus, takutnya nanti kalau sewaktu waktu akan mau datang hujan.

Terimakasih sahabat steemian semuanya, semoga post saya ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sort:  

Terimakasih mas @ridwan .. Sukses selalu jg biat mas @ridwan

Iya saya juga seperti @icuz jemur padi nya

Haha iya mas, terimakasih dah mapir di post saya

Ternyata penuh perjuangan ya dari padi menjadi beras.harusnya petani Indonesia hidupnya makmur.thanks sharingnya@icuz

Sama sama mbak, makasih ?

Artikel yang sangat bermanfaat karena indonesia merupan negara dengan potensi pertanian yang sangat besar.

Bener banget mas, terimakasih sudah mampir di post saya

Oh gitu, jd tambah pengetahuan nya

Ya sederhana sih mas, makasih ya

Baru panen ya dek, sawah kami udah pada kekeringan.

Sewa diesel aja mbk untuk pengairan, hehe

wah banyak banget jemurnya.. baru siap panen ya..?

Alhamdulilah lumayan panen taun ini mas, hehe

moga selalu dapat panen banyak 😁

Amin, makasih doanya mas

Tempat kami juga lagi mulai panen dg cuaca yang tidak menentu

Sama ya mbk, hehe

Panen besar ni mas...😊 Alhamdulillah

Amiiiin mbk, hehe

bagi donk mas hasil panennya hehehe

Sini panggul sendiri mas, haha

Tempat saya belum panen, telat nanam tahun ini nunggu ujan

Susah airnya ya mas

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64854.61
ETH 3478.75
USDT 1.00
SBD 2.52