Semua Ikan di Langit

in #indonesia7 years ago (edited)

SIdL.JPG

Sebelum membahas tentang novel Pemenang Pertama Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2016 ini, saya tergelitik untuk berkomentar tentang sang pengarang, Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Nama yang panjang dan tak lazim. Apa yang ada di kepala orang-tua Ziggy ketika menghadiahi anaknya nama ini? Pasti ada alasan atau cerita dibalik nama yang menghafalnya akan sesulit menghafal password steemit :D

Apapun ceritanya, saya menemukan formula untuk membuat nama itu lebih mudah dilafal : Ziggy Zezsya Zeovinna Zabrizkie. That's it! Indah juga ya...dan lidah tak akan terlalu terpali-palit ;)

Ketidak-laziman ini juga saya temui pada judul, sampul dan cerita Semua Ikan di Langit. Ikan apa yang bisa berada di langit? Apa yang mereka lakukan? lalu siapa sosok di atas bus yang melihatnya mengingatkan saya pada salah-satu karakter di film lucu PONYO, film animasi fantasi buatan Jepang itu?

Membaca halaman-halaman awal, otak rasional saya terus berusaha memahami kisah yang berjalan. Jiwa sok-sok sastrawi saya beranggapan kalau semua adalah kiasan. Dan lalu, saya kelelahan, bosan. Novel ini saya letakkan di antara susunan buku di rak....

Tapi, setiap mata saya berserobok dengan bagian tulang novel ini ketika mencari buku-buku lain yang ingin saya baca, bisikan gaib menghampiri telinga 'Ini novel juara satu loh Haya. Masa nggak penasaran untuk mencari tahu kenapa? Kamu baru baca halaman-halaman awal. Kamu pasti melewatkan sesuatu yang luar biasa'. Dan suara itu berhasil. Semalam saya kembali membuka halaman-halamannya, untuk lalu mulai memahami kalau novel ini memang 'LUAR BIASA'

Untuk memahami novel ini, saya harus menyingkirkan logika saya yang terbatas dan membuka lebar imajinasi yang saya punya. Jangan bayangkan kalau cerita ini ada di kehidupan dunia kita... tapi bawa kisah ini ke dunia fantasi di mana semua hal adalah mungkin.

TENTANG APA?

Ini tentang sebuah bus tua gendut, ikan julung-julung, Nad dan Beliau...

Ini tentang orang-orang yang mereka kunjungi ; pasangan tua di toko roti, kakek penjahit sepatu yang mahacerewet, Shoshanna (gadis 19 tahun yang telah menjadi pembunuh), anak perempuan kecil yang terlempar dari ayunan, pemuda yang jatuh cinta pada gadis kaya... dan jangan lupakan Bastet, kucing yang mereka selamatkan dari kamar paling berantakan di dunia.

Ini tentang kita yang akan belajar memahami banyak hal...

BAGAIMANA AKHIR CERITA?
Ups, saya tidak akan membuka akhir ceritanya di sini. Kalau kamu ingin tahu, baca saja dan temukan ragam keajaiban..

Sort:  

Aku jadi penasaran sama bukunya. Ntar malam lah kami cek online shop. 😊

Ayo...ayo dibaca!

Ziigy ini umurnya masih 22 tahun kalau tak salah, tapi sudah banyak berkarya. Dia memang layak menang.
Sama, masih penasaran sama Novelnya ini :D

Iya produktif dia memang, ini bku keduanya yang aku baca..

Sepertinya luarbiasa ceritanya,,,, pingin baca, dimana bisa dapat bukunya ..

Sudah saya follow kak ya . . . :)

Di toko buku masihbanyak @tanyoe .. online shop juga ada mungkin

Ok @hayanufus thankyou banget . .

Sama2.. :-)

Aku udah punya bukunyaaa, tapi belum baca wkwk

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68726.56
ETH 3273.79
USDT 1.00
SBD 2.67