You are viewing a single comment's thread from:

RE: Biaya kuliah di Jerman

in #indonesia6 years ago (edited)

Sekolah di Jerman, memang menarik terlebih Saya banyak mendengarkan cerita langsung dari teman Saya yang pernah hidup di Sana selama 18 tahun. Dia Sekolah sambil mengambil kerja part time bahkan sangat menikmati nya.
Apalagi di sekolah disana ketika Jerman masih terpisah menjadi Jerman Timur Dan Barat.
Sangat menarik apalagi mendengar budaya orang Jerman yang serba teratur, sistim kurikulum sekolah yang terarah, pengkaderan Mahasiswa yang berminat dalam partai politik yang dilakukan secara matang. Sangat menarik ketika mendengarkan cerita para Mahasiswa yang walau berbeda-beda haluan Dan pandangan masih saling menghargai. Kehidupan yang serba teratur, sistim birokrasi yang efektif. Banyak sekali Saya mendengarkan cerita menarik mengenai Jerman dari teman Saya.
Bahkan kakaknya sekarang sudah menjadi WN Jerman. :)
Tapi Satu hal yang bikin teman Saya jenuh kalau bekerja di pabrik waktu di Jerman, "Waduh, Saya bekerja di bagian packing, kerjanya kayak robot. Nggak berhenti, istirahat waktu makan sing, terus lanjut sampai jam bekerja selesai!".
Akhirnya beliau pindah bekerja menjadi part time di restoran China, menjadi waitress, ya dia menikmati kerjaan itu.
Ada Satu cerita berkesan dari dia,"Kalau libur, ya libur. Kalau Kita malah utak-atik kerjaan waktu libur malah orang Jerman bingung lihatin kita, kok kerja waktu libur...ha..ha!".

Sort:  

Iya betul...disini jam kerja ya kerja, istirahat ya istirahat. Ngecarge hape di kantor bs jd alasan pemecatan tanpa deadline tanpa syarat,krn itu pencurian strom. Weekend jg saatnya istirahat, ngga ada acara lembur paksaan bahkan tanpa balas jasa seperti di Asia pada umumnya.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 60140.74
ETH 2559.58
USDT 1.00
SBD 2.54