Komunitas (di steemit), Hanya Sebagai Hiasan Belaka?

in #indonesia7 years ago (edited)


Kapal Laut Yang Tak Tentu Arah

Sebuah komunitas, atau organisasi dibentuk karena adanya kesamaan kepentingan, tujuan dan pikiran dari para penggagas atau pendirinya. Pembentukan ini bertujuan untuk mencapai cita-cita yang dinginkan para anggotanya atau minimal untuk sebagai wadah sebagai penampung aspirasi.

Berdirinya suatu organisasi atau komunitas harus disertai sebuah visi dan misi sebagai arah dan panduan berjalannya program-progam kerja dari organisasi itu sendiri. Akan tetapi seringkali visi dan misi ini tidak dirumuskan menjadi sebuah petunjuk arah dan tujuan organisasi yang baku. Ketiadaan visi dan misi menjadikan sebuah komunitas atau perkumpulan ibarat sebagai kapal laut yang tidak mempunyai arah dan tujuan berlayar.

Harapan Anggota Komunitas Yang Tak Terwujud

Keikutsertaan sebagai anggota sebuah komunitas di lingkungan steemit disertai dengan harapan besar untuk mendapatkan imbalan balik yaitu berupa vote yang banyak , akan tetapi harapan ini seringkali tidak terwujud.

Harapan yang tidak terwujud ini menimbulkan ketidakpuasan dari para anggotanya yang nantinya berubah menjadi sumpah serapah dan gunjingan terhadap para pengurus komunitas yang diikutinya.

Akhir kata para anggota ini akan keluar satu persatu tanpa meninggalkan suatu kontribusi apapun terhadap komunitas itu sendiri.

Cuma Mau Untungnya Saja?

Seringkali harapan dari anggota komunitas yang tidak terwujud, disebabkan karena tidak adanya kontribusi dari para anggota dan pengurus itu sendiri. Mereka hanya ingin hasil saja tetapi tidak mau ikut berperan serta dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan komunitas. Malah saling berebut menjadi "Pahlawan Kesiangan", yang artinya berlomba-lomba menjadi siapa yang paling berjasa bagi komunitasnya bahkan ada yang "menjilat" agar mendapatkan perhatian dari komunitas itu sendiri. Ada juga pengurus komunitas yang memanfaatkan jabatan menterengnya untuk mendapatkan keuntungan sendiri, dengan memanfaatkan popularitasnya untuk mendapatkan vote dari para steemian berpengaruh lainnya.

Bersambung.....

Sort:  

Saya bilang terlalu buruk, Kalau mau hasil saja!

Cuma Mau Untungnya Saja?
Seringkali harapan dari anggota komunitas yang tidak terwujud, disebabkan karena tidak adanya kontribusi dari para anggota dan pengurus itu sendiri. Mereka hanya ingin hasil saja tetapi tidak mau ikut berperan serta dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan komunitas. Malah saling berebut menjadi "Pahlawan Kesiangan", yang artinya berlomba-lomba menjadi siapa yang paling berjasa bagi komunitasnya bahkan ada yang "menjilat" agar mendapatkan perhatian dari komunitas itu sendiri. Ada juga pengurus komunitas yang memanfaatkan jabatan menterengnya untuk mendapatkan keuntungan sendiri, dengan memanfaatkan popularitasnya untuk mendapatkan vote dari para steemian berpengaruh lainnya.

Betul... kebanyakan mereka begitu.. terima kasih atas komentarnya :)

wah dapat petuah nieh dari bapak guru. hahah

ha...ha... walah..masih ada si kakek gurunya ntar muncul dia ...:)

😂😂😂 kakek guru nya lagi masak dulu katanya , colek om @syarrf 😊😊😊

Wah pak Boss membuat hati ini bergidig, berdebar2 saya,,,, petuah yang cocok. Saya mah cuma mau sama2 untung saja deh,,, yang rugi-rugi sudah bosen 😁😁😁.....

Cheers buat boss besar @happyhoenix

U5drXFCLs9eu4cyC1Ht18GGZ1MPA3CK.gif

SALAM #satujiwa

SALAM #ksi

SALAM #nsc

SALAM #whalepower , semoga om @bullionstackers selalu sehat dan tetap semangat.

janagn lupa salam kim jong un dan trump wkwkwkwkwk

Ya di Ya ! , membuat saya ketawa saja

😁😁😁😁 kejauhan ah pak presiden yang itu mah,,,,

SALAM 2 JARI AJA buat pakde Jokowi, presiden Indonesia 😊😊😊

Sudah lumrah di sini. Tinggal tunggu "umrah"-nya aja. Hehe.

Ha..ha.. istilah "umrah"-nya jadi bikin saya ketawa, sindiran yang sangat satire sekali.

Sepertinya permasalahan seperti ini terjadi di hampir komunitas. Dan tantangannya ialah bagaimana orang-orang yang memiliki visi misi sama di komunitas tetap solid dan tidak terbawa arus oleh oknum-oknum. Ya.. saya percaya KSI dapat mengadapi berbagai badai yang menerpa dan tetap bersatu untuk kemajuan bersama.

Betul... jangan sampai karena segelintir orang, arah dan tujuan komunitas jadi nggak jelas.

Saya juga sering ikut komunitas-komunitas tapi di Steemit saya masih hitungan hari bergabung. Tapi kedepannya juga ingin tergabung dalam Komunitas Steemit Indonesia untuk dapat saling support dan kenal dengan teman-teman yang menginspirasi termasuk kakak @happyphoenix ini :D

Siipp....silakan mbak di KSI, terbuka kok silakan hubungi @levycore dan @aiqabrago kawan-kawan untuk lebih jelasnya... :)

makasih mas siip :)

Ini yang saya suka...
Cerita bersambung...
Hehehehe...

siip..! lanjutkan sambungannya..

Postingan yang menarik tentang "Komunitas (di steemit), Hanya Sebagai Hiasan Belaka"

terima kasih atas komentarnya.. salam

satuju mang :) , lamun urang teh teu hayong di voting , ari SP na teu aya acis na :D ( kalau saya tidak mau divoting kalau SP nya tidak ada uangnya)

Wow

Pemikiran yang Gini nih yang Salah Dan bakalan bikin Steemit mandeg 😂😂😂😂

Kebiasaab lihat Di Steemit new users pada Minta Di voting Dan Di follow, tapi malah mereka-mereka tidak mau memvoting, cuman nge spam Komen box orang adanya.

Untuk new user, memberi Komen, memberi voting, dapat Komen, dapat voting, meski SP rendah Dan tidak memberi pemasukan apapun, itu sebenarnya tetap Harus Di lakukan, karena untuk membangun reputation

Seperti Kamu nih yah, cuman reputasi 38, orang lain jarang mau tengok reputasi rendah, tapi untuk membangun reputasi tinggi, Harus interaksi disamping mem posting

New user jangan langsung melihat Mau duit Besar Aja atau SP Besar saja, tanpa Mau interaksi

Kalau mayoritas hanya Mau langsung loncat tanpa merangkak dulu, nilai Steem Ga maju2

Ntar malah bubar seperti nasib Tsu 😂

yang mau lihat duit besar siapa? kalau saya mah malu saja , walau pun reputasi saya kecil tapi saya masih menghargai orang , saya bersosialisasi bukan di steemit aja coy. biar miskin tapi peduli , gak kaya situ bisanya hanya meremehkan orang... mentang mentang pinter
tapi sombong , untung saja situ dilahirkan dari orang ber-ada , bisa sekolah yang tinggi tapi sayangnya ilmumu hanya untuk meremeh kan orang . kalo saya sebagai binatang malu jadi kamu

Wow 😊

Kayaknya Saya Ga ada tuh meremehkan Dan kata-kata Kasar pun ga perlu yah sebenarnya baik untuk orang yang berpendidikan ataupun tidak berpendidikan

Manusia memang senang mengira-ngira kehidupan orang lain 😊

Coba lihat nih Di postingan @happyphoenix

https://steemit.com/indonesia/@happyphoenix/just-reminder-for-us-as-minnows-hanya-sebagai-pengingat-bagi-kita-sebagai-minnows

Itu yg Saya maksudkan Dari jawaban Saya sebelumnya

Dan andai Kamu ngerti cara Jalan blockchain baik Di steemit gosteem busy esteem, kalau tidak membangun reputasi, steemit akan jatuh seperti halnya Tsu

Lain Kali kalau Mau Jawab orang ONLINE, emosinya ditinggal Aja jangan dibawa 😉

oh maaf kita sedang online yah, aku kira kita sedang shooting, perasaan aku ga bawa emosi dah :) .ya udah maafan aja deh , minal aidin wal faidzin ya 😉 kawan

Saya cukup setuju dengan kak @thekitchenfairy karna saya mengalaminya sendiri. Kalau saya tidak menjaga interaksi dan hanya langsung mengharapkan hasil yang besar, sepertinya sudah dr awal saya out dr steemit, ga tahan ga ada yg vote ga ada yg tengok tulisan saya karna saya pun masih sangat baru disini hehe. Karena setelah saya amati memang reputasi dan interaksi inilah yang dapat membuat steemit dan user nya itu sendiri berkembang. Saya suka platform steemit karena disini lebih banyak artikel dan komen bermanfaatnya benar2 untuk bertukar informasi, dibanding nyinyir nya seperti di sosial media yang lain. Smoga steemit dapat terus seperti ini 😃

Setuju dengan anda @thekitchenfairy, terima kasih masukan yang bagus kita memang perlu membangun reputasi terlebih dahulu, kalau reputasi kita masih kecil memang jarang ditengok.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60836.17
ETH 2567.48
USDT 1.00
SBD 2.57