Tumis Kepala Tongkol ala Aceh

in #indonesia6 years ago (edited)

Para steemian semua. Semoga terus semangat memberikan tulisan berkualitasnya di Steemit.

image
Masakan Tutur Sirong

By the Way, siang tadi saya menikmati hidangan kepala ikan tongkol disebuah warung. Kepala ikan tumis dan "asam Krueng" merupakan makanan yang paling saya suka sejak kecil. Kalau dirumah, kuahnya tidak saya sisakan tinggal di piring. Semua saya habiskan sampai tetesan terakhir.

Ikan tongkol merupakan ikan yang mudah didapat di pasar-pasar tradisional di Aceh khususnya dipasar ikan Kota Lhokseumawe. Maka tidak heran jika setiap warung menyediakan ikan tongkol sebagai salah satu pilihan menu mereka.

Sayangnya, tidak semua warung menyediakan menu kepala ikan sebagai menu spesial. Jadi kalau teman-teman ingin menikmati kepala tongkol tumis atau asam keueng, teman-teman bisa menikmatinya di warung tutur Sirong atau di warung nasi disimpang Kuta Blang yang terkenal warung nasi 10juta.

Di Aceh ikan tongkol biasanya dimasak dengan berbagai resep khas. Salah satu resep khas masakan khas ikan tongkol adalah asam keueng touco, balado, tumis. Saat dirumah, emak saya sering menggoreng dan memberi sambal ikan tongkol. Kadang-kadang juga emak saya membuat tumis ikan tongkol.

Namun, ikan yang sering dibeli emak saya lebih kecil dibandingkan dengan ikan yang tersedia di warung nasi. Rasanya pun beda antar ikan yang kecil dan besar. Kalau saya secara pribadi lebih suka menikmati tumis kepala ikan tongkol besar dari pada yang kecil.

Kepala ikan tongkol ini, cocok dimakan dengan sayur patarana. Apalagi kalau ada ikan asin. Pasti nasi satu piring tidak cukup. Kalau ada orang yang kurang nafsu makan kalau udah kena kuah tumis tongkol dan kuah fatarana plus ikan asin, nafsu makannya semakin bertambah.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 70137.39
ETH 3937.34
USDT 1.00
SBD 3.71