Pupuk Kompos Untuk Pakan Ternak Ayam

in #indonesia6 years ago

Source Photo

Jika mendengar kata kompos, kebanyakan orang membayangkan bahwa itu di gunakan untuk pupuk tanaman baik dalam bentuk pupuk padat maupun pupuk cair terutama untuk pertanian oragnik. Dan saya sendiri sering membuat pupuk kompos untuk tanaman yang sifatnya uji coba dari berbagai bahan yang berbeda – beda.

Pada postingan kali ini saya tidak akan membahas cara membuat kompos karena saya pikir semua orang sudah paham bagaimana cara membuat kompos dan manfaatnya dan jurnal – jurnal tentang kompos juga berseliweran di internet yang bisa dengan sekejab di dapat.

Lalu apa yang ingin saya bahas adalah aplikasi pupuk kompos untuk ternak ayam, tentu ini adalah salah satu solusi bagi pecinta ternak dalam menghemat pembiayaan produksi ternak ayam terutama ayam kampung.

Pertemuan saya dengan kompos untuk pakan ternak ayam terjadi secara tidak sengaja. Kebetulan suatu hari saya sedang menonton video – video tentang pertanian permaculture, saya paling senang mengisi waktu senggang dengan menonton atau membaca hal – hal yang berhubungan dengan dunia pertanian oragnik. Akhirnya saya menemukan sesuatu yang baru dalam pemanfaatan kompos, bagi saya ini hal baru dan mungkin bagi orang lain hal yang sudah biasa. Ternyata kompos bisa di gunakan untuk pakan ternak ayam tanpa perlu lagi membeli pakan. Hanya saja untuk ternak ayam dengan model ini memerlukan lahan yang agak luas.

Setelah selesai menonton dan membaca artikel – artikel tentang kompos untuk pakan ternak ayam, akhirnya saya pun mengingat bahan – bahan yang cepat menghasilkan cacing dalam pembuatan kompos salah satunya adalah pohon pisang dan jerami padi yang sudah pernah saya praktekan tapi waktu itu komposnya saya gunakan bukan untuk ayam melainkan untuk tanaman.

Pemanfaatan kompos untuk ternak ayam ternyata tidak hanya bermanfaat untuk ayam melainkan juga untuk tanaman karena kompos yang telah di pakai untuk ayam masih bisa di gunakan untuk tanaman. Keren kan.

Berikut ini adalah contoh – contoh aplikasi kompos untuk ternak ayam, bagi rekan – rekan steemer yang hoby bertenak ayam khususnya ayam kampung silahkan di coba, semoga sukses. Oh ya saya lupa, kalau mau lihat contoh – contoh video yang lain tinggal klik aja tu bibik youtube dengan judul compost for chicken dapat deh contoh – contohnya.


Source Photo

Source Photo

Source Video

Sort:  

wow sebuah artikel yang kern

Mudah - mudahan bermanfaat. Amin

Bicara masa depan, ya ini.. Kebeta ya bg.. Thank youh bro

kedang ara si berminat nge ara contohe gereke @zenangkasa. Tengah ku ingeti ku tulisen renye kase lupen ke sayang paling tidak semacam catatan pribadi lah. Ike perlu taring uke pelen mi ne

Memang pongni peningete gere persehtu ne @gayocoffeefarm. Maklum bewene urus kendirie...

Sebuah ide yang sangat baik. Namun yang perlu diwaspadai adalah kelembaban tanah yang terlalu berlebihan yang bisa menjadi pemicu munculnya penyakit bagi ayam itu sendiri. Oleh sebab itu, harus dipastikan bahwa lokasi peternakan cukup mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik

Betul pak @izuddin-idris makanya lahan menjadi pertimbangan utama

Ini info baru bagi sy pribadi. Sebab sampai sebelun baca artikel ini, sy beranggapan bahwa kompos itu hanya untuk tanaman.

Betul bang @catataniranda, pertama saya lihat bengong2 juga hehe

Kak ra gak suka nanam menanam.. Perasaan semua yang ditanam layu dengan sendirinya.. hahhahhaa

Tetap bisa ka sejauh mau mencoba melibatkan kekuatan Tuhan di dalam proses tanam menanamnya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 60402.59
ETH 3346.49
USDT 1.00
SBD 2.42